Kesehatan

4 November 2020

8 Cara Mengecilkan Payudara, Bisa dengan Olahraga Lho!

Kuncinya, Moms harus mengurangi lemak di tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Perkembangan payudara terjadi sepanjang hidup perempuan. Beberapa perempuan mungkin menganggap ukuran payudara yang besar lebih baik dibanding payudara kecil.

Namun, ukuran payudara yang besar ternyata bisa datang dengan sejumlah ketidaknyamanan, termasuk sakit punggung dan leher.

Payudara terdiri dari jaringan adiposa dan kelenjar dengan reseptor hormon. Jaringan adiposa adalah jaringan lemak yang mengisi payudara, sedangkan jaringan kelenjar atau jaringan payudara bertanggung jawab untuk memproduksi susu.

Perubahan hormonal dalam tubuh dapat menyebabkan jaringan ini membesar dan payudara membesar seiring waktu. Faktor lain juga bisa berpengaruh, seperti kehamilan, kegemukan, sedang melakuka pengobatan, dan juga faktor genetik.

Perkembangan payudara adalah bagian penting dari reproduksi perempuan. Perkembangan payudara terjadi pada tahap-tahap tertentu selama kehidupan seorang perempuan: pertama sebelum lahir, sekali lagi saat pubertas, dan kemudian selama tahun-tahun setelahnya, dikutip dari Hopkins Medicine.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Perubahan juga terjadi pada payudara selama siklus menstruasi, hamil, menyusui, dan saat perempuan mencapai menopause.

Payudara mulai terbentuk saat bayi yang belum lahir masih tumbuh di dalam rahim. Ini dimulai dengan penebalan di area dada yang disebut mammary ridge atau garis susu. Saat seorang bayi perempuan lahir, puting susu dan permulaan sistem saluran susu telah terbentuk.

Hal pertama yang berkembang adalah lobus, atau subdivisi kecil jaringan payudara. Kelenjar susu berkembang selanjutnya dan terdiri dari 15 hingga 24 lobus. Kelenjar susu dipengaruhi oleh hormon yang diaktifkan saat pubertas.

Penyusutan (involusi) saluran susu adalah perubahan besar terakhir yang terjadi di jaringan payudara. Kelenjar susu perlahan mulai menyusut. Ini sering dimulai sekitar usia 35 tahun.

Moms yang memiliki ukuran payudara besar mungkin pernah berpikir bagaimana cara mengecilkan payudara yang tepat. Berikut ulasannya.

Cara Mengecilkan Payudara Secara Alami

Untuk menghindari ketidaknyamanan dan meningkatkan mobilitas, beberapa perempuan memilih operasi untuk mengurangi ukuran payudaranya.

Namun, ada cara mengecilkan payudara yang dapat coba di rumah. Apakah Moms penasaran? Simak di sini.

1. Olahraga

8 Cara Mengecilkan Payudara -1

Foto: Orami Photo Stock

Olahraga teratur ternyata dapat membantu menghilangkan lemak dada dan memperkuat otot-otot di bawah payudara untuk memperkecil ukurannya.

Karena payudara mengandung sebagian lemak, fokus pada latihan kardio berintensitas tinggi dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Namun, tergantung pada faktor kesehatan dan kebugaran, latihan kardio untuk seseorang bisa bervariasi. Moms dapat mencoba berlari, berenang, atau jalan cepat.

Latihan aerobik seperti menaiki tangga, bersepeda, dan jalan cepat juga dapat mempercepat metabolisme dan membantu menghilangkan seluruh lemak dalam tubuh.

Latihan kekuatan seperti push up juga dapat mengencangkan dada dan mengubah tampilan payudara. Push up dapat mengencangkan otot dada dan bisa juga digunakan sebagai cara untuk mengecilkan ukuran payudara.

Seperti halnya diet, olahraga dapat membantu seseorang menghilangkan lemak tubuh, yang juga dapat membantu mengurangi ukuran payudara dari waktu ke waktu.

Namun, banyak orang yang keliru mempercayai bahwa olahraga yang ditargetkan dapat membakar lemak di area tertentu.

Meskipun push up dan latihan dada lainnya akan mengencangkan otot lengan dan dada, keduanya tidak akan langsung menghilangkan lemak dari payudara itu sendiri. Kuncinya adalah membakar lemak di seluruh tubuh.

2. Diet

Apa yang dimakan tentu berperan dalam jumlah lemak yang disimpan di dalam tubuh. Lemak tubuh secara keseluruhan dapat berkontribusi pada ukuran payudara.

Payudara sebagian besar terdiri dari jaringan adiposa, atau lemak. Kehilangan lemak tubuh bisa menjadi cara mengecilkan payudara secara alami.

Menjaga keseimbangan olahraga dan pola makan yang sehat adalah salah satu cara untuk mengecilkan payudara.

Daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, dan sayuran adalah makanan yang membantu membakar lemak di luar latihan rutin.

Makan lebih sedikit makanan olahan dan permen juga akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Tentunya ini juga akan berpengaruh kepada lemak di dalam payudara.

Fokus pada makan makanan padat nutrisi yang rendah kalori. Ini dapat membantu merasa kenyang sambil tetap mendukung penurunan berat badan yang sehat selain dari olahraga.

Namun, bagi Moms yang sedang menyusui atau hamil harus berbicara dengan dokter atau bidan sebelum mencoba menurunkan berat badan. Sebab saat itu, ukuran payudara saat itu juga tidak dalam keadaan normal.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Bra yang Tepat Sesuai Bentuk Payudara

3. Teh Hijau

8 Cara Mengecilkan Payudara -3

Foto: Orami Photo Stock

Teh hijau adalah obat alami lain yang dikenal untuk menurunkan berat badan.

Teh hijau mengandung sejumlah antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak dan kalori. Tumpukkan lemak yang berkurang ini juga akan membantu mengurangi ukuran payudara.

Teh hijau memiliki khasiat obat dan juga diklaim membantu menurunkan berat badan.

Caranya, Moms bisa merebus secangkir air, matikan apinya dan tambahkan satu sendok teh teh hijau. Tutupi dengan penutup selama 2-3 menit.

Setelah disaring, tambahkan satu sendok teh madu dan diminum saat panas. Moms dapat meminum teh hijau tersebur tiga hingga empat kali sehari selama satu atau dua bulan.

Mengapa ini berhasil? Sebab, teh hijau memiliki kandungan katekin yang membantu penurunan berat badan dengan membakar kalori yang menghasilkan pengurangan lemak tubuh dan juga ukuran payudara.

4. Jahe

Teh jahe baik dikonsumsi untuk menyembuhkan batuk dan pilek, tetapi tahukah Moms bahwa teh juga dapat mempercepat laju metabolisme di dalam tubuh? Metabolisme yang baik ini tentunya akan membantu mengurangi ukuran payudara.

Mirip dengan teh hijau, jahe dapat membantu menstimulasi metabolisme dan membakar lemak berlebih di seluruh tubuh.

Meskipun Moms dapat memasukkannya ke dalam makanan sebagai bahan alami, ahli gizi merekomendasikan untuk meminumnya sebagai teh tiga kali sehari untuk mempercepat metabolisme dan meningkatkan efek penurunan berat badan.

Karena payudara sebagian besar terdiri dari jaringan lemak, pembakaran lemak secara keseluruhan juga dapat mengecilkan payudara.

5. Biji Rami

8 Cara Mengecilkan Payudara -5.jpg

Foto: healthline.com

Beberapa asam lemak, terutama asam lemak omega-3, diperlukan untuk fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan mengatur hormon. Ini juga penting dalam mengecilkan payudara karena ketidakseimbangan hormon dapat memicu pertumbuhan.

Sayangnya, tubuh tidak secara alami menghasilkan beberapa nutrisi yang dibutuhkan, salah satunya dari biji rami.

Seperti ikan salmon dan tuna, biji rami juga kaya akan asam lemak omega-3. Ini dapat membantu mengatur kadar estrogen dan pada akhirnya mengurangi ukuran payudara.

Moms bisa menambahkan biji rami ke dalam makanan atau meminumnya dengan air. Moms juga mungkin bisa menemukan susu biji rami nondairy dan pengganti telur biji rami di toko makanan kesehatan setempat.

Biji rami juga dapat membantu mengurangi kadar estrogen. Sebab, estrogen memainkan peran kunci dalam perkembangan jaringan payudara.

Jadi, melawan kelebihan estrogen bisa mengurangi ukuran payudara, terutama pada orang dengan memiliki hormon tidak seimbang.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Payudara Kendur, Bisa Dicoba!

6. Putih Telur

Cara mengecilkan payudara adalah dengan memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Menyusui, penuaan, dan penurunan berat badan dapat menyebabkan payudara kendor seiring waktu. Terkadang, hal ini bisa membuat payudara tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Meski biasanya digunakan untuk wajah, Moms bisa mencoba masker putih telur untuk mengembalikan elastisitas kulit payudara.

Caranya, kocok dua putih telur hingga membentuk busa, lalu oleskan ke payudara. Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

7. Pakaian atau Bra

8 Cara Mengecilkan Payudara -7

Foto: Orami Photo Stock

Jika pengobatan alami tidak berhasil untuk, Moms mungkin dapat mengurangi tampilan payudara dengan mengenakan pakaian yang pas.

Belilah bra yang pas dan memberikan penyangga dan penutup payudara. Selain itu, mengenakan warna yang lebih gelap dan memantau garis leher kemeja dapat mengalihkan perhatian dari payudara.

Bra memang tidak dapat mengubah ukuran payudara secara permanen, tetapi bra minimizer dapat menciptakan ilusi payudara yang lebih kecil. Bra ini mengubah bentuk payudara agar payudara terlihat lebih rata dan lebih tinggi di bagian dada.

Beberapa bra minimizer juga memiliki tali yang lebih suportif, yang dapat mengurangi nyeri punggung dan leher.

Menemukan bra yang suportif dan pas secara signifikan dapat meningkatkan tingkat kenyamanan. Hanya dengan mengganti bra juga dapat mengurangi beberapa rasa sakit yang terkait dengan payudara besar yang dimiliki.

8. Pijat Payudara

Moms juga bisa mencoba pijat sebagai salah satu cara mengecilkan payudara. Sebab, cara ini membantu sirkulasi darah yang baik dan membakar lemak di area tersebut. Selain itu, pijat payudara juga tidak memiliki efek samping dan aman untuk perempuan segala usia.

Namun, pengurangan ukuran payudara tidak terjadi dalam semalam atau dalam beberapa hari dalam metode ini. dibutuhkan waktu untuk melihat hasilnya.

Sebelum memijat, sediakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond atau krim pengurang payudara.

Mulailah dengan memijat payudara dengan jari, satu per satu, dengan minyak atau krim dalam gerakan melingkar lalu ke atas. Setelah selesai, biarkan kulit menyerap minyak atau krim.

Moms harus memijat area tersebut dua kali sehari selama setidaknya tiga bulan atau sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ketika payudara dipijat dengan benar dan dengan tangan yang kuat, jaringan lemak akan mengencangkan sehingga payudara terlihat kecil ukurannya. Ini juga membantu mengangkat payudara ibu menyusui yang kendur.

Baca Juga: 9 Tempat Deteksi Kanker Payudara di Jabodetabek

Cara Mengecilkan Payudara Setelah Melahirkan

Selama dan setelah kehamilan, payudara bisa membesar. Payudara seseorang cenderung tumbuh selama kehamilan dan tetap besar selama menyusui.

Peningkatan ukuran terutama terlihat di beberapa minggu pertama setelah melahirkan, karena suplai ASI masih belum menemukan ritmenya.

Seiring dengan produksi susu dan efek hormonal, Moms juga akan menambah lemak tubuh selama kehamilan, beberapa di antaranya disimpan di jaringan payudara.

Banyak orang yang menemukan bahwa payudaranya perlahan menyusut saat menurunkan berat badan saat hamil, dan yang lain menemukan bahwa payudara mereka tetap sedikit lebih besar setelah melahirkan.

Salah satu cara mengecilkan payudara setelah melahirkan adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Payudara yang besar dan cara duduk atau berjalan yang tidak benar hanya akan menambah penampilan payudara yang mereka. Jaga bahu ke belakang dan punggung yang lurus sesering mungkin.

Selain itu, hindari rokok. Penelitian dari National Research Institute of Tuberculosis and Lung Disease telah menunjukkan bahwa merokok secara signifikan mengurangi kemampuan kulit untuk memperbaiki kerusakan.

Regenerasi sel kulit di tubuh terhalang oleh penggunaan tembakau yang berlebihan, yang menyebabkan penuaan dini, kekeringan, dan kerutan.

Ketika pengobatan alami tidak membantu, Moms dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter tentang operasi pengecilan payudara.

Sebuah survei berskala kecil yang dilakukan pada 2012 terhadap orang-orang yang menjalani operasi pengecilan payudara menemukan, lebih dari 95 persen mengatakan puas dengan hasilnya.

Baca Juga: 5 Fakta Puting Payudara, dari Ukuran Sampai Kesehatannya

Tips Lain untuk Mengecilkan Ukuran Payudara

Sekarang Moms telah mengetahui tentang cara mengecilkan payudara secara alami. Selain itu, ada beberapa tips lain yang bisa diikuti untuk mendapatkan payudara yang kencang.

  • Hindari minum alkohol. Sebab, alkohol membantu retensi air yang dapat meningkatkan berat badan secara keseluruhan, termasuk payudara.
  • Belilah bra berkualitas baik dan ukuran yang tepat karena akan mencegah payudara kendur.
  • Jika mengalami peradangan pada payudara, berikan kompres dingin dan segera periksa ke dokter.
  • Moms harus makan setidaknya 2-3 jenis buah setiap hari. Ini akan membantu mengisi perut karena kandungan airnya tinggi daripada kalori.
  • Makan lebih banyak ikan karena memiliki lebih sedikit kalori dan juga kaya omega 3 yang membantu menurunkan berat badan.
  • Hindari terlalu banyak asupan garam, terutama saat siklus menstruasi. Hormon estrogen tinggi selama ini, dan beberapa orang bahkan menghadapi masalah retensi air yang membengkak di tubuh termasuk payudara.
  • Hindari makanan yang tinggi pati atau sudah diproses.

Setelah mencari tahu cara mengecilkan ukuran payudara, cara mana yang akan Moms pilih?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait