Parenting Islami

8 Juli 2021

59+ Rangkaian Kata-kata Islam Pemberi Semangat, Bisa jadi Motivasi!

Cocok juga untuk dijadikan caption di media sosial
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kata adalah jiwa dalam komunikasi. Kadang, rangkaian kata bisa memberi semangat dan memiliki kekuatan tersendiri untuk memengaruhi seseorang. Ada banyak kata-kata Islam yang bukan hanya dapat menjadi pelecut semangat, tapi juga teman saat letih melanda.

Kutipan bijak membawa nasihat tentang bagaimana menavigasi keputusan atau perasaan hidup yang sulit, memungkinkan budaya mewariskan kebijaksanaan dari generasi ke generasi. Dengan menganalisis bahasa kebijaksanaan melalui kutipan dapat memberikan wawasan tentang representasi bentuk kebijaksanaan, dikutip Journal of Language and Social Psychology

Jika Moms membutuhkan kata-kata penyemangat, kebijakan dan juga refleksi terhadap kehidupan, beberapa kata-kata Islam di bawah ini bisa jadi referensi dan juga inspirasi untuk menemani hari-hari, baik saat susah ataupun senang. Selamat termotivasi, Moms!

Baca Juga: Begini 4 Cara Memotivasi Anak Agar Selalu Semangat

Kata-kata Islam tentang Kebijaksanaan

Kata-kata Islam -1.jpg

Foto: Inc.com/Gettyimages.com

Banyak sekali inspirasi dari kata-kata Islam tentng kebijaksanaan yang bisa diambil. Dalam setiap kalimatnya mengandung nasihat bijak inspiratif yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sebagai muslim yang harus menjadi orang yang lebih baik lagi di setiap harinya.

  1. Bersabarlah karena Allah SWT mencintai golongan orang-orang yang bersabar.
  2. Jika kamu merasa tidak bisa mengucapkan kata-kata yang baik, perkataan yang sopan dan juga tidak menyakiti hati maka pilihan terbaik adalah diam.
  3. Seperti halnya kamu menginginkan untuk bisa melihat mutiara yang berharga, maka kamu harus diam saat kamu tidak mengetahui tanpa mengucapkan sepatah kata yang tidak berarti.
  4. Sedekah tidak benar-benar sama dengan matematika yang bisa dijumlah, dikurangi pun dibagi atau dikali. Karena sedekah akan terus berlimpah dan bekali lipat kembali kepada diri masing-masing.
  5. Jika kamu merasa menemukan aib dalam diri seseorang, maka sebaiknya galilah aib dalam dirimu sendiri. Karena belum tentu aib mereka lebih banyak dari aib dirimu sendiri.
  6. Permainan dunia ini untuk menjadi dirimu lebih baik ialah dengan menerima bahwa setiap keadaan tidak ada yang pernah baik, namun kamu akan selalu bisa mengambil sisi baik dari setiap hal yang menimpa.
  7. Siapa saja yang tidak bisa memimpin diri mereka sendiri, maka ia tidak bisa memimpin orang lain.
  8. Seseorang yang senantiasa berlutut dihadapan Tuhan, dapat berdiri tegak menghadapi apapun.
  9. Di balik kata tawakkal, ada pengorbanan yang banyak, doa yang tidak pernah berhenti dan juga perjuangan yang kuat.
  10. What is meant for you, will reach you even if it is beneath two mountains. What isn’t meant for you, won’t reach you even if it is between your two lips. (Apa yang memang ditakdirkan untukmu, pasti akan menjadi milikmu bahkan jika itu berada di bawah dua gunung. Dan apa yang memang tidak ditakdirkan untukmu, tidak akan pernah menjadi milikmu bahkan jika itu berada tepat di antara dua bibirmu)
  11. Patience is not the ability to wait, but the ability to keep a good attitude while waiting. (Sabar bukanlah kemampuan untuk menunggu, tetapi kemampuan untuk menjaga sikap yang baik di saat menunggu)
  12. Allah gives the hardest battles to His strongest soldiers. (Allah memberikan pertempuran yang paling berat kepada tentara terkuat-Nya)
  13. Do not be wise in words, be wise in deeds. Because when deeds speak, words are nothing. (Jangan hanya bijak dalam perkataan, bijaklah dalam perbuatan. Karena ketika perbuatan berbicara, kata-kata tidak lagi berarti apa-apa)
  14. If Allah guides you to Remember Him, It’s a sign that Allah loves you. (Jika Allah membimbingmu untuk mengingat-Nya, itu pertanda bahwa Allah mencintaimu) – Ali bin Abi Thalib
  15. Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. – (QS. Ar-Ra’d: 11)
  16. Untuk memperoleh apa yang kamu sukai, terlebih dahulu kamu harus bersabar dengan apa yang kamu benci. (Imam Ghazali)
  17. Raise your words, not voice. It is rain that grows flowers, not thunder. (Tinggikan kata-katamu, bukan suaramu. Hujanlah yang menumbuhkan bunga-bunga, bukan gemuruh petir) – Jalaluddin Rumi

Baca Juga: 5 Film tentang Kisah Motivasi Sukses yang Perlu Anda Tonton

Kata-kata Islam tentang Kehidupan

Kata-kata Islam -2.jpg

Foto: Dawn.com

Kehidupan di dunia ini tidak selamanya berjalan mulus sesuai harapan. Kadang ada hambatan dan jalan terjal yang membuat seseorang merasa terpuruk. Kata-kata Islam tentang kehidupan berikut ini berisi nasihat-nasihat Islami tentang kehidupan agar selalu memandang hidup ini dengan positif.

  1. Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada.
  2. Kekayaan yang sebenarnya bukan terukur dari banyaknya harta, melainkan dari kekayaan hati yang dimiliki oleh setiap insan.
  3. Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, harus sebaliknya. Bersedekahlah untuk bisa membuka pintu rezeki dan juga harta.
  4. Tidak ada gunanya hidup panjang selama 100 tahun jika tidak digunakan untuk beribadah seperti sholat dan mengaji.
  5. Ciri dari kelalaian manusia ialah ketika ia seringkali mengeluh ketika menerima ujian, pun jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat yang luar biasa.
  6. Bahwa kehidupan harus tetap dijalani layaknya air yang mengalir dan lebih banyak untuk melakukan tindakan dibandingkan menggunakan ucapan.
  7. Jangan pernah merasa sendiri untuk menjalani pahit getirnya kehidupan karena sesungguhnya kamu tidak pernah benar-benar sendiri. Tuhan selalu ada di setiap nadi untuk menemani hamba-Nya.
  8. Jalani kehidupan setiap harinya seolah-olah hari ini adalah hari terakhir.
  9. Ya Allah, limpahkan rizki pagi kami, beri kemudahan dalam segala urusan kami dan berilah selalu jalan keluar dari setiap masalah kami.
  10. Hati itu mahal, mengapa demikian? Karena disitulah Allah melihat kita, bukan pada rupa.
  11. Dunia seperti bayangan yang akan semakin menjauh bila dikejar, namun jika berpaling dari dunia untuk memilih akhirat, maka dunia yang akan berbalik mengikutimu.
  12. Allah SWT akan memberikan kelimpahan rahmat dan rezeki tentang apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.
  13. Amal yang disukai oleh Allah SWT adalah amalan yang sedikit namun terus menerus dilakukan.
  14. Perbanyak syukurmu dari pada pintamu.
  15. At times you may think everything is going wrong. Yet you don’t realize that Allah is setting everything right. (Terkadang kamu mungkin berpikir segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Namun kamu tidak menyadari bahwa Allah mengatur segalanya dengan benar).
  16. Just because something isn’t happening for you right now, doesn’t mean that it will never happen. (Hanya karena sesuatu tidak terjadi untukmu saat ini, bukan berarti itu tidak akan pernah terjadi)
  17. Rather than stressing about things we cannot control, pray to The One in control and find relief. (Daripada tertekan dengan hal-hal yang tidak mampu kita kendalikan, lebih baik berdoa kepada Tuhan Yang Maha Mengendalikan dan mendapatkan pertolongan)
  18. A negative thinker sees a difficulty in every opportunity. A positive thinker sees opportunity in every difficulty. (Seorang yang berpikir negatif akan melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Tapi seorang yang berpikir positif akan mampu melihat peluang dalam setiap kesulitan)
  19. Sometimes Allah allows you to taste the bitterness of this world so that you could fully appreciate the sweetness of faith. (Terkadang Allah membiarkan kamu merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman) – Omar Suleiman
  20. Every test in our life makes us bitter or better, every problem comes to make us or break us. The choice is ours, whether we become victim or victor. (Setiap ujian dalam hidup akan membuat kita terpuruk atau lebih baik, setiap masalah yang datang untuk menjadikan kita kuat atau menghancurkan kita. Pilihan ada di tangan kita, apakah kita memilih menjadi korban ataukah pemenang.
  21. A calamity that makes you turn to Allah is better for you than a blessing which makes you forget the remembrance of Allah. (Suatu musibah yang membuatmu kembali kepada Allah lebih baik bagimu daripada nikmat yang membuatmu lupa dari mengingat Allah) – Ibnu Taimiyah

Baca Juga: Mengapa Anda Tidak Termotivasi Dalam Pekerjaan?

Kata-kata Islam tentang Motivasi

Kata-kata Islam -3.jpg

Foto: Hrnews.be

Berikut ini beberapa kata-kata Islam tentang motivasi yang dapat menjadi inspirasi untuk membakar semangat dalam menghadapi permasalahan kehidupan, sebagai pengingat agar selalu menyikapi segala sesuatu secara positif.

  1. Jangan terlalu bersedih, karena pertolongan akan selalu datang bersama dengan kesabaran. (HR Ahmad)
  2. Jangan pernah menyerah ketika doa-doamu belum terjawab. Karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah SWT bahkan akan memberikan yang lebih baik.
  3. Bila hijrah yang kamu lakukan murni karena Alah SWT, maka kamu akan tetap melangkah meskipun dalam keadaan lelah.
  4. Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan.
  5. Bersabar merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menajalni setiap godaan dan ujian. Sesungguhnya setiap ujian akan memiliki makna baik dan hikmah di setiap sisi.
  6. Perihal menyesali masa lalu adalah tindakan yang sangat sia-sia. Lebih baik menyesal saat tidak mampu untuk melakukan apa yang seharusnya bisa dilakukan di masa depan.
  7. Kebahagiaan akan selalu nampak kecil ketika berada dalam genggaman. Tetapi cobalah lepaskan dan kamu akan langsung merasa dan melihat seberapa besar kebahagiaan itu.
  8. Kesulitan-kesulitan, penderitaan-penderitaan dan juga ujian-ujian hidup merupakan sebuah rahmat positif. Karena semuanya merajut pada otot-otot menjadi lebih keras dan dapat mengajarkan kemandirian untuk bisa hidup sendiri.
  9. Jika rumput tetangga terlihat lebih hijau, maka tetap bersyukurlah karena masih bisa berpijak di atas tanah dan bisa melihatnya.
  10. Jadilah seseorang di mata Allah SWT, walaupun kamu bukan siapa-siapa di dunia.
  11. Ketika kamu sedang dikecewakan, berhentilah bersedih dan segeralah beristighfar. Maka Allah SWT akan ada bersamamu.
  12. Doamu kepada Allah SWT tidak akan pernah ditolak, melainkan dibalas dengan cara yang lain dan lebih baik.
  13. Sabar seperti dua mata koin. Di satu sisi adalah sabar, di sisi lain adalah rasa syukur kepada Allah SWT.
  14. Jangan pernah takut doamu akan ditolak Allah SWT, tapi takutlah bila tidak diberi hidayah untuk berdoa.
  15. The shortest distance between a problem and a solution is the distance between your knees and the floor. (Jarak antara masalah dengan solusi hanyalah sejauh jarak antara kening dan tempat sujud)
  16. Janganlah kamu kehilangan harapan, dan jangan pula bersedih hati. (QS Ali Imran: 139)
  17. Bersabarlah, kesabaran adalah pilar iman. (Umar bin Khattab)
  18. Do not give up, the beginning is always the hardest. (Jangan menyerah, permulaan memang selalu yang paling sulit)
  19. Don’t depend too much on anyone in this world, because even your own shadow leaves you when you are in darkness. (Jangan terlalu bergantung kepada siapa pun di dunia ini, karena bahkan bayanganmu sendiri meninggalkan kamu ketika kamu berada dalam kegelapan. – Ibnu Taimiyah
  20. When He closes one, He opens another. (Saat Allah menutup satu pintu, Dia membukakan pintu yang lainnya)
  21. I should be grateful for the tough times because Allah chose me, thought I was good enough to go through it. (Aku seharusnya bersyukur atas masa-masa sulit karena Allah telah memilihku, berarti Allah menganggap aku cukup baik untuk bisa melaluinya) – Nouman Ali Khan
  22. Never give up making dua to Allah. It may not happen now, it may not happen next month, but it will happen when Allah knows is best for you. (Jangan pernah menyerah berdoa kepada Allah. Mungkin tidak terkabul sekarang, tidak pula bulan depan, tetapi pasti itu akan terkabul ketika Allah merasa itu yang terbaik untukmu) – Dr. Bilal Philips

Itulah koleksi kata-kata Islam terbaik, inspiratif dan penuh motivasi yang semoga bisa kita ambil nasihat-nasihatnya untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai seorang muslim.

  • https://saintif.com/kata-kata-mutiara/
  • https://mutiaraislam.net/kata-mutiara-islam-terbaik-inspiratif-motivasi/
  • https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0261927X19831743
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait