Kesehatan

11 Juli 2021

7 Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami

Bagaimana cara mengencangkan payudara secara efektif? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Ada beberapa cara mengencangkan payudara yang bisa dilakukan oleh wanita. Namun, hal yang perlu dipahami adalah tidak ada cara alami untuk memperbesar ukuran payudara.

Faktanya, payudara bisa sangat bervariasi pada setiap orang. Baik dalam hal ukuran, bentuk, dan warna adalah sifat-sifat yang diwariskan dari gen. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, payudara seorang wanita juga akan terus berubah.

Memang tidak ada benar-benar payudara yang bulat dan sempurna. Namun, payudara memang bisa mengendur karena beberapa faktor penyebab.

“Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kurang elastis. Proses peregangan itu cenderung semakin cepat seiring bertambahnya usia. Hal lainnya yang dapat membuat payudara kendur adalah kehamilan, obesitas, penurunan berat badan yang drastis, dan faktor lainnya,” ujar Dr. Dirk Kremer, ahli bedah plastik dari London.

Jaringan payudara sebagian besar terdiri dari sel-sel lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen yang memanjang dari tulang selangka ke ketiak dan melintasi bagian tengah dada. Kelenjar yang disebut lobulus ini menghasilkan susu yang digunakan wanita untuk memberi ASI pada bayinya.

Jadi, sangat wajar apabila bentuk asli payudara akan kehilangan elastisitas dan terkulai seiring pertambahan usia. Hal ini yang sering kali dikhawatirkan para wanita, saat bentuk payudaranya mulai mengendur.

Baca Juga: Mengetahui 9 Jenis Payudara dan Bra yang Tepat Sesuai Bentuknya

Cara Mengencangkan Payudara

Lantas, sebenarnya adakah cara mengencangkan payudara agar tidak mudah mengendur? Tentu saja ada.

Meski payudara akan mengendur seiring bertambahnya usia, tetap ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

1. Olahraga

Olahraga.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rutin berolahraga menjadi salah satu cara mengencangkan payudara yang efektif untuk dilakukan. Mengapa demikian?

“Payudara letaknya di atas otot dada, yang penting perannya untuk kekuatan dan fungsi lengan,” ungkap Brian O'Hea, kepala operasi payudara dan onkologis di Stony Brook Medicine di New York.

Menurutnya, ketika wanita banyak berolahraga dan memiliki otot dada yang sangat kuat, hal ini tidak akan mengubah struktur payudara itu sendiri, yang terbuat dari jaringan kelenjar atau lemak, bukan otot.

Oleh karena itu, Moms perlu memperkuat otot-otot dada bersama dengan otot-otot punggung, dan bahu. Tujuannya untuk membantu mengencangkan payudara sekaligus memperbaiki nada dan postur tubuh keseluruhan.

Olahraga teratur juga membantu wanita mempertahankan berat badan yang sehat dan konsisten, yang dapat mencegah perubahan bentuk payudara. Nah, apa saja jenis olahraga yang dapat dilakukan sebagai cara mengencangkan payudara?

Ini olahraga yang bisa Moms lakukan secara rutin, yaitu:

  • Push up. menargetkan kekuatan otot-otot dada. Moms dapat melakukan olahraga ini di rumah.
  • Yoga. Beberapa pose olahraga yoga dapat membantu mengencangkan payudara.
  • Dumbbell Chest Press. Latihan ini membantu mengangkat payudara yang kendur dan mengencangkan otot-otot dada bagian atas.
  • Berenang. Latihan ini akan mengangkat payudara secara alami dan membantu mengencangkan otot dada.
  • Plank. Berbagai bentuk latihan plank ternyata membantu mengencangkan otot-otot dada.
  • Chest Press Extensions. Latihan ini dapat membantu mengencangkan payudara, serta memberikan kekuatan pada otot bahu dan tangan.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

2. Menerapkan Pola Makan Kaya Antioksidan

Menerapkan Pola Makan Kaya Antioksidan.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, sejauh ini belum ada bukti kuat yang mengaitkan bahwa diet dapat menjadi cara mengencangkan payudara.

Meskipun begitu, beberapa ahli kesehatan percaya bahwa makan banyak makanan yang kaya antioksidan (seperti buah-buahan dan sayuran) dapat menjaga elastisitas kulit dari ujung rambut sampai ujung kaki, termasuk mengencangkan payudara.

Selain itu, sebaiknya Moms menghindari diet ekstrem karena dapat menyebabkan tingkat penurunan berat badan yang tidak proporsional.

“Jika kita kehilangan banyak berat badan, kulit tidak akan menarik meskipun lemak di bawahnya hilang," kata Alyssa Golas, asisten klinis profesor bedah plastik di NYU Langone Health.

Hal penting yang perlu Moms pahami, antioksidan juga membantu menjaga kesehatan payudara secara keseluruhan.

Dilansir dari jurnal BMC Cancer, suplementasi zinc pada wanita pramenopause, dan suplementasi multivitamin, beta-karoten, vitamin C, vitamin E pada wanita pascamenopause selama 10 tahun atau lebih dapat melindungi wanita dari kanker payudara.

3. Pijat Payudara dengan Minyak Zaitun

Rutin Melakukan Pijat Payudara.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengencangkan payudara selanjutnya yang bisa Moms coba, yaitu dengan memijat payudara.

Cara ini bermanfaat untuk memicu peningkatan sirkulasi pembuluh darah sehingga kulit sekitar payudara menjadi lebih kencang.

Menurut studi yang dipublikasi oleh Journal of Clinical Nursing, memijat payudara juga dapat menghilangkan stretchmark sehingga payudara Moms menjadi lebih indah. Gunakan minyak zaitun saat pijat payudara agar hasilnya lebih efektif.

Manfaat minyak zaitun untuk pijat payudara untuk mengencangkan karena minyak zaitun mengandung sumber vitamin A, C, D, dan K.

Moms juga bisa melakukan pijat payudara dengan minyak zaitun yang dipadukan dengan shea butter sebagai cara mengencangkan payudara agar hasil lebih maksimal.

Perlu Moms pahami, studi dalam International Journal of Molecular Sciences, menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin yang dioleskan pada kulit memperlambat timbulnya dan mengurangi terjadinya perkembangan kanker.

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun memberikan nutrisi bagi kesehatan kulit payudara.

Moms dapat memijat payudara selama 5 menit sebelum tidur agar kulit payudara lebih sehat, lembut, dan lembap.

Baca Juga: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun pada Wajah sebelum Tidur

4. Posisi Tidur yang Tepat

Posisi Tidur yang Tepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Adakah hubungan antara posisi tidur yang tepat dengan mengencangkan payudara?

Jika Moms belum mengetahuinya, ternyata keduanya memiliki kaitan yang erat. Posisi tidur yang salah dapat membuat payudara lebih cepat mengendur.

“Tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan payudara mengendor dari waktu ke waktu,” ucap Roshini Rajapaksa, editor medis. Hal ini dikarenakan tubuh akan menjuntai ke bawah dan ligamen-ligamennya akan menjadi melar.

“Tidur dengan posisi telentang, dengan punggung di bawah, secara mengejutkan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan,” jelas Dee Anna Glaser, profesor dermatologi di Saint Louis University.

Hal ini terjadi karena berat payudara sepenuhnya ditopang di dada dan mungkin membantu payudara Moms mempertahankan posisinya.

Baca Juga: Apakah Kebiasaan Tidur Miring Bikin Pipi dan Payudara Kendur?

5. Gunakan Sunscreen

Gunakan Sunscreen.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti antioksidan yang dapat menjaga kulit kenyal dan melar, bahan kimia berbahaya yang disebut radikal bebas dapat merusak kulit dan menimbulkan keriput.

Salah satu sumber besar radikal bebas adalah sinar matahari yang dapat memecah lapisan serat elastin kulit yang melar.

Semakin banyak paparan sinar matahari, semakin besar kerusakan radikal bebas yang akan terjadi, payudara akan lebih cepat mengendur. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

Ketika kolagen berkurang, maka hal ini bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Hal ini yang bisa mengakibatkan pengenduran payudara yang lebih cepat.

Oleh karena itu, area payudara juga memerlukan sunscreen untuk melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Ketika mengaplikasikan sunscreen pada payudara, Moms juga bisa sambil memijat payudara agar tetap terasa kencang. Nah, jadi manfaat yang bisa didapatkan langsung double, ya!

Moms dapat rutin memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih setiap hari mampu menjaga kolagen pada kulit.

6. Asupan Protein yang Cukup

Asupan Protein yang Cukup

Foto: Orami Photo Stock

Menjaga asupan protein yang cukup dapat menjadi cara mengencangkan payudara yang efektif.

Penting untuk memiliki protein dalam jumlah yang cukup untuk mengencangkan otot-otot dalam tubuh.

Pastikan untuk mengonsumsi lentil, produk susu, dan telur dalam asupan makanan sehari-hari.

Selain itu, Moms juga harus makan makanan seperti kubis, tomat, kembang kol, brokoli, dan wortel untuk mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan seperti mineral, vitamin, dan kalsium.

7. Kompres dengan Es

Kompres dengan Es.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms dapat mencoba cara alami ini yang mungkin sedikit terasa tidak nyaman dan bisa membuat sedikit kedinginan.

Cobalah kompres area payudara dengan es batu. Caranya sederhana, cukup ambil beberapa potong es batu dan pijat di sekitar payudara dengan gerakan memutar selama sekitar 1-2 menit.

Jika dilakukan secara rutin, cara ini akan membantu mengencangkan otot-otot yang ada dan juga melawan selulit di sekitar area tersebut.

Baca Juga: Sering Mengalami Payudara Nyeri Sebelah Kiri? Cek Faktanya di Sini!

Itulah beberapa cara mengencangkan payudara yang bisa Moms terapkan mulai dari sekarang. Jadi, jangan khawatir lagi dengan bentuk payudara yang mengendur karena hal tersebut dapat dicegah dengan tindakan yang tepat.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3224257/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1365-2702.2012.04087.x
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait