Jalan-jalan

14 Juli 2021

Selain Pempek, Ini 15 Makanan Khas Sumatera Selatan

Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Sumatera Selatan ini ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat mendengar Sumatera Selatan, Moms pasti akan teringat dengan kota Palembang dan hidangan pempek yang terkenal. Padahal di daerah paling bawah pulau sumatera ini masih banyak sajian kuliner yang bisa Moms coba, lho. Penasaran? Berikut daftar makanan khas Sumatera Selatan yang wajib Moms coba saat berwisata kuliner.

Baca juga: Yuk Moms Cobain 17 Makanan Khas Semarang yang Enak dan Lezat Ini

Makanan Khas Sumatera Selatan

Makanan khas Sumatera Selatan kebanyakan memiliki bahan baku ikan, sepeti pempek. Kendati demikian, beberapa makanan khas Sumatera Selatan ini juga memiliki sensari yang berbeda saat dicoba lho Moms.

Yuk, simak kuliner khas Sumatera Selatan yang bikin ngiler dan wajib untuk dicoba saat melancong ke sana.

1. Model

makanan khas sumatera selatan Model

Foto: makananoleholeh.com

Pada dasarnya, model berasal dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam. Hanya saja, isian dalam panganan satu ini menggunakan tahu bukan telor.

Tak hanya itu, saat disajikan, model juga tidak menggunakan kuah cuko melainkan kaldu udang yang dicampir dengan dengan bihun serta dicampur dengan timun dan ebi.

Model terdiri dari dua jenis, model ikan dan gendum. Model ikan dibuat dengan bahan yang hampir sam dengan pempek. Sementara, model gendum terbuat dari tepung terigu.

Biasanya model gendum ini lebih murah daripada model ikan. Makanan khas Sumatera Selatan sangat terkenal di Kota Palembang.

2. Mie Celor

makanan khas sumatera selatan mie celor

Foto: pinterest.com

Makanan khas Sumatera Selatan ini terdiri dari mie yang disajikan dengan campuran kuah santan dan kaldu ebi atau udang kering. Kuliner satu ini diberikan pelengkap seperti irisan telur, tauge, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng.

Salah satu keunikan dari makanan khas Sumatera Selatan ini adalah ukuran mie yang mirip dengan udon.

3. Kue 8 Jam

makanan khas sumatera selatan kue 8 jam

Foto: cookpad.com

Moms mungkin pernah mendengar kue 8 jam khas Palembang yang selalu dihidangkan saat Lebaran. Menurut sejarah, makanan khas Sumatera Selatan merupakan kudapan istimewa para bangsawan di era Kesultanan Palembang.

Nama 8 jam diambil dari cara pembuatannya yang membutuhkan waktu delapan jam hingga matang.

Bahan utama kue ini adalah telur bebek yang banyak, gula pasir, mentega dan susu kental manis. Umumnya, tidak menggunakan tepung terigu.

4. Brengkes Tempoyak

makanan khas sumatera selatan brengkes tempoyak

Foto: pinterest.com

Brengkes Tempoyak merupakan masakan tradisional Sumatera Selatan yang umumnya menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Uniknya, makanan khas Sumatera Selatan ini menggunakan fermentasi durian sebagai campuran bumbunya.

5. Lenggang

makanan khas sumatera selatan lenggang

Foto: pinterest.com

Sajian kuliner khas Sumatera Selatan yang wajib dicoba lainnya adalah lenggang. Menu ini merupakan versi lain dari pempek, karena terdiri dari pempek lenjer yang dibalut dengan telur.

Uniknya, pembuatan pempek ini menggunakan daun pisang untuk proses memasaknya. Adonan Lenggang akan dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk kotak sebelum akhirnya dipanggang hingga matang.

Ada rasa yang unik dari menu ini yang membuat Lenggang sangat digemari. Dalam penyajiannya, Lenggang akan dicampur dengan saus cuka.

Baca juga: Selain Kari, 11 Makanan Khas India Ini Juga Terkenal karena Kelezatannya

6. Tekwan

makanan khas sumatera selatan tekwan

Foto: pinterest.com

Tekwan adalah penganan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka, yang dibentuk berupa bulatan kecil-kecil, dan disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Cara membuat pentol tekwan bisa dibilang mirip dengan resep pempek.

Makanan khas Sumatera Selatan ini biasanya disajikan dengan pelengkap seperti sohun, potongan bengkoang dan jamur. Kemudian ditaburi potongan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Nama tekwan berasal dari kata "Berkotek Samo Kawan", yang dalam bahasa Palembang artinya duduk bersama teman atau dari bahasa Min Selatan tê-kuàn yang berarti kotak teh.

7. Laksan

makanan khas sumatera selatan laksan

Foto: pinterest.com

Laksan adalah makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari tepung sagu dan ikan. Sekilas panganan ini memiliki bentuk yang sama dengan pempek.

Hanya saja, cara penyajian Laksan berbeda dengan pempek. Jika pempek menggunakan kuah cuka yang asam, manis dan pedas, maka Laksan menggunakan kuah santan.

Kuah yang digunakan untuk menyiram Laksan mirip dengan kuah pada lontong sayur. Ada rasa yang begitu gurih dari kuah tersebut.

8. Celimpungan khas Sumatera Selatan

makanan khas sumatera selatan celimpungan

Foto: pinterest.com

Ikan sudah mejadi salah satu bahan baku yang selalu ada di setiap makanan khas Sumatera Selatan, termasuk celimpungan. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar sagu dan campuran ikan sama seperti pempek.

Perbedaan antara celimpungan dengan pempek terdapat pada kuah saat penyajian. Makanan khas Sumatera Selatan ini memiliki kuah yang cenderung lebih kenyal dan berwarna kuning.

Kalau soal tekstur, celimpungan lebih renyah dibandingkan pempek. Bentuknya pun lebih pipih dibandingkan dengan pempek.

9. Martabak HAR

makanan khas sumatera selatan Martabak HAR

Foto: pinterest.com

Makanan khas Sumatera Selatan lain yang perlu Moms coba adalah Martabak HAR. Walaupun terkenal dari Palembang, tetapi makanan ini aslinya berasal dari India.

Nama HAR merupakan singkatan dari Haji Abdul Razak, saudagar Palembang keturunan India yang menikah dengan wanita asli Palembang. Panganan satu ini mulai dikenal sejak 1947 di Jalan Sudirman Palembang dan masih berdiri kokoh hingga saat ini lho Moms.

Martabak ini berbahan dasar tepung terigu, yang diberi telor bebek dan telor ayam, kuahnya berbahan kari kambing yang dicampur kentang. Walaupun berasal dari india namun Martabak HAR Palembang ini berbeda dengan martabak india, Martabak HAR memiliki kulit martabak yang lebih renyah dan memiliki kuah kari yang tidak terlalu kental, aroma yang tidak terlalu menyengat dan rasa yang tidak terlalu kuat seperti kuah kari asli India.

10. Pindang Patin

makanan khas sumatera selatan pindang patin

Foto: pinterest.com

Pindang merupakan makanan Khas Sumatera Selatan yang perlu Moms coba. Pada masa lalu, aktivitas masyarakat yang tinggi, menyebabkan dorongan untuk memasak secara praktis.

Pada sisi lain, Sumatra Selatan yang memiliki aliran Sungai Musi beserta anak-anak sungai lainnya, menyediakan ikan yang berlimpah. Ditambah lagi rawa memiliki kekayaan yang sama melimpahnya. Dibuatlah kemudian pindang ikan atau udang. Salah satu yang paling terkenal adalah pindang ikat patina tau biasa dikenal dengan pindang patin.

Bumbu pindang sangat sederhana, yaitu serai, kunyit, lengkuas, cabai, dan asam kandis. Kesederhanan bumbu ini lebih disebabkan oleh pertimbangan praktis masyarakat.

Aktivitas masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang yang padat, lebih memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan yang praktis. Salah satunya pindang dengan bumbu yang sederhara tersebut.

Rasa olahan khas satu ini begitu lezat dengan kuah pindang yang segar dan pedas. Tidak hanya itu, ikan patin memiliki karakteristik tekstur yang lembut sehingga bisa disantap dengan nikmat.

Hal lain yang menarik dari menu ini adalah adanya belimbing sayur yang ditambahkan untuk rasa pindang yang lebih asam namun segar.

Baca juga: 4 Resep Pindang Ala Rumahan yang Bisa Moms Coba

11. Pindang Tulang Khas Sumatera Selatan

makanan khas sumatera selatan pindang tulang

Foto: pinterest.com

Selain pindang patin, ada pindang tulang yang menjadi makanan khas Sumatera Selatan yang paling diburu. Seperti namanya, makanan khas ini memang dibuat dengan bahan dasar tulang, tepatnya tulang sapi.

Tentu, tulang yang digunakan adalah tulang khusus dimana masih ada sedikit daging yang menempel dan ada sumsum tulang untuk dinikmati.

Dimasak dengan bumbu rempah yang lengkap sebagaimana menu sebelumnya, pindang tulang memiliki rasa khas yang begitu nikmat.

Tidak hanya itu, daging sapi yang meskipun sedikit terasa sangat empuk dan nikmat. Pindang tulang sering diburu masyarakat untuk menu makan siang mereka.

12. Malbi

makanan khas sumatera selatan malbi

Foto: pinterest.com

Gulai Malbi adalah makanan khas Sumatera Selatan yang perlu Moms coba ya. Malbi sendiri merupakan sebutan untuk hidangan yang menyerupai semur sehingga banyak juga yang mengatakan hidangan ini adalah semur daging sapi.

Biasanya Malbi memakai daging sapi has dan tambahan rempah lainnya seperti Asam Jawa. Malbi adalah salah satu dari sedikit makanan bercitarasa manis yang berasal dari daerah Palembang dikarenakan masyarakatnya yang lebih menyukai hidangan pedas.

Malbi biasanya dihidangkan dengan nasi minyak, kerupuk dan sambal nanas yang pedas, juga acar yang memberikan rasa asam pedas.

Malbi merupakan makanan yang biasa dihidangkan pada saat perayaan Idul Fitri maupun pernikahan.

13. Burgo

makanan khas sumatera selatan burgo

Foto: pinterest.com

Burgo tergolong makanan khas penduduk Palembang yang sederhana. Jika ditilik dari bahan pembuatannya hanya menggunakan tepung sagu dan tepung beras yang diberi siraman kuah santan.

Namun yang bisa membuatnya menjadi makanan mewah adalah adanya topping yang biasanya mengelilingi kuah santan tersebut, seperti suwiran ayam dan telur rebus yang kerap berenang pada guyuran air bersantan bewarna kekuning-kuningan.

Pembuatan burgo secara normal adalah dengan memasak adonan tepung sagu dan tepung berasa dengan cara didadar layaknya telur dadar.

Setelah dirasa matang, adonan ini akan digulung dan diiris kecil-kecil untuk seterusnya disajikan dengan kuah udangnya yang terbuat dari santan, lengkuas, bawang putih, kemiri, kunyit, dan ketumbar.

Rasa yang dihasilkan akan begitu gurih, apalagi jika ditambah dengan isiannya seperti suwiran ayam dan telur yang sudah terkenal kelezatannya.

Baca juga: 20 Makanan Khas Nusantara dengan Filosofi Unik dan Kekinian

14. Kemplang

makanan khas sumatera selatan kemplang

Foto: pinterest.com

Selain pempek, kudapan yang menjadi kebanggaan orang Palembang adalah kemplang yang berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan gabus.

Tercatat ada sekitar enam jenis kemplang di ibukota Sumatera Selatan tersebut, meliputi kemplang kerupuk berbentuk bulat dengan diameter 5 sampai 7 cm berasa gurih ikan.

Ada juga kemplang getas, dengan bentuk bulat berdiameter 4 cm, dibuat menggunakan adonan pempek seperti kemplang kerupuk.

Terus ada kemplang panggang, yang dibuat dengan cara dipanggang dan enak dimakan dengan saus sambal.

Lalu ada tiga jenis kemplang dengan penamaan mirip dengan bentuknya, ketiganya berturut-turut adalah kemplang keriting, kemplang koin, dan kemplang mangkuk.

Karena merupakan jenis kerupuk-kerupukan dengan bentuk tipis, pastinya kempang memiliki rasa renyah dengan rasa ikan yang khas.

Untuk itulah harganya berkisar 15.000 sampai 40.000 per kilogremnya, dan bisa dengan mudah ditemui di Pasar Tradisional Cinde Palembang.

15. Telok Ukan

makanan khas sumatera selatan telok ukan

Foto: pinterest.com

Makanan dengan nama telok ukan dikatakan adalah kuliner khas Palembang yang dilupakan oleh orang-orang Palembang itu sendiri.

Alasan utama mungkin adalah karena pembuatannya yang cukup rumit dan memerlukan ketelitian bagi siapa saja yang ingin membuatnya.

Bahan utamanya adalah telur. Boleh menggunakan telur ayam ataupun telur bebek, namun satu yang pasti, telur bebek lebih sering dipakai karena rasanya yang lebih gurih.

Membuat teluk ukan harus membuaat lubang terlebih dahulu di telurnya, Moms bisa menggunakan benda tajam untuk melubangi telur sehingga isinya keluar.

Setelah isi telur keluar, nantinya akan dicampur dengan aneka rempah, baru kemudian akan dimasukkan kembali ke dalam cangkang telur lewat lubang yang telah dibuat.

Pembuatannya yang rumit itu membuat banyak yang enggan membuatnya, namun dulunya di Pasar 10 Ulu ada penjualnya dengan banderol 2500 per butir.

Baca juga: Icip-Icip Makanan Khas Pontianak yang Menggugah Selera!

Demikian rekomendasi makanan khas Sumatera Selatan yang bisa Moms coba saat berkunjung ke tempat ini. Semoga bermanfaat ya.

  • https://makananoleholeh.com/makanan-khas-palembang
  • https://bosmeal.com/makanan-khas-sumatera/selatan/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait