Jalan-jalan

13 Juli 2021

16 Makanan Khas Jambi yang Wajib Dicicipi saat Bertandang ke Jambi

Sudah pernah cobain yang mana saja, Moms?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Daftar isi artikel

Tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Jambi tanpa berwisata kuliner. Makanan khas Jambi ada beragam dan terkenal dengan cita rasa yang kuat dengan aroma yang menggugah selera.

Sama halnya dengan beberapa daerah lainnya di Sumatera, makanan khas Jambi mendapat pengaruh dari kuliner Melayu, yaitu menggunakan rempah-rempah yang banyak dan berkuah kental. Namun justru itulah yang membuat makanan Jambi banyak dicari orang, terutama mereka penyuka hidangan bercita rasa kuat.

Nah, kalau Moms dan keluarga berencana menyambangi provinsi yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera itu, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya ya!

Baca Juga: 12 Makanan Khas Medan, Dari Gurih Hingga Manis!

Ragam Makanan Khas Jambi

Berwisata kuliner di Jambi dijamin tidak akan pernah bosan karena kuliner yang ditawarkan ada banyak dan jenisnya berbeda-beda. Mulai dari gulai, soto, sate, lakso semuanya ada.

Berikut adalah ragam makanan khas Jambi yang dijamin akan bikin ketagihan saat menyantapnya. Apa saja? Simak yuk, Moms!

1. Gulai Tepek Ikan

makanan khas jambi

Foto: Kumpulanresep.com

Tepek ikan adalah makanan khas Jambi berupa perpaduan antara sagu tani dan ikan gabus atau ikan tenggiri yang direbus kemudian digulai.

Dinamakan tepek karena makanan ini dibuat dengan cara ditepek atau dipipihkan dalam bahasa Jambi. Bentuk awal tepek pipih, dan dipotong-potong berbentuk jajaran genjang. Teksturnya sangat empuk dan kenyal.

Soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Makanan khas Jambi ini rasanya lezat karena diolah dengan berbagai macam rempah pilihan.

Gulai tepek hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu, misalnya, pernikahan, kenduri, acara adat, atau acara penyambutan tamu. Jadi, makanan ini tidak dijual bebas di warung makan.

2. Tempoyak Ikan Patin

makanan khas jambi

Foto: Cookpad.com

Moms mungkin cukup familiar dengan makanan ini, karena merupakan makanan khas Jambi dan daerah-daerah di Sumatera yang berasal dari warisan leluhur Melayu. Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian. Ya, Jambi memang salah satu daerah penghasil durian.

Di Jambi, ikan patin diolah dengan tempoyak yang dicampur rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam yang menyatu.

Baca Juga: 7+ Makanan Khas Lampung yang Tidak Boleh Dilewatkan, Nikmat!

3. Nasi Gemuk

makanan khas jambi

Foto: Cookpad.com

Kalau Jakarta punya nasi uduk, Jambi punya nasi gemuk. Memasak nasi gemuk cukup mudah, beras dicampur santan, daun salam, daun jeruk dan daun pandan agar rasanya gurih dan nikmat.

Saat disajikan, sepiring nasi gemuk dilengkapi dengan teri goreng, kacang tanah gorek dan orek tempe. Kadang dilengkapi telur dengan didadar lalu diiris tipis-tipis, telur digoreng mata sapi ataupun telur rebus. Menyantapnya pun dengan emping melinjo.

Makanan khas Jambi nasi gemuk umumnya hanya tersedia pada pagi sebagai menu sarapan sebelum beraktivitas seharian.

4. Kerutup Ikan

makanan khas jambi

Foto: Cookpad.com

Buat Moms pecinta masakan berbahan dasar ikan wajib mencoba kerutup ikan khas Jambi. Bahan utama makanan ini adalah ikan air tawar berupa ikan nila, ikan mas, atau bisa menggunakan jenis ikan sesuai selera.

Ikan dicampur dengan rempah-rempah segar yang dihaluskan, lalu dibungkus dengan daun pisang. Disebut kerutup ikan karena saat menggoreng ikan yang dibungkus dengan daun pisang, akan terdengar bunyi berdetasan. Sesuai arti kerutup yaitu tiruan bunyi berdetasan seperti bunyi daun basah yang terbakar.

5. Gulai Talang

makanan khas jambi

Foto: Merahputih.com

Meski tidak sepopuler makanan khas Jambi lainnya, hidangan gulai talang tidak kalah lezat lho. Hidangan ini berbahan utama daging bebek atau daging ayam. Berbeda dengan sajian gulai lainnya, gulai talang tidak menggunakan santan dalam olahannya.

Bumbu-bumbunya pun cukup sederhana dan bisa ditemukan di dapur seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit hijau, kunyit, jahe, ketumbar dan garam. Karena tanpa santan, kuahnya berwarna sedikit kuning kecokelatan. Cocok disantap bersama nasi putih hangat.

6. Rendang Cempedak

makanan khas jambi

Foto: Facebook.com

Rendang cempedak adalah salah satu makanan khas Jambi yang berasal dari Kabupaten Kerinci. Daerah ini memang penghasil buah cempedak.

Kalau di Padang ada rendang sapi, di Jambi cempedak yang diolah menjadi rendang. Bumbu yang digunakan hampir sama dengan rendang pada umumnya. Hanya saja, waktu memasaknya lebih singkat.

Beberapa keluarga di Jambi memasak rendang cempedak dengan kayu bakar karena rasanya lebih enak dan menghasilkan aroma khas. Bisa jadi alternatif hidangan untuk Moms yang vegetarian atau tidak mengonsumsi rendang daging.

Baca Juga: 5 Varian Resep Rendang Jengkol Anti Bau dan Nikmat

7. Nasi Minyak

makanan khas jambi

Foto: Resepenyak.com

Apa di benak Moms ketika mendengar makanan khas Jambi ini? Nasi minyak adalah salah satu sajian otentik Jambi, yang biasanya dijadikan hidangan untuk acara-acara tertentu seperti akikah, khitanan, pernikahan dan hari raya.

Makanan ini berbahan dasar beras yang dimasak dengan bumbu dapur pilihan seperti bawang merah, bawang putih, jahe, merica, adas manis, kayu manis, bunga lawang, kapulaga, kembang pala, buah pada, cengkeh, garam dan gula.

Bumbu dicampur dan direbus, kemudian sari airnya digunakan untuk memasak beras, yang sebelumnya sudah diberi tambahan minyak samin dan saus tomat. Meski namanya nasi minyak, nasi minyak tidak oily dan punya aroma khas menggugah selera.

8. Daging Masak Itam

makanan khas jambi

Foto: Facebook.com

Sesuai namanya, itam yang dalam bahasa Jambi berarti hitam pekat, masakan ini memiliki kuah berwarna hitam. Hasil dari campuran bumbu yang meresap ke dalam daging.

Sekilas tampak semur, yang jadi pembeda adalah pada bumbu-bumbunya. Daging yang digunakan adalah daging sapi atau kerbau yang dipotong-potong terlebih dahulu. Selain dari bumbu, warna hitam pada makanan ini berasal dari kecap manis.

9. Sate Ikan

makanan khas jambi

Foto: Pinterest.com

Mendengar sate ikan, mungkin Moms membayangkan daging ikan yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan lidi dan dibakar.

Sate ikan khas Jambi tidak diolah dengan ditusuk dan dibakar, melainkan dengan menghaluskan daging ikan, lalu dibungkus daun pisang dan direbus.

Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan gabus karena dagingnya tebal dan empuk. Sate ikan ini biasanya banyak dijual di warung-warung makan di Jambi.

10. Soto Semurup

makanan khas jambi

Foto: Pinterest.com

Soto semurup merupakan makanan khas Jambi yang mirip dengan sajian soto pada umumnya. Yang jadi pembeda adalah soto semurup berkuah kuning dan diberi irisan dendeng batokok atau daging kering pipih yang telah dibumbui, sepotong kentang goreng, dan mi putih sohun.

Kuah kuningnya terdiri campuran bumbu-bumbu berupa bawang putih, jahe, lengkuas, cuka, kunyit, dan kaldu daging sapi. Biasanya orang-orang Jambi menyantap soto semurup dengan emping goreng, potongan telur rebus, kecap manis, cabai, dan jeruk nipis.

11. Lakso Jambi

makanan khas jambi

Foto: Pinterest.com

Lakso merupakan makanan warisan Melayu yang bisa ditemukan di Jambi dan beberapa daerah di Sumatera. Lakso menyerupai mi yang dibuat dari tepung sagu.

Ada dua jenis lakso yang sering disantap orang Jambi, yaitu lakso kuah kunyit dan lakso goreng, yang dimasak seperti mi goreng. Tekstur lakso yang tebal dan lembut, dipadukan dengan kuah berempah dan taburan bawang goreng sangat nikmat di lidah.

12. Sate Tempe Rangkayo Hitam

makanan khas jambi

Foto: Indoresep.web.id

Sate tempe adalah makanan khas Jambi yang kelihatan sederhana namun punya rasa lezat yang unik. Sesuai namanya, sate tempe rangkayo hitam berbahan dasar tempe yang direndam bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Perpaduan bumbu ini membuat tempe menjadi lebih gurih dan beraroma nikmat. Sementara warna hitamnya merupakan campuran kecap manis.

Cara membuatnya cukup simpel. Tempe dipotong kecil lalu ditusuk dengan tusuk sate dan kemudian dipanggang dengan grill pan atau alat pembakaran lainnya. Hidangan ini paling pas disantap dalam keadaan hangat lho, Moms.

13. Martabak Kari Khas Jambi

makanan khas jambi

Foto: Selerasa.com

Martabak kari sebenarnya merupakan hidangan India yang diolah sesuai dengan selera orang Indonesia. Di Jambi, banyak orang menjual martabak kari, yang kadang disantap sebagai sarapan atau camilan sore.

Martabak kari khas Jambi diolah dari adonan tepung yang di dalamnya diisi dengan daging sapi, ayam ataupun kentang untuk vegetarian, lalu digoreng sampai crispy. Kemudian disajikan dengan kuah kari yang gurih dan kaya rempah.

Baca Juga: 4 Variasi Resep Martabak Telur Mini yang Nikmat

14. Kue Padamaran

makanan khas jambi

Foto: Dapurzahra.com

Kalau ke Jambi, Moms wajib mencoba kue padamaran. Kue padamaran adalah jajanan tradisional khas Jambi yang terbuat dari campuran tepung beras, santan juga daun suji, dengan menggunakan daun pisang sebagai wadahnya. Di atasnya diberi siraman gula merah cair.

Karena bahan untuk membuatnya hampir mirip, kue padamaran sering disebut bubur sum-sum ala Jambi. Yang membedakan adalah, kue padamaran teksturnya lebih padat, berwarna hijau dan kuah gula merah digunakan di sisi bawah dan sisi atas.

15. Sambal Kweni

makanan khas jambi

Foto: Cookpad.com

Kalau Moms termasuk penyuka sambal, coba cicipi sambal yang dibuat dari mangga kweni khas Jambi. Orang Jambi menggunakan mangga kweni karena memiliki aroma harum, rasa asam yang khas dan tekstur dagingnya lembut dan padat.

Mangga kweni diserut, lalu dicampur dengan cabe yang sudah diuleg bersama gula merah, kemudian diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Sambal kweni paling cocok dijadikan sebagai pendamping santapan ikan bakar dan hidangan bakar-bakaran lainnya.

16. Rambutan Goreng

makanan khas jambi

Foto: Correcto.id

Kalau biasanya buah pisang dan nangka yang diolah menjadi hidangan keripik goreng, di Jambi banyak ditemui sajian rambutan goreng untuk dijadikan sebagai camilan dan oleh-oleh.

Buah rambutan dikupas lalu dikeringkan. Setelah benar-benar kering barulah dibaluri dengan aneka bumbu seperti tepung terigu, garam, gula dan vanili.

Lalu digoreng dalam minyak panas hingga warnanya cokelat keemasan. Rambutan goreng disebut-sebut memiliki rasa mirip kurma lho, Moms. Tertarik untuk mencicipinya?

Baca Juga: 20 Makanan Khas Nusantara dengan Filosofi Unik dan Kekinian

Nah, itu dia ragam makanan khas Jambi yang wajib cicipi kalau bertandang ke Jambi, Moms! Bagaimana, terlihat enak-enak bukan?

Menyantap kuliner Jambi yang memiliki cita rasa rempah yang kuat, paling cocok ditutup dengan menikmati sajian yang segar-segar, seperti jus pinang dan es kacang merah khas Jambi.

Semoga suatu hari nanti Moms dan keluarga punya kesempatan megunjungi Jambi dan berwisata kuliner di sana ya. Semisal sudah tidak sabar, Moms bisa mencicipi makanan khas Jambi di rumah makan Sumatera yang ada di kota tempat tinggal lho, Moms!

  • https://allindonesiatourism.com/tourism/food-beverage/local-cuisine-of-jambi
  • https://budi.kemdikbud.go.id

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait