Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Mar 19, 2018

12 Kebiasaan yang Akan Membuat Kita Terlihat Lebih Muda

Bagikan


Kita tidak bisa menghentikan waktu. Menua itu pasti. Tapi tidak perlu khawatir, kita tetap bisa terlihat lebih muda dengan cara yang simpel. Yuk simak ulasannya!

1. Tinggalkan hairdryer

Rambut yang muda memiliki ciri memantul dan bersinar, tapi penggunaan pengering rambut, pengeriting dan pelurus rambut membuat helaian rambut menjadi kusam dan kering. Banyak kerusakan rambut terjadi karena penggunaan beberapa alat styling panas ini.

Lakukan ini: Bebaskan rambut dari alat styling panas dua hari seminggu. Kita bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan rambut. Atau lewati ritual mencuci rambut dua kali seminggu. Bila harus mencuci rambut setiap hari, pakailah dry shampoo jika dibutuhkan.

2. Akrab dengan SPF

Kita mungkin sering mendapat saran atau nasihat untuk memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi diri dari kanker kulit. Namun, mengoleskan SPF juga bisa melindungi dari penuaan.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menerapkan SPF tidak atau empat hari dalam seminggu cenderung tidak menderita penuaan kulit dibandingkan mereka yang menerapkannya hanya sesekali.

Lakukan ini: Pakailah tabir surya dengan SPF 30 setiap hari, baik kondisi hujan atau cerah. Ulangi pemakaiannya beberapa kali.

3. Manjakan tangan dengan lotion

Kulit pada punggung tangan kita sangat tipis, sehingga rentan terhadap penuaan dan terjadi lebih cepat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Dan saat udara kering, kelembapan keluar dari kulit, sehingga menyebabkan tangan terlihat lebih tua dari seharusnya.

Pilihlah lotion yang berisi tabir surya karena dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari yang tampai sebagai bintik cokelat dan keriput.

Lakukan ini: Oleskan pelembap yang memiliki SPF 30 padan punggung tangan setiap pagi.

Baca juga: Kenapa Sih Kulit Sering Berjerawat? Ketahui 5 Penyebabnya

4. Hindari makanan yang menodai gigi

Makanan yang gelap, panas dan lengket seperti sate, barbekyu atau kecap adalah beberapa penyebab terburuk penyebab noda. Anggur merah, kopi dan cola juga buruk untuk gigi.

Lakukan ini: Hindari makanan-makanan yang buruk untuk penampilan gigi kita, seperti kecap, saus barbekyu, soda, anggur merah dan kopi.

5. Warnai kuku

Bagian tubuh kita yang sering mengungkapkan usia sebenarnya bukanlah wajah melainkan tangan, menurut sebuah studi dari American Society of Plastic Surgeons. Salah satu tipuan untuk menutupi usia kita adalah dengan memakai kuteks.

Lakukan ini: Pilih warna permata yang bagus (pikirkan ungu dan merah) yang menawarkan semburat warna yang tidak terlalu kuat.

6. Olahraga secara teratur

Latihan meningkatkan sirkulasi darah yang memungkinkan kulit terlihat baik. Sebuah studi dari McMaster University di Kanada menemukan bahwa olahraga dapat membalik penuaan kulit. Selain itu saat dalam kondisi sehat dan bugar tentunya kita akan terlihat lebih muda.

Lakukan ini: Berolahraga 30 menit setiap hari. Jadikan ini sebagai kebiasaan rutin untuk membuat kita awet muda.

Baca juga: 3 Ritual Cantik Sebelum Tidur

7. Batasi garam

Mengonsumsi makanan asin membuat tingkat garam yang tinggi di sekitar area mata sehingga menyebabkan kantung mata menjadi gembung dan gelap.

Lakukan ini: Hindari makanan yang mengandung banyak garam seperti telur asin, ikan asin, roti, sereal, saus dan sebagainya.

8. Konsumsi makanan tinggi protein

“Bila kita menginginkan rambut yang terlihat sehat, kita harus mulai dari hal-hal yang mendasar, yaitu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan produksi rambut normal,” kata Kevin Pinski, MD, seorang dermatologi di Pinski Dermatology & Cosmetic Surgery di Chicago.

Lakukan ini: Kebanyakan wanita harus makan sekitar 46 gram protein setiap hari (porsinya bisa lebih jika kita hamil, menyusui atau atlet). Sebagai rujukan porsi 3 gram salmon mensuplai 22 gram protein, sedangkan segelas susu rendah lemak mengandung 8 gram protein.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Merawat Kulit

9. Stop menyisir rambut saat basah

Jika telah mengentikan alat styling panas dan mengonsumsi asupan protein, namun tetap berurusan dengan rambut kusam dan tipis, mungkin ada yang salah pada kebiasaan kita setelah mandi. Menyisir rambut saat basah, di mana helaian rambut sangat lemah, dapat menyebabkan kerusakan rambut dan rambut jadi sulit diatur.

Lakukan ini: Jangan sekali-kali menyisir rambut saat basah. Bila memang harus menyisir rambut, gunakan sisir yang bergerigi lebar dengan ujung tumpul.

10. Perbanyak sayuran

Makanan hijau adalah sikat gigi alami. "Sayuran kaya serat seperti bayam, selada, dan brokoli membantu membersihkan gigi secara alami," kata Dr. Layliev. Seratnya bisa mencegah plak menempel pada enamel. Bonusnya sayuran juga bagus untuk kulit kita. Studi menunjukkan orang yang makan sekitar tiga porsi sayuran hijau, memiliki warna kulit yang lebih sehat dan menarik.

Lakukan ini: Isi setengah piring makan kita dengan sayuran. Itu akan membantu mendapatkan 2,5 cangkir sayuran.

Baca juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

11. Berdamai dengan stres

Stres tidak hanya membuat kita panik, tapi juga berpengaruh terhadap kulit. Stres bisa membuat kulit mengalami peradangan yang dapat memperburuk kondisi masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, dan eksim, kata sebuah laporan dalam jurnal seminar di Cutaneous Medicine and Surgery.

Lakukan ini: Dukungan sosial memainkan peran besar dalam tingkat stres. Jadi pastikan kita bertemu teman-teman secara rutin. Pertimbangkan juga untuk melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan atau menulis buku.

12. Tidur yang cukup

Selama tidur nyenyak, tubuh memproduksi estrogen dan progesteron dalam jumlah banyak, kata Dr. Pinski. Ini meningkatkan mekanisme perbaikan alami kulit kita, sehingga terlihat lebih berseri saat bangun tidur. Hormon juga membantu mencegah jerawat, lho.

Lakukan ini: Cobalah ritual tidur yang lebih menenangkan yang membantu kita bisa bersantai secara mental, seperti minum secangkir susu panas dan madu.

Selamat mencoba!

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Sumber: meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.