25 Agustus 2021

Penting untuk Kesehatan, Cari Tahu Jumlah Kalori Garam Dapur dan Himalaya

Berapa banyak sih kalori dalam garam dapur dan Himalaya? Daripada penasaran, berikut ulasannya!

Faktanya, setiap orang membutuhkan garam untuk keseimbangan cairan dan fungsi otot dan saraf. Ada banyak sekali pertanyaan mengenai garam, seperti, benarkah terlalu banyak garam buruk bagi kesehatan? Atau, berapa banyak kalori dalam garam dapur? Benarkah kalori garam Himalaya lebih rendah dari kalori garam dapur?

Apa yang Moms kenal sebagai garam sebenarnya adalah natrium klorida. Ini adalah 40% natrium dan sisanya adalah klorin. Tubuh manusia mengatur sendiri berapa banyak natrium yang dikandungnya. Jika kadarnya terlalu tinggi, maka tubuh akan memberikan sinyal kepada otak. Moms pun akan merasa haus dan butuh minum. Ginjal pun akan mempercepat proses pembuangannya.

Terlalu banyak natrium telah dikaitkan dengan batu ginjal, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular. Namun, terlalu sedikit natrium dapat menyebabkan hiponatremia, dan gejala pusing, kebingungan, otot berkedut dan kejang.

Baca Juga: 15 Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kadar Kalori Garam Dapur dan Garam Himalaya

kalori garam
Foto: kalori garam

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa sebenarnya garam tidak akan memengaruhi jumlah total kalori dalam makanan? Ini karena garam tidak memiliki kalori sama sekali atau bisa dibilang bahwa kalori garam adalah nol. Namun, mengonsumsi garam terlalu banyak tetap tidak baik untuk tubuh. Ini karena jumlah garam yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan sementara karena ia menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air.

Selain garam dapur, ada juga garam Himalaya yang diklaim lebih sehat. Namun, sama seperti garam dapur, kalori garam Himalaya juga tidak ada sehingga ia tidak akan memengaruhi jumlah total kalori dalam makanan.

Garam Himalaya merah muda adalah garam berwarna merah muda yang diekstraksi dari Tambang Garam Khewra, yang terletak di dekat Himalaya di Pakistan. Tambang Garam Khewra adalah salah satu tambang garam tertua dan terbesar di dunia. Garam Himalaya merah muda yang dipanen dari tambang ini diyakini telah terbentuk jutaan tahun yang lalu dari penguapan air di zaman purba.

Garam diekstraksi dengan tangan dan diproses secara minimal untuk menghasilkan produk murni yang bebas dari aditif dan dianggap jauh lebih alami daripada garam meja. Namun, seperti garam meja, garam Himalaya merah muda sebagian besar juga terdiri dari natrium klorida.

Namun, proses pemanenan alami memungkinkan garam Himalaya merah muda memiliki banyak mineral dan elemen lain yang tidak ditemukan dalam garam meja biasa. Beberapa orang memperkirakan bahwa garam Himalaya mengandung hingga 84 mineral dan elemen yang berbeda. Faktanya, mineral inilah, terutama zat besi, yang memberinya warna merah muda yang khas. Ada juga mineral yang kurang dikenal seperti strontium dan molibdenum.

Mengutip penelitian dari Journal of Sensory Studies, garam meja memang memiliki lebih banyak natrium, tetapi garam Himalaya merah muda mengandung lebih banyak kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Namun demikian, jumlah mineral ini dalam garam Himalaya merah muda sangat, sangat kecil. Mereka ditemukan dalam jumlah yang sangat kecil sehingga dibutuhkan hingga 1,7 kg garam Himalaya merah muda untuk mendapatkan jumlah potasium harian yang direkomendasikan.

Selain itu, mineral tambahan dalam garam Himalaya merah muda yang ditemukan dalam jumlah kecil ini mungkin tidak memberi Moms manfaat kesehatan apa pun.

Baca Juga: 5 Tips Menjalankan Diet Garam dan Manfaatnya

Efek Kekurangan dan Kelebihan Konsumsi Garam

kalori garam
Foto: kalori garam (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Moms kini tahu bahwa kalori garam dapur dan garam Himalaya adalah nol, namun bukan berarti Moms bisa mengonsumsinya berlebihan atau terlalu sedikit. Tubuh akan menggunakan natrium dalam garam untuk mempertahankan kadar cairan. Keseimbangan cairan dan natrium ini tetap diperlukan untuk kesehatan jantung, hati, dan ginjal. Jadi pada dasarnya, garam berfungsi untuk mengatur cairan darah dan mencegah tekanan darah rendah.

1. Efek Terlalu Sedikit Garam

Kadar natrium yang rendah dapat terjadi jika terlalu banyak cairan dalam tubuh, misalnya karena retensi cairan. Obat diuretik biasanya akan diberikan dalam kasus ini, yang berfungsi untuk mengurangi retensi cairan. Penyebab lain kadar natrium rendah dalam tubuh antara lain:

  • Penyakit Addison.
  • Penyumbatan di usus kecil.
  • Diare dan muntah.
  • Tiroid yang kurang aktif.
  • Gagal jantung.
  • Minum air terlalu banyak.
  • Luka bakar.

Jika kadar natrium turun dalam darah, ini mempengaruhi aktivitas otak. Orang tersebut mungkin merasa lesu dan lesu. Mereka mungkin mengalami kedutan otot, diikuti dengan kejang, kehilangan kesadaran, koma, dan kematian.

Saat kekurangan natrium pada orang tua terjadi, gejalanya bisa parah. Satu studi dari University of Iowa menemukan bahwa ketika tikus kekurangan natrium, mereka menjauhkan diri dari aktivitas yang biasanya mereka nikmati. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan bahwa natrium dapat bertindak sebagai antidepresan.

Baca Juga: Mengenal Garam Epsom atau Garam Inggris Beserta Manfaatnya

2. Efek Terlalu Banyak Garam

Meski kalori garam nol, namun asupan natrium dari garam yang berlebihan telah dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti osteoporosis, penyakit ginjal, dan hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Semua kondisi ini dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan stroke yang membahayakan nyawa.

American Heart Association (AHA) menjelaskan bahwa ketika ada terlalu banyak natrium dalam darah, ini akan menarik lebih banyak air ke dalam aliran darah. Saat volume darah meningkat, maka jantung harus bekerja lebih keras untuk memompanya ke seluruh tubuh. Pada akhirnya ini akan meregangkan dinding pembuluh darah, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

AHA dan Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan untuk tidak melebihi asupan natrium harian 1.500 mg, atau 1,5 g sehari, atau lebih dari setengah sendok teh garam meja. Sementara orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular harus sangat waspada dalam menjaga asupan mereka di bawah ambang batas 1.500 mg.

Tekanan darah tinggi juga berkontribusi pada penumpukan plak di arteri, yang menyebabkan risiko stroke dan penyakit jantung yang lebih besar, di antara masalah lainnya. AHA mendesak agar tiap orang untuk mengonsumsi lebih banyak potasium pada saat yang sama dengan mengurangi asupan sodium mereka. Kalium diyakini dapat mengurangi efek negatif natrium.

Sodium juga telah ditunjukkan untuk merangsang sistem kekebalan secara berlebihan, menunjukkan hubungan dengan penyakit autoimun seperti lupus, multiple sclerosis, alergi, dan kondisi lainnya.

Para peneliti telah menemukan juga bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan asin lebih mungkin untuk mengonsumsi minuman manis bersamaan. Kombinasi tersebut kemudian bisa meningkatkan risiko obesitas.

https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/salt-nutrition/

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1745-459X.2010.00317.x

https://www.healthline.com/nutrition/pink-himalayan-salt#TOC_TITLE_HDR_2

https://www.medicalnewstoday.com/articles/146677

https://www.sharecare.com/health/sodium/salt-food-calories

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb