Kesehatan

KESEHATAN
29 April 2020

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Atasi Kulit Kering, Coba Sekarang!

Kulit kering tak hanya butuh perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam seperti makanan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Kulit kering bukan suatu masalah serius, tapi ini bisa menyebabkan masalah kulit lainnya seperti berjerawat.

Dalam kebanyakan kasus, ada banyak faktor yang menyebabkan kulit kering, seperti cuaca panas atau dingin, kelembapan rendah di udara dan berendam dalam air panas.

Selain faktor cuaca dan mandi air panas, keseringan berenang dan penggunaan sabun yang tidak tepat bisa menyebabkan kulit kering.

Ada banyak sabun, deterjen dan sampo yang bisa menghilangkan kelembapan kulit. Karena itu, pilihlah sabun yang tepat dan melembapkan.

Kulit kering juga bisa disebabkan masalah kulit lainnya, seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis yang rentan terhadap kulit kering.

Baca Juga: Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil, Gunakan 4 Bahan Alami Ini!

Makanan yang Bisa Mengatasi Kulit Kering

Alex Roher, MD, seorang dokter di San Diego, mengatakan vitamin A membantu dalam perbaikan kulit. Sedangkan, beta karoten memperkuat pelindung kulit, membantu melembapkan dan menambah sel-sel kulit.

Berikut ini dilansir oleh thehealthy.com, ada 5 jenis makanan yang bisa mengatasi kulit kering agar lebih sehat bersinar.

1. Umbi

Makanan untuk Atasi Kulit Kering - 1 - shutterstock.jpg

Foto: shutterstock.com

Dikutip dari Harvard School of Public Health, umbi ini tidak hanya lezat tetapi juga sangat sehat dan bagus untuk pengobatan kulit kering. Makanan berakar ini bisa memberikan nutrisi pelindung kulit, seperti vitamin A dan beta karoten.

Alex Roher, MD, seorang dokter di San Diego, mengatakan vitamin A membantu dalam perbaikan kulit. Sedangkan, beta karoten memperkuat pelindung kulit, membantu melembabkan dan menambah sel-sel kulit.

2. Alpukat

Makanan untuk Atasi Kulit Kering - 2 - shutterstock.jpg

Foto: shutterstock.com

Dikutip dari International Journal of Molecular Sciences, alpukat juga sangat bagus untuk orang yang memiliki masalah kulit kering. Karena itu, alpukat sering menjadi bahan utama masker wajah alami. Bahkan buah ini juga bagus untuk rambut dan kuku.

John Diaz, MD, pakar kesehatan kulit di Beverly Hills, California, mengatakan alpukat mengandung banyak vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal, khususnya lemak Omega-6 yang menjaga kulit tetap lembap dan mencegah kulit dari penuaan.

Baca Juga: Ketahui 5 Penyebab Kulit Kering pada Bayi

3. Timun

Makanan untuk Atasi Kulit Kering - 3 - istockphoto.jpg

Foto: istockphoto.com

Banyak orang memakai timun untuk mengurangi kantung mata. Karena, timun mengandung antioksidan dan vitamin C yang menyegarkan.

Dikutip dari Journal of Aging Research & Clinical Practice, vitamin C dalam mentimun itulah yang bagus untuk merawat kulit kering. Sebab, silika dalam kulit mentimun memelihara, menghidrasi dan mengencangkan kulit.

4. Jeruk

Makanan untuk Atasi Kulit Kering - 4 - shutterstock.jpg

Foto: shutterstock.com

Buah jeruk juga mengandung vitamin A dan C serta beta karoten yang membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan vitamin dalam jeruk juga bisa membantu mencegah diabetes tipe 2.

Dikutip dari jurnalNutrients, vitamin C dalam jeruk sangat membantu mengatasi kulit kering karena membantu meningkatkan kolagen di kulit. Sehingga kolagen ini akan membantu mengurangi munculnya keriput, mengencangkan kulit dan mempercepat proses pembangunan kembali kulit.

Vitamin C juga membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi.

5. Minyak Kelapa

Makanan untuk Atasi Kulit Kering - 5 - shutterstock.jpg

Foto: shutterstock.com

Minyak kelapa tidak hanya baik untuk mengolah masakan. Tetapi, minyak kelapa juga memiliki banyak kegunaan untuk rambut dan kuku. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, Moms bisa mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai pengganti minyak dan mentega.

Dikutip dari jurnal Hygeia, minyak kelapa juga memiliki antioksidan yang dipercaya mampu memperbaiki kulit orang dengan dermatitis atopik. Minyak kelapa ini bisa langsung dioleskan pada kulit yang kering.

Nah, itulah makanan yang baik untuk kulit kering. Moms patut mencobanya agar kulit jadi semakin lembap.

Baca Juga: Kulit Kering? Coba 5 Bahan Skincare yang Melembapkan Ini!

Artikel Terkait