Rupa-rupa

RUPA-RUPA
11 Mei 2020

Malam Nuzulul Quran, Ini Makna dan Amalan Baiknya

Cari tahu artinya, yuk
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak terasa, dua minggu lebih sudah seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadan ini disebut-sebut sebagai bulan yang paling mulia karena banyak hal menakjubkan yang terjadi.

Memasuki pertengahan bulan Ramadan, tentu saja umat muslim telah menanti datangnya malam Nuzulul Quran. Malam di mana Al Quran diturunkan (Nuzulul Qur'an) untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Malam Lailatul Qadar yang Jadi Harapan Muslim Sedunia, Ini Arti dan Keistimewaannya

Malam Nuzulul Quran ini selalu terjadi setiap tanggal 17 Ramadan. Di saat ini, umat muslim berlomba-lomba memperbanyak amalan baik dengan membaca Alquran untuk memperingati peristiwa yang sakral ini.

Penasaran tentang malam Nuzulul Quran lebih lanjut? Yuk kita simak, Moms.

Makna dari Malam Nuzulul Quran

malam nuzulul quran

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, malam Nuzulul Quran adalah malam di mana pertama kali kitab Suci Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan bahwa pada malam 17 bulan Ramadan, malaikat Jibril mengirimkan wahyu kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad di Gua Hira. Makanya umat muslim selalu menantikan datangnya malam ini, lalu mengisinya dengan ibadah dan amalan baik.

Malam Nuzulul Quran merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.

Baca Juga: Tubuh Lebih Bugar, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Menyusui di Bulan Ramadan

Disebut lebih baik maksudnya adalah amalan dan ibadah yang kita lakukan selama satu malam di malam Nuzulul Quran lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

Malam ini juga dianggap sebagai malam penuh berkah karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi termasuk malaikat Jibril.

Amalan di Malam Nuzulul Quran

malam nuzulul quran

Foto: pixoto.com

Dalam memperingati malam Nuzulul Quran, terdapat beberapa amalan baik yang bisa dilakukan. Amalan baik ini bisa membantu umat muslim meraih pahala pada malam Nuzulul Qur’an.

Amalan baik pertama yang bisa dilakukan tentu membaca Alquran. Umat muslim bisa rutin membaca Alquran. Akan lebih baik lagi, jika malam membaca Alquran bisa khatam atau dituntaskan selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Indah dan Penuh Makna, Ini 7 Nama Anak Perempuan Islam Menurut Alquran

Selain membaca Alquran, melaksanakan salat malam juga merupakan salah satu amalan baik yang bisa dilakukan.di malam Nuzulul Quran. Moms dan keluarga bisa melakukannya di rumah.

Kemudian membaca banyak doa juga bisa membantu. Amalan ini dapat dilakukan dengan membaca doa-doa yang ada dalam Alquran, juga bacaan doa lain yang bisa dipanjatkan. Dengan memperbanyak doa, kita bisa sekaligus mendekatkan diri pada Allah SWT dan memohon ampunan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait