Scroll untuk melanjutkan membaca

FASHION & BEAUTY
11 Maret 2022

7+ Macam Perawatan di Salon dan Rekomendasi Tempatnya, Cocok untuk Me Time!

Ingin memanjakan diri? Kenali macam-macam perawatan di salon ini!
7+ Macam Perawatan di Salon dan Rekomendasi Tempatnya, Cocok untuk Me Time!

Industri kecantikan telah berkembang sedekemian rupa sehingga sulit melacak macam-macam perawatan di salon. Salah satunya yaitu perawatan rambut.

Jenis rambut didasarkan pada pola ikal rambut. Jumlah keriting di rambut ditentukan oleh folikel rambut. Nah, dari folikel akan menentukan rambut Moms apakah lurus, bergelombang, keriting, berliku-liku.

Menurut Journal of Experimental Dermatology, jenis rambut ditentukan oleh genetika. Nah, Moms pun bisa mengubah pola rambut ataupun perawatan rambut lewat tangan-tangan ajaib di salon.

Macam-Macam Perawatan di Salon

Rambut yang indah adalah impian semua Wanita. Nah, berikut ini macam-macam perawatan di salon terutama soal rambut:

1. Perawatan Keratin

keratin-rambut.jpg

Foto: keratin-rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Macam perawatan di salon yang pertama adalah perawatan keratin. Moms yang memiliki rambut keriting tentu mengetahui betapa sulitnya melakukan perawatan di rumah. Perawatan keratin bisa menjadi solusinya.

Bisa dibilang perawatan keratin telah menjadi perawatan smoothing yang popular selama lebih dari sepulu tahun. Hal ini dikenal untuk memberikan hasil halus yang berlangsung selama berminggu-minggu. Perawatan keratin lebih dikenal sebagai Brazilian Blowout, dan dapat mengubah rambut dari keriting menjadi halus, rambut lurus.

Perawatan ini sangat ideal untuk wanita dengan rambut keriting dan keriting yang tidak mau diam. Perawatan keratin memberikan hasil yang halus tanpa perlu setrika datar dan produk penataan rambut. Ada dua metode mengoleskan keratin ke rambut.

Perawatan penghalusan keratin dasar memberikan rambut berkilau dan halus hingga enam bulan. Di sisi lain, Brazilian Blowout memberikan solusi yang membuat batang rambut rontok dan mencegah ikal selama hampir tiga bulan sebagai kelebihannya.

Untuk kekurangannya, perawatan keratin ini mahal untuk dilakukan. Lalu sulit perawatan di rumah bagi sebagian orang karena Moms harus menunggu 3 hingga 4 hari setelah perawatan keratin untuk mencuci rambut. Jadi, jika Moms tidak bisa melewatkan cuci rambut maka perawatan ini perlu dipertimbangkan.

Yang paling penting juga perawatan keratin tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Baca Juga: Keratin Rambut: Manfaat dan Perawatan yang Bisa Dilakukan

2. Perawatan Kulit Kepala

kulit kepala gatal.jpg

Foto: kulit kepala gatal.jpg (besthealthmag.ca)

Foto: Orami Photo Stock

Macam perawatan di salon yang selanjutnya adalah perawatan kulit kepala. Orang yang mengalami kulit kepala gatal dan kering dapat meminta perawatan kulit kepala dari salon mana pun. Layanan ini bisa mengoreksi produksi minyak di kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Kelebihan dari perawatan kulit kepala dapat dilakukan untuk Moms dengan kulit kepala berminyak atau mereka yang memiliki bercak kering bersisik. Memiliki kulit kepala yang sehat diperlukan untuk memiliki rambut yang sehat.

Setelah perawatan kulit kepala, skala kulit kepala Anda akan berkurang atau bahkan bebas serpihan kulit mati. Pelunakan dan penghilangan timbangan secara manual memungkinkan kulit kepala di bawahnya dirawat dengan lebih efektif. Jenis perawatan kulit kepala ini bisa efektif dalam kasus di mana sampo dan losion kulit kepala gagal.

Kekurangannya yaitu tergantung pada kondisi dan tingkat keparahannya sehingga membutuhkan waktu untuk menjadikan kulit kepala sehat kembali.

Biasanya perawatan di dua minggu awal untuk mengatasi masalah di kulit kepala. Namun, jika terlalu banyak masalahnya maka membutuhkan waktu lebih lama.

3. Hot Oil Treatment

Tamanu oil untuk rambut

Foto: Tamanu oil untuk rambut (Freepik)

Foto: Orami Photo Stock

Perawatan rambut ini adalah salah satu yang paling populer jika Moms menginginkan kilau instan dan menutup kutikula rambut. Ini menghasilkan rambut halus yang terlihat dan terasa halus dan bergizi baik. Prosesnya biasanya memakan waktu 30 menit hingga 1 jam tergantung kondisi dan kesehatan rambut.

Hot oil treatment ini bisa diterapkan pada rambut selama sekitar 15-20 menit kemudian dibilas. Moms dengan rambut berwarna serta mereka yang memiliki rambut kering dan keriting dapat memperoleh manfaat dari perawatan rambut ini.

Kelebihan hot oil treatment ini adalah dapat mengatasi masalah ketombe, meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan rambut, kurangi kerontokan rambut, hingga mendorong pertumbuhan rambut baru menurut Healthline.

Namun, kekurangannya perlu diulang secara teratur jika ingin mempertahankan hasil, hanya bersifat sementara, minyak tertentu bisa berbau tidak menyenangkan jika dicium, memicu potensi alergi sehingga dibutuhkan test skin patch.

Baca Juga:7 Inspirasi Model Rambut Bob Polwan, Menarik dan Rapi!

4. Detok Rambut

kulit kepala.jpg

Foto: kulit kepala.jpg (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Jenis perawatan rambut ini paling baik bagi Moms yang telah menjalani berbagai jenis gaya dan perawatan rambut. Penggunaan produk yang berlebihan atau paparan bahan kimia akan meninggalkan penumpukan pada batang rambut dan memulai kerusakan rambut.

Perawatan detoks rambut membersihkan batang rambut dan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan untuk mendorong pertumbuhan rambut. Detoks rambut juga akan membersihkan rambut dan menghilangkan kotoran yang menyebabkannya kurang bersinar dan lebat.

Kekurangannya, bagi Moms yang memiliki kulit sensitif maka pertimbangkan perawatan pra-detoks seperti mengoleskan beberapa tetes minyak yang menghidrasi tetapi tidak berminyak seperti argan atau kelapa dan membiarkannya meresap semalaman. Kemudian oleskan perawatan kulit kepala seperti sampo, kerjakan dengan gerakan melingkar kecil dan bilas. Atau, cobalah scrub kering.

5. Perawatan Kelembapan

Hati-hati, Eksim Bisa Muncul di Kulit Kepala-2.jpg

Foto: Hati-hati, Eksim Bisa Muncul di Kulit Kepala-2.jpg (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Bangkitkan kembali rambut kering dan kering dengan perawatan protein kelembapan. Perawatan kelembapan berkualitas dapat memperbaiki masalah rambut yang umum seperti kurangnya kilau dan ujung bercabang.

Ini paling baik untuk rambut kering, diproses berlebihan, rusak karena panas, dan putus asa yang membutuhkan sedikit (atau banyak) cinta. Tambahkan perawatan kelembapan saat mewarnai rambut.

Baca Juga: Simak 2 Penyebab Utama Munculnya Kutu Rambut di Kepala Berikut Ini

Rekomendasi Salon untuk Perawatan

Salon-Hero.jpg

Foto: Salon-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah kenal macam-macam perawatan di salon terutama rambut, Moms pun bisa memilih beberapa rekomendasi salon di bawah ini:

6. Itje Her Hair and Beauty Salon

Salah satu salon di kawasan Jakarta Selatan yang wajib masuk dalam list adalah Itje Her Hair and Beauty Salon.

Lokasinya di Jl. Cipete Raya No.64, RT.6/RW.4, Cipete Selatan, Cilandak, RT.6/RW.4, Cipete Selatan, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kalau kamu ingin blow rambut, harganya berkisar Rp30.000 sampai Rp40.000 saja.

Sementara menicure dan pedicure dibanderol seharga Rp45.000-an. Untuk creambath, harganya berkisar dari Rp20.000 hingga Rp80.000 saja.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Halal untuk Rambut Berkilau

7. Evergreen Salon, Senopati

Ingin tampil maksimal dengan budget yang terjangkau? Kamu wajib banget kunjungi salah satu salon andalan di Jakarta Selatan ini, Evergreen Salon! Cuci dan blow variasi di Evergreen Salon hanya Rp50.000 saja.

Selain hair treatment, Evergreen Salon menawarkan treatment eyelash extension dengan hasil yang maksimal banget tapi harganya nyaman di kantong, hanya Rp150.000.

Terdapat tipe-tipe eyelash yang dapat kamu pilih, tergantung mau tampil natural atau tebal. Evergreen Salon lokasinya ada di Jalan Gunawarman, No. 35, Jakarta Selatan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kondisioner Rambut Pria, Cegah Rambut Kering dan Rusak!

8. Blow and Glow, SCBD

Ini dia salon kecantikan di Jakarta yang terletak di lokasi strategis ibu kota tepatnya di Park Residence Gandaria dan Mall Pacific Place, Blow and Glow.

Harga yang ditawarkan oleh Blow and Glow untuk treatment kecantikan seperti manicure dan pedicure terjangkau mulai dari Rp70.000.

Salon ini juga menawarkan treatment lengkap mulai dari manicure, pedicure serta foot spa.

Tidak perlu takut merogoh kocek dalam-dalam karena perawatan kecantikan lengkap ini harganya dibanderol Rp350.000 saja.

Kira-kira setelah mengenal macam-macam perawatan di salon utamanya rambut, Moms akan memilih yang mana untuk dicoba?

  • https://www.healthline.com/health/hair-detox#hair-detox-and-drug-test
  • https://www.nytimes.com/2018/07/03/t-magazine/scalp-detox-healthier-hair.html
  • https://www.beautybulletin.com/hot-oil-for-your-hair-the-pros-con-s-and-everything-in-between/
  • https://www.healthline.com/health/hot-oil-treatment-for-hair#safety-tips
  • https://www.cots-tri.co.uk/scalp-treatment-overview/
  • https://www.urbancompany.com/blog/beauty/hair-spa-benefits-and-disadvantages/
  • https://www.zoylee.com/buzz/pros-and-cons-of-hair-spa/
  • https://www.healthline.com/health/keratin-treatment-pros-and-cons#cons
  • https://www.newbeauty.com/salon-treatments-that-transform-damaged-hair/3
  • https://www.realsproject.org/different-types-of-hair-treatments-to-try/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/types-of-hair#how-we-get-our-hair
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/exd.13347
  • https://www.getspaz.com/what-services-should-you-offer-in-your-salon/
  • https://www.directlineforbusiness.co.uk/small-business-insurance/hair-and-beauty-insurance/knowledge-centre/types-of-salon