Fashion & Beauty

23 Juli 2021

Punya Kulit Berminyak Bukan Masalah Kok, Ini Manfaat dan Cara Merawatnya

Ada banyak manfaat memiliki kulit berminyak yang harus Moms tahu. Ini faktanya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Apakah Moms memiliki wajah dengan kulit berminyak? Perlu dipahami, bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang kering, berminyak, dan kombinasi dari keduanya.

Bagi pemilik kulit berminyak, mungkin sering mengalami banyak permasalahan kulit, seperti pori-pori wajah terlihat membesar, mudah muncul komedo dan jerawat, serta wajah yang lebih mudah kusam.

Belum lagi ketika kulit berminyak sulit ditangani, maka berbagai produk perawatan yang dipakai rasanya tidak berguna. Risikonya, kulit menjadi iritasi dan jerawat mulai bermunculan. Serba salah, ya!

Sebenarnya, ada manfaat dari kulit berminyak yang akan Moms dapatkan. Nah, sebaiknya Moms menyimak beberapa fakta tentang kulit berminyak berikut ini, serta cara merawat kulit berminyak dengan baik. Disimak, ya!

Baca Juga: Kulit Kepala Berminyak, Ini Perawatan Rambut yang Tepat

Manfaat Memiliki Kulit Berminyak

Setelah mengetahui beberapa fakta penting tentang kulit berminyak, berikut ini manfaat kulit berminyak yang perlu Moms ketahui, yaitu:

1. Kulit Terhidrasi dengan Baik

Menghidrasi Kulit dengan Baik

Foto: Orami Photo Stock

Beruntung jika Moms memiliki kulit berminyak. Jurnal Royal Society of Medicine mengungkapkan, sebum alami pada kulit berminyak dapat membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Hanya saja, tetap rawat kulit dengan memakai pelembap agar kesehatannya tetap terjaga.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang berminyak karena memicu tersumbatnya noda pada pori-pori, yang memicu jerawat dan komedo.

2. Terlihat Lebih Glowing

Terlihat Lebih Glowing

Foto: Orami Photo Stock

Setiap wanita pasti ingin kulit menjadi glowing dan sehat. Kenyataannya, pemilik kulit berminyak dapat memiliki kulit yang glowing dengan perawatan yang tepat.

Terutama ketika Moms sudah berusia lebih dari 30 tahun, pakai produk perawatan yang menunjang kelembapan kulit agar hasilnya glowing, lembut, dan sehat.

Baca Juga: 4 Cara Merawat Kulit Berminyak Saat Hamil dengan Aman

3. Kulit Jarang Meradang

Kulit Jarang Meradang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kulit berminyak lainnya, yaitu kulit jarang meradang. Pemilik kulit berminyak memiliki kelenjar sebaceous alami yang membuat kulit menjadi jarang meradang. Namun, sebaiknya berhati-hati saat mencuci wajah.

Umumnya, pemilik kulit berminyak kerap mencuci wajah atau menggunakan scrub terlalu keras. Hal ini dapat membuat pori-pori tersumbat dan kulit semakin berminyak.

“Gunakan pembersih wajah berbusa lembut dengan pH seimbang, serta toner yang mengandung salicylic acid, yang dapat mengangkat kotoran secara mendalam tanpa harus mengelupas kulit,” ungkap Dr. Jeannette Graf, dokter kulit dari New York.

4. Tidak Cepat Muncul Kerutan di Wajah

Mencegah Kerutan di Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi yang diungkapkan dalam Journal of Investigative Dermatology mengungkapkan, manfaat kulit berminyak juga mampu mencegah munculnya kerutan.

Selama bertahun-tahun, lewat penelitian di dalam jurnal, dokter memperhatikan bahwa pemilik kulit berminyak cenderung memiliki kerutan yang lebih sedikit seiring bertambahnya usia. Sayangnya, alasan pasti belum dapat ditemukan.

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Clinical Anatomy mengungkapkan, garis-garis halus wajah terutama di sekitar mata akan tetap dapat muncul, apa pun jenis kulit Moms. Namun, pemilik kulit berminyak dapat memiliki lebih sedikit kerutan di area dahi.

Alasannya, mereka memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous yang dikaitkan dengan dermis yang lebih tebal, sehingga membantu mencegah garis-garis halus pada wajah.

Bisa disimpulkan, dua penelitian ini membuktikan, memang ada pengaruh memiliki kulit berminyak dengan awet muda. Namun, pada dasarnya kulit akan tetap menua seiring pertambahan usia.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memerhatikan perawatan kulit yang dipakai agar kulit tetap sehat dan mampu mencegah penuaan dini.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Cara Merawat Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang akan lebih mudah untuk muncul komedo, jerawat, dan wajah juga lebih mudah kusam. Asalkan dirawat dengan baik, sebenarnya pemilik kulit berminyak tetap dapat memiliki kulit yang sehat.

Untuk itu, Moms harus memahami cara merawat kulit berminyak dengan tepat, yaitu:

1. Rutin Mencuci Muka

Rutin Mencuci Muka.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kunci utama merawat kulit berminyak, yaitu rutin mencuci wajah. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, sebaiknya Moms mencuci muka setiap pagi, sore, dan setelah berolahraga.

Saat mencuci muka, lakukan dengan lembut dan hindari menggosok terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit. Selain itu, pemilihan sabun cuci muka juga sangat penting, lho, Moms.

Gunakan sabun cuci muka yang lembut. Hindari menggunakan produk yang terlalu keras karena dapat mengiritasi kulit dan memicu peningkatan produksi minyak. Sebagai gantinya, carilah pembersih wajah yang ringan dan lembut.

Selain itu, pilih sabun cuci muka yang memiliki label “bebas minyak”, “bebas alkohol”, dan “non-comedogenic”. Tujuannya agar sabun cuci muka yang dipilih tidak akan menyumbat pori-pori di wajah dan tidak akan membuat wajah menjadi iritasi.

Pemilihan tekstur sabun cuci muka juga perlu dipertimbangkan. Sebaiknya, pilih sabun cuci muka yang memiliki tekstur gel agar lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Nah, beberapa kandungan sabun cuci muka yang dapat Moms pilih, yaitu salicyic acid, glycolic acid, beta-hydroxy acid, ceramide, atau benzoyl peroxide.

Jika memiliki kulit yang sangat berminyak atau mudah sekali berjerawat, pilihan sabun cuci muka yang paling tepat mengandung salicyic acid.

Kandungan ini efektif menghilangkan minyak bersama sel-sel mati di permukaan kulit untuk membuat kulit kusam dan menjaga pori-pori tetap bersih,” ungkap Dr. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi, Mount Sinai Hospital.

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

2. Penting Memakai Pelembap

Penting Memakai Pelembap.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms masih bingung sebenarnya kulit berminyak butuh pelembap atau tidak, sih? Jawabannya adalah butuh dan penting sekali.

Cara merawat kulit berminyak juga perlu memakai pelembap wajah setiap agar kulit terhidrasi dengan baik. Pemilik kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi kulit dan hal ini harus dicegah.

Kegunaan pelembap wajah untuk kulit berminyak penting digunakan untuk melindungi skin barrier dengan baik. Moms dapat memilih pelembap yang bebas minyak, serta tidak mengandung pewangi, alkohol, atau paraben.

Beberapa kandungan pelembap sebagai perawatan kulit berminyak bisa memilih yang mengandung glycerin acid, hyaluronic acid, dan amino acid.

Kandungan niacinamide juga dapat membantu mencerahkan noda hitam dan menjaga kulit tetap halus dan lembut secara mendalam.

3. Selalu Pakai Sunscreen

Selalu Pakai Sunscreen.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms, jangan pernah sesekali lupa untuk memakai sunscreen, ya! Manfaat sunscreen bagi kulit berminyak, yaitu mampu mencegah kerusakan akibat sinat matahari yang dapat menyebabkan keriput, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit.

Memilih produk sunscreen yang tepat juga mencegah kulit kusam atau terlihat tambah berminyak. Cobalah sunscreen yang bertekstur gel agar lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Pilihlah sunscreen yang bebas minyak dan memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioxide. Alternatif lainnya, gunakan sunscreen yang mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik.

Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dengan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB (broad spectrum) untuk menjaga kulit secara mendalam.

Baca Juga: Kulit Sensitif? Gunakan 5 Rekomendasi Sunscreen Tanpa Alkohol Ini!

4. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Eksfoliasi Kulit secara Rutin

Foto: Orami Photo Stock

Pemilik kulit berminyak biasanya akan mengalami masalah banyaknya sel-sel kulit mati yang menumpuk. Akhirnya, kondisi ini dapat membuat kulit lebih mudah berjerawat.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengeksfoliasi kulit secara rutin. Exfoliating adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Pengangkatan sel ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan kimia maupun physical exfoliant, lho.

Salah satu cara eksfoliasi kulit yang paling efektif untuk kulit berminyak, yaitu menggunakan exfoliating toner.

Exfoliating toner menjadi produk cairan yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, membersihkan sisa kotoran, dan juga bermanfaat untuk mengembalikan pH normal kulit wajah.

Moms dapat menggunakan exfoliating toner sebanyak 2 kali dalam seminggu.

5. Hindari Sembarangan Menyentuh Wajah

Hindari Sembarangan Menyentuh Wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kebiasaan buruk satu ini mungkin saja sering Moms lakukan tanpa disadari, ya? Sebaiknya, jangan pernah menyentuh wajah sembarangan. Tangan adalah sumber kuman yang bisa menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri dari tangan ke wajah.

Kebiasaan sering menyentuh wajah dapat membuat wajah kusam dan bisa muncul komedo atau jerawat membandel.

Moms sebaiknya menyentuh wajah ketika membersihkan wajah, mengaplikasikan pelembap, krim, atau serum, serta saat memakai sunscreen.

Jika ingin menyentuh wajah saat memakai makeup, pastikan sudah mencuci tangan dengan sabun, ya!

Itulah beberapa informasi penting tentang kulit berminyak yang bisa Moms dapatkan.

Intinya, memiliki kulit berminyak perlu disyukuri karena punya beragam manfaat. Agar tetap terjaga kesehatannya, pastikan merawat kulit berminyak dengan cara yang tepat, ya!

  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/ca.22571
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1281456/
  • https://www.healthcentral.com/article/10-tips-for-caring-for-oily-skin
    https://www.sciencedaily.com/releases/2016/10/161003133005.htm
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait