Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Jan 16, 2018

Kenapa Sih Kulit Sering Berjerawat? Ketahui 5 Penyebabnya

Bagikan



Jerawat bisa dikatakan musuh utama pada wajah. Selain merusak tampilan wajah, tumbuh jerawat juga bisa menjadikan kulit tampak kusam dan bisa mempengaruhi rasa percaya diri. Jerawat bisa tumbuh karena gangguan kulit akibat penyumbatan minyak dan sel kulit mati dalam pori-pori lalu menyubat dan timbul bintik kemerahan.

Apakah Moms memiliki keluhan dengan jerawat yang sering sekali muncul? Bahkan tidak hilang-hilang walau sudah melakukan perawatan dan menggunakan obat jerawat? Berikut beberapa penyebab timbulnya jerawat yang Moms harus ketahui.

1. Sering Memegang Wajah Dengan Tangan

sering memegang wajah, penyebab kulit berjerawat

Tanpa disadari, kebiasaan gestur tubuh seperti sering menopang tangan di dagu, memijit-mijit kening saat sedang berpikir, atau beberapa aktivitas yang kontak langsung antara tangan dan bagian wajah bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat lho Moms.

Karena paparan bakteri dari tangan ke wajah bisa terjadi, terlebih jika kulit Moms cenderung sensitif. Jadi, mulai kontrol kebiasaan yang tidak disadari ini ya Moms!

2. Tidak Cocok Memakai Skin Care

Kulit memiliki reaksi yang berbeda-beda saat menggunakan skin care baru. Jika kulit Moms tidak cocok, bisa saja kulit merasa panas, gatal, atau tumbuh jerawat.

Ada yang beranggapan, reaksi seperti ini artinya krim wajah sedang bekerja dan ini hanya efek sementara yang akan membuat kulit wajah Moms menjadi lebih baik dari sebelumnya atau istilah ini sering dikenal dengan purging.

Kalau kulit Moms tumbuh jerawat dan dalam waktu lebih dari 2 minggu tidak membaik, bisa dipastikan itu bukan purging, tapi memang Moms tidak cocok dengan skin care yang dipakai.Sebaiknya hentikaan pemakaiannya, sebelum jerawat meradang dan tumbuh lebih banyak.

Baca Juga : 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sehat dan Halus

3. Pengaruh Stres

pengaruh stres dengan kulit berjerawat, penyebab kulit berjerawat, wanita stres

Kasus jerawat yang tumbuh dikulit orang dewasa berbeda dengan anak yang baru mengalami pubertas. Selain dari faktor luar, ternyata stress juga bisa memicu hormon dan produksi minyak di wajah menjadi berlebih yang bisa memicu jerawat tumbuh.

Jerawat seperti ini timbul tiba-tiba seperti saat setelah Anda begadang, merasa kelelahan, sampai dengan saat menstruasi tiba. Untuk mengobatinya tidak cukup dengan obat jerawat. Perlu ada pengelolaan emosi yang baik juga dan penggunaan pembersih wajah yang minim kadar sabun, pewangi, juga alkoholnya harus diperhatikan.

4. Alergi Makanan

Kalau tiba-tiba Moms tumbuh banyak jerawat dan merasa tidak wajar. Coba ingat-ingat lagi makanan apa yang Moms konsumsi? Makanan juga bisa jadi faktor penyebab timbulmya jerawat lho Moms.

Jenis makanan apa saja yang bisa memicu jerawat tentu pada tiap-tiap tubuh seseorang memiliki reaksi yang berbeda. Bisa seafood, beberapa makanan olahan susu, sampai dengan kacang-kacangan.

5. Malas Membersihkan Wajah

malas membersihkan wajah, malas membersihkan makeup, penyebab kulit berjerawat

Ini penyebab yang paling klasik yang sudah pasti sering Moms lakukan. Ya! Sisa-sisa kotoran diwajah setelah seharian beraktivitas tentu harus dibersihkan. Membersihkan dengan air dan facial foam saja belum cukup!

Moms harus melakukan double cleansing setiap malam. Sebelum cuci muka, bersihkan wajah dengan water cleanser dan lakukan sampai kapas sama sekali tidak bernoda lalu lanjutkan dengan menggunakan facial foam atau cleanser lainnya yang menggunakan air.

Kalau Moms rutin membersihkan wajah setiap malam, bisa dipastikan jerawat tidak mudah mampir ke wajah, dan wajah terlihat tampak bersih dan terawat.

Untuk membasmi jerawat, Moms butuh produk skin care yang berkualitas. Nah, saat ini Orami sedang mengadakan promo Ramadan, jadi Moms bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dengan diskon hingga 70%! 

Apakah Moms punya pengalaman dengan jerawat yang membandel? Bagaimana mengatasinya? Yuk share pengalaman Moms di kolom komentar.

(LMF)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.