Kesehatan

18 Agustus 2021

Jaga Konsumsi Tak Berlebihan, Ketahui Total Kalori Nugget Ayam, Rebus dan Pisang

Asupan kalori yang berlebihan bisa pengaruhi berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Pasti Moms dan si kecil sudah familiar dengan nugget? Kira-kira berapa besar kalori nugget rebus, ayam, dan pisang ya, Moms?

Makanan yang satu ini merupakan kudapan yang banyak disukai oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. Rasanya yang gurih menjadikannya sebagai salah satu camilan atau makanan pelengkap.

Namun kini, perubahan minat masyarakat dan tren kuliner, nugget tak hanya terbuat dari ayam, daging, atau ikan, tapi juga pisang.

Berbeda dengan nugget ayam, ikan dan daging yang memiliki cita rasa dominan gurih, nugget pisang cenderung manis dengan aneka topping yang lezat seperti cokelat, green tea, stroberi, hingga blueberi.

Tapi, untuk memenuhi kebutuhan kalori harian, penting juga lho Moms, mengetahui seberapa banyak kalori nugget yang Moms makan.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kalori nugget. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Resep Nugget untuk Dibuat Selama di Rumah Aja, Yuk Coba!

Kalori Nugget Ayam

kalori nugget

Foto: cookpad.com

Nugget ayam adalah makanan cepat saji yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Penyajian makanan ini tergolong mudah karena hanya perlu menggoreng tanpa menambahkan bumbu apapun.

Dilansir dari FatSecret Indonesia, satu biji nugget ayam rata-rata memiliki kalori sebanyak 48 kalori.

Jumlah kalori nugget terdiri dari komposisi gizi sebesar 3,01 gram atau 57% berupa lemak 2,61 gram atau 22% berupa karbohidrat 2,49 gram atau 21% berupa protein.

Secara umum, dalam satu buah nugget ayam goreng memenuhi sebesar 2% kalori yang kita butuhkan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) sebesar 2000 kalori.

Meski demikian, jumlah kalori nugget serta komposisi gizi nugget ayam goreng yang sudah diuraikan di atas bisa bervariasi tergantung produk atau bahan-bahan pembuatan nugget ayam goreng yang Moms gunakan di rumah.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Nugget Ayam untuk Si Kecil

Kalori Nugget Rebus

kalori nugget

Foto: cookpad.com

Nugget rebus adalah makanan yang juga sedang digandrungi pada saat ini. hal ini terjadi karena viralnya nugget rebus di media sosial twitter beberapa waktu yang lalu.

Proses memasak bahan makanan akan berdampak pada penambahan kalori dari makanan tersebut.

Proses memasak dengan cara menggoreng menggunakan minyak goreng, mentega, atau margarin akan meningkatkan jumlah kalori dari suatu makanan.

Suhu panas ketika menggoreng, membuat kandungan air di dalam makanan menghilang dan lemak yang terkandung di dalam minyak, mentega atau margarin akan masuk menggantikan posisi air.

Melansir dari Live Strong, lemak yang terserap ini menyebabkan makanan yang tadinya rendah kalori menjadi berkalori tinggi. Peningkatan kalori yang terjadi bisa mencapai 64% dari kalori sebelumnya.

Baca Juga: Bahaya Nugget untuk Kesehatan yang Perlu Moms Ketahui

Berbeda dengan menggoreng, teknik memasak seperti mengukus atau merebus justru tidak menghasilkan lonjakan setelah dimasak.

Hal ini karena tidak terjadi penambahan lemak dari luar, seperti yang terjadi pada saat menggoreng membuat kalori makanan melonjak.

Bila dibandingkan, pada 100 gram daging ayam yang digoreng terkandung kalori sebesar 165, sedangkan daging ayam yang direbus hanya memiliki kalori sekitar 151 kalori.

Oleh karena itu, kandungan kalori nugget rebus akan bergantung pada produk nugget serta bahan-bahan pembuatan nugget.

Sebagai sebuah ilustrasi, satu buah nugget ayam rata-rata memiliki kalori sebanyak 48 kalori dengan komposisi gizi sebesar 3,01 gram atau 57% berupa lemak 2,61 gram atau 22% berupa karbohidrat 2,49 gram atau 21% berupa protein.

Baca Juga: 5 Varian Resep Mudah Membuat Pisang Nugget yang Lagi Hits!

Setelah dimasak dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng, kalori satu biji nugget ayam melonjak hingga 64% dari kalori sebelumnya yang hanya 48 kalori bisa menjadi 78,72 kalori.

Lonjakan ini terjadi karena adanya lemak yang diserap nugget ketika digoreng menggunakan minyak sehingga komposisi gizi berupa lemak yang awalnya 3,01 gram bisa melonjak.

Apabila proses memasak nugget dilakukan dengan cara merebus maka jumlah kalori yang dihasilkan akan lebih rendah dari 78,72 kalori.

Namun yang perlu Moms catat adalah tidak semua bahan makanan cocok dengan proses rebus atau kukus. Hal ini karena berbeda cara memasak maka akan menghasilkan kelezatan makanan yang berbeda pula.

Selain itu, ketidaktepatan proses memasak bahan makanan juga berdampak pada hilangnya kandungan berharga dari sebuah bahan makanan tertentu.

Moms perlu bijak dalam menyesuaikan proses memasak makanan dengan bahan makanan yang digunakan sebagai sajian keluarga.

Baca Juga: Lebih Sehat dan Bergizi, Coba Buat Resep Nugget Tahu Berikut Ini Moms

Kalori Nugget Pisang Goreng

kalori nugget

Foto: cookpad.com

Nugget pisang merupakan camilan lezat yang yang sedang digandrungi pada saat ini. Camilan ini kurang lebih mirip dengan pisang goreng, hanya saja dikreasikan dalam penyajiannya dengan tambahan beberapa komposisi penyedap.

Dilansir dari FatSecret Indonesia, satu porsi pisang goreng (85 gr) rata-rata memiliki kalori sebanyak 214 kalori.

Jumlah kalori tersebut terdiri dari komposisi gizi sebesar 11,28 gram atau 44% berupa lemak, 30,66 gram atau 54% berupa karbohidrat, serta 1,25 gram atau 2% berupa protein.

Secara umum, satu biji nugget ayam goreng memenuhi sebesar 11% kalori yang kita butuhkan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) sebesar 2000 kalori.

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Nugget Ayam Wortel untuk Anak Picky Eater

Meski demikian, jumlah kalori serta komposisi gizi nugget pisang goreng yang sudah diuraikan diatas bisa bervariasi, tergantung bahan-bahan pembuatan nugget pisang goreng yang Moms gunakan di rumah.

Itulah serba serbi kalori nugget yang penting untuk Moms ketahui.

Dengan begini Moms bisa mengontrol kalori yang keluar dan masuk ke dalam tubuh agar tidak kekurangan atau kelebihan kalori.

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/chicken-nugget
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/pisang-goreng
  • https://www.livestrong.com/article/336835-why-do-caloric-counts-change-when-cooked/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait