27 Desember 2019

6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu

Beberapa makanan dan minuman yang terlihat menyehatkan justru tidak disarankan ketika sedang flu.

Moms, tengok makanan dan minuman yang perlu dihindari saat flu ini.

Flu ringan sebenarnya masih bisa diobati oleh diri sendiri menggunakan bahan-bahan rumah dan diet khusus.

Karena, nutrisi dari makanan tertentu dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan gejala flu yang sudah berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Tubuh selalu membutuhkan protein meskipun sakit untuk membangun kekuatan dan menjaga yang sudah dimiliki.

Dalam hal ini Moms bisa mendapat protein dari daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, susu, telur dan biji-bijian.

FDA mengatakan orang dewasa harus makan 50 gram protein sehari (tetapi dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan kalori seseorang).

Sedangkan, wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak protein harian dari biasanya. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin B6 dan B12 juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja semestinya.

Adapun vitamin B6 yang terdapat dalam makanan tinggi protein, seperti kalkun, kacang-kacangan, kentang, bayam dan biji-bijian sereal. Daging, susu, dan ikan juga mengandung vitamin B12 yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selanjutnya, mineral seperti selenium dan seng juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Mineral ini ditemukan dalam makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, daging dan unggas.

Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan di kulit putih lembut buah jeruk seperti jeruk bali, jeruk, lemon dan limau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan banyak buah-buahan lain juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain itu, glutathione juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan infeksi. Kandungan antioksidan kuat ini bisa ditemukan dalam buah semangka merah, kangkung, brokoli dan kubis.

Adapun beberapa jenis makanan dan minuman yang seharusnya dihindari selama menderita flu. Ini dia, Moms.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Flu

1. Alkohol

1 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg
Foto: 1 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg

Foto: shutterstock.com

Ini termasuk minuman yang harus dihindari penderita flu. Orang yang menderita flu juga harus minum banyak cairan untuk meredakan gejalanya. Tetapi, hindari konsumsi alkohol sejenis anggur merah, bir dan minuman keras lain karena bisa melebarkan pembuluh darah kecil.

Minum alkohol juga bisa membuat sinus terasa sesak dan mengurangi kemampuan tubuh melawan infeksi ketika sakit flu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Anak Tertular Flu dan Batuk?

2. Susah Dicerna

2 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg
Foto: 2 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg

Foto: pixabay.com

Flu kadang-kadang menyebabkan sakit perut yang menyebabkan mual dan diare. Sehingga orang akan lebih memilih konsumsi makanan hambar seperti nasi dan pasta. Tetapi, mungkinkah perut mencernanya dengan baik?

Menurut Kacie Vavrek, RD di The Ohio State University Wexner Medical Center, makanan seperti biskuit asin kering dan roti bakar lebih baik dikonsumsi ketika terserang flu. Karena makanan tersebut lebih mudah dicerna, tidak seperti makanan tinggi serat yang harus dihindari penderita flu.

Baca Juga: Gastroesophageal Reflux alias GER Pada Bayi, Bagaimana Cara Mengobatinya?

3. Makanan dan Minuman Manis

3 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg
Foto: 3 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg

Foto: pixabay.com

Minum jus buah yang kaya vitamin C atau minuman elektrolit seringkali menjadi pilihan ketika sakit flu. Tetapi minuman ini justru tidak padat nutrisi dan tidak meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga termasuk harus dihindari penderita flu.

David Kahana, ahli gastroenterologi merekomendasikan buah-buahan yang kaya vitamin C dan air untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi, sediakan pula elektrolit dan antioksidan penting yang sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari penyebaran infeksi.

4. Minuman Berkafein

4 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg
Foto: 4 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg

Foto: pixabay.com

Dehidrasi adalah kondisi yang harus dihindari ketika suhu tubuh meningkat atau demam. Karena itu, penderita flu harus menghindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi ketika sakit karena bisa menyebabkan dehidrasi.

"Hindari kafein dan alkohol karena dapat memperburuk gejala flu. Pastikan minum air atau cairan bening lainnya agar tetap terhidrasi sepanjang hari," kata Vavrek.

5. Makanan Berminyak

5 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg
Foto: 5 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg

Foto: pixabay.com

Dokter Kahana maupun Vavrek mengatakan bahwa makanan berminyak sulit dicerna dan harus dihindari saat menghadapi gejala flu.

Baca Juga: Kenali Penyebab, Gejala dan Penanganan Flu pada Ibu Hamil

6. Susu

6 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg
Foto: 6 - 6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu.jpg

Foto: pixabay.com

Susu termasuk minuman yang memiliki banyak manfaat, tetapi bukan pilihan terbbaik di kala flu. Meskipun susu tidak menyebabkan peningkatan produksi lendir, tetapi ada bukti bahwa susu membuat dahak lebih tebal.

"Salah satu makanan umum yang harus dihindari penderita flu adalah susu, karena dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh," kata Dr. Kahana.

Nah, itulah daftar makanan dan minuman yang harus dihindari penderita flu, Moms. Jadi, jangan santap saat terkena penyakit ini, ya!

(SA)

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb