Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
28 Juli 2021

Cari Tahu Penyebab Lidah Berjamur pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Dapat membuat bayi rewel dan menolak makan
Cari Tahu Penyebab Lidah Berjamur pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Coba Moms peratikan, apakah di mulut bayi terdapat bercak putih yang bukan karena residu ASI? Mungkin saja bercak putih itu disebabkan oleh infeksi jamur, yang salah satu tandanya berupa rongga mulut dan lidah berjamur.

Ketika bayi mengalami lidah berjamur, ia akan rewel dan menolak untuk makan atau menyusu.

Sebenarnya, kondisi ini dapat dialami siapa saja, namun rentan terjadi pada bayi karena daya tahan tubuhnya yang belum berkembang sempurna.

Infeksi jamur pada mulut dikenal dengan istilah candidiasis oral atau oral thrush, yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Tidak hanya menyerang mulut saja, tetapi juga kulit dan organ genital bayi.

Penyebab Candidiasis Oral, Lidah Berjamur pada Bayi

lidah berjamur

Foto: lidah berjamur

Foto: Nhs.uk

Baca Juga: Lidah Bayi Putih, Akibat Susu Atau Sariawan?

Mengutip what to expect, pada kondisi normal, jamur candida hidup di area mulut dan organ genital dengan jumlah sedikit.

Akan tetapi, pada kondisi tertentu keseimbangannya bisa terganggu sehingga berkembang biak dalam jumlah yang banyak. Ketika jumlah jamur candida sudah terlalu banyak, akan menyebabkan infeksi mulut berupa candidiasis oral.

Candidiasis oral biasanya ditemukan pada bayi baru lahir atau berusia di bawah 2 bulan. Adapun penyebabnya yaitu:

1. Sistem Kekebalan Belum Terbentuk Sempurna

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh masih lemah dan belum terbentuk sempurna. Kondisi ini membuat tubuhnya belum dapat melawan infeksi dengan baik, sehingga mudah terserang penyakit, termasuk candidiasis oral.

2. Kebersihan Mulut yang Buruk

Penting bagi Moms untuk selalu memerhatikan kebersihan mulut bayi setiap habis menyusu, karena kadang masih ada bekas susu yang tertinggal dalam mulut bayi.

Sisa susu yang menumpuk akan mengundang jamur berkembang biak, sehingga menyebabkan lidah berjamur dan infeksi pada mulut.

3. Mengonsumsi Antibiotik

Bayi yang lebih besar juga dapat mengalami infeksi jamur ini. Terutama mereka yang mengonsumsi antibiotik sebagai treatment untuk mengobati penyakit infeksi lain.

Mengonsumsi antibiotik berisiko mengurangi tingkat bakteri yang baik dalam tubuh, sehingga membuat jamur lebih mudah tumbuh.

4. Ditularkan dari Ibu

Melansir Raising Children, bisa saja jamur candida ditularkan oleh ibu kepada bayinya ketika proses melahirkan. Jamur candida yang ada pada vagina mungkin mengenai bayi, mengingat jamur ini sangat menular.

Selain itu, bisa ditularkan lewat payudara ibu ke mulut bayi ketika sedang menyusu, atau dari dot dan botol bayi yang tidak dibersihkan dengan benar.

Ciri-Ciri Candidiasis Oral atau Oral Thrush

lidah berjamur

Foto: lidah berjamur

Foto: Momjunction.com

Beberapa bayi mungkin tidak mengalami gangguan berarti ketika mengalami infeksi lidah berjamur. Namun ada juga yang rewel akibat rasa tidak nyaman dan sakit di mulut terutama saat sedang menyusu.

Selain itu, bayi juga akan mengalami beberapa tanda berikut:

  • Bercak-bercak putih dan kekuningan menyebar di dalam rongga mulut, seperti langit-langit mulut, bagian dalam pipi, lidah, gusi hingga tenggorokan.
  • Bercak putih tampak menebal.
  • Di bawah lesi atau bercak putih terdapat jaringan merah yang mudah berdarah.
  • Pecah-pecah dan kemerahan pada bagian ujung mulut.
  • Bercak putih terasa sakit sehingga membuat bayi rewel dan menangis.
  • Bayi menolak disusui atau makan.

Candidiasis oral yang dialami bayi berisiko ditularkan kepada ibu ketika sedang menyusu lho, Moms. Oleh karenanya, Moms juga perlu mewaspadai gejala yang mungkin dirasakan di sekitar area payudara, di antaranya:

lidah berjamur

Foto: lidah berjamur

Foto: Parentinghealthybabies.com

  • Rasa terbakar, perih, atau gatal pada puting atau sekitar area puting.
  • Rasa sakit akan berlanjut setelah selesai menyusui.
  • Puting payudara terasa lembut ketika disentuh.
  • Payudara sering terasa sakit seperti ditusuk-tusuk sesuatu. Rasa sakit itu mungkin akan menjalar melalui payudara dan terkadang ke punggung.
  • Puting payudara tampak memerah atau mengkilap.
  • Terlihat ruam putih pada puting dan area payudara, yang terkadang muncul atau bahkan tidak muncul sama sekali.

Baca Juga: Cari Tahu Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Infeksi Jamur

Cara Mengatasi Candidiasis Oral

lidah berjamur

Foto: lidah berjamur

Foto: Babycenter.com

Kondisi lidah berjamur pada bayi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu tanpa melibatkan perawatan medis.

Meski demikian sangat disarankan agar bayi yang mengalami candidiasis oral segera dibawa ke dokter, untuk diberikan pengobatan yang tepat.

Dokter mungkin akan meresepkan obat anti-jamur yang aman bagi bayi, berupa obat luar yang dioleskan pada bagian mulut dan lidah dengan spon khusus.

Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan, terutama kepada bayi yang sudah MPASI, untuk menambahkan yogurt yang mengandung lactobacillus ke dalam asupan makananya. Lactobacillus merupakan bakteri baik yang dapat membantu menghilangkan jamur dalam mulut bayi.

Baca Juga: Bau Mulut Pada Bayi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips Mencegah Penularan Infeksi Jamur Candida

lidah berjamur

Foto: lidah berjamur

Foto: Cdnparenting.com

Perlu Moms catat kalau candida merupakan jamur yang sangat mudah menular dan menyebar. Untuk itu, pastikan Moms merawat bayi sampai benar-benar sembuh.

Selain itu, perhatikan pula bagian payudara agar jamur tidak berpindah ke putih dan kembali ke mulut bayi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah bayi kembali tertular candidiasis oral.

  1. Pastikan selalu mencuci tangan, mainan, dot dan botol minum bayi.
  2. Jaga kebersihan mulut bayi dengan membersihkan lidah atau bagian mulut yang lain untuk menghilangkan sisa susu yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur.
  3. Cuci handuk, pakaian, dan bra yang mungkin terkena jamur candida.
  4. Sebaiknya cuci semua peralatan dan pakaian dengan air panas untuk menghilangkan jamur.
  5. Jika Moms menggunakan breast pump, simpan terlebih dahulu dalam lemari es sampai sebelum digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur.
  6. Ingat untuk selalu mensterilkan pompa ASI dan bagian-bagiannya setelah selesai digunakan.
  7. Pastikan payudara kering setiap habis menyusui.
  8. Hindari menggunakan bantalan menyusui sekali pakai dengan alas plastik, juga selalu ganti bantalan menyusui yang sudah basah.
  9. Perhatikan asupan gula yang Moms konsumsi, karena sebuah studi menunjukkan konsentrasi glukosa yang lebih tinggi dapat mendorong pertumbuhan candida.

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Mulut Bayi Sesuai Usia Agar Gigi Tumbuh Sehat, Catat!

Beda Candidiasis Oral dan Sariawan

lidah berjamur

Foto: lidah berjamur

Foto: Trenasia.com

Candidiasis oral sering dianggap sama dengan sariawan atau istilah medisnya stomatitis, karena keduanya sama-sama terjadi dalam rongga mulut.

Mengutip WebMD, sariawan adalah kondisi mulut meradang dan sakit, sehingga mengganggu seseorang untuk makan, bicara bahkan tidur. Ketika sariawan, muncul bintik putih, atau luka kecil pada gusi, lidah, langit-langit mulut, atau pipi bagian dalam.

Meski bukan penyakit serius, namun sariawan bisa menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang bikin anak jadi rewel atau menangis.

Sama halnya dengan candidiasis oral, sariawan disebabkan oleh jamur. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, infeksi virus seperti Herpes simplex dan cacar air, maupun karena kesalahan dalam menggosok gigi.

Ada pula sariwan yang disebabkan kurangnya asupan vitamin C, kurang mineral khususnya zink, atau karena stres.

Sariawan biasanya sembuh sendiri tanpa perlu diobati dengan obat anti-jamur, anti-bakteri ataupun anti-virus, berbeda dengan candidiasis oral yang perlu terapi anti-jamur dan didukung dengan menjaga kebersihan mulut.

Baca Juga: 13+ Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Bahan Alami, Yuk Coba!

Nah, itu dia penyebab candidiasis oral atau kondisi mulut dan lidah berjamur pada bayi, Moms!

Orang dewasa juga rentan mengalami infeksi jamur ini, terutama mereka yang memiliki sistem imun yang cenderung melemah akibat penyakit seperti kanker, diabetes dan HIV, lho Moms!

  • https://www.health.govt.nz/your-health/conditions-and-treatments/diseases-and-illnesses/thrush-when-breastfeeding
  • https://www.nhs.uk/conditions/oral-thrush-mouth-thrush/
  • https://www.webmd.com/oral-health/guide/stomatitis-causes-treatment
  • https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/stomatitis-sariawan-pada-anak