Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
9 November 2020

9 Manfaat Masker Bedak Bayi yang Tak Disangka-sangka

Ternyata bedak bayi punya banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya membuat wajah menjadi lebih cerah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Dari namanya saja, kita pasti sudah tahu jika bedak bayi pasti digunakan sebagai produk perawatan bayi.

Namun, siapa sangka kalau ternyata bedak bayi juga punya segudang manfaat bagi kecantikan kulit wajah pada orang dewasa. Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai masker wajah.

Seperti apa manfaat masker bedak bayi? Cari tahu lebih lanjut informasi dan penjelasannya berikut ini, Moms.

Manfaat Masker Bedak Bayi

manfaat masker bedak bayi

Foto: Orami Photo Stock

Masker bedak bayi terkenal dan dipercaya akan efektivitasnya untuk menjaga kesehatan kulit. Biasanya masker bedak bayi juga menggunakan minyak alami sebagai pelarut seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak bunga matahari, hingga air mawar.

Hal ini tentunya akan memberikan sensasi dan efek yang berbeda-beda. Tetapi seberapa baik, buruk, aman, dan efektif banyak kegunaannya? Berikut adalah 9 manfaat masker bayi yang bisa Moms dapat.

1. Dapat Membantu Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat masker bedak bayi yang jarang diketahu adalah dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Namun, manfaat ini baru akan nampak jika Moms membuat masker menggunakan campuran minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil (EVOO).

Meski begitu, manfaat EVOO untuk mencerahkan kulit dampaknya tidak terlalu signifikan.Menggunakan masker bedak bayi dan EVOO tidak akan mengurangi melanin atau meningkatkan pengelupasan sel kulit.

Namun, masker ini dapat membantu memblokir kerusakan dan pigmentasi akibat sinar matahari sehingga dapat membantu mengurangi kemerahan dan kerutan pada kulit.

2. Melawan Bakteri pada Kulit

Manfaat masker bedak bayi selanjutnya adalah dapat memerangi dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit. Manfaat masker bedak bayi ini bida didapat jika Moms mencampurkannya dengan minyak kelapa.

Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya.

Tentunya hal sangat penting untuk kesehatan kulit, karena banyak jenis infeksi kulit termasuk jerawat, selulitis, folikulitis, dan kutu air, disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme ini.karena kandungan asam lauratnya yang membentuk hampir 50% asam lemak dalam minyak kelapa dan dapat melawan mikroorganisme berbahaya.

Meski begitu, manfaatnya tetap bisa dirasakan jika minyak kelapa digunakan sebagai bahan campuran masker bedak bayi.

Efek anti bakteri juga dimiliki oleh minyak bunga matahari yang dapat digunakan sebagai bahan masker bedak bayi.Asam linoleat dalam minyak bunga matahari membuatnya efektif untuk melindungi kulit dari bakteri dan kuman.

Hal ini dibuktikan dengan salah satu penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 dan diterbitkan dalam American Academy of Pediatrics.

Mereka melakukan pengamatan pada bayi prematur di Bangladesh dan menemukan bahwa penggunaan minyak bunga matahari secara topikal secara signifikan mengurangi kematian bayi yang disebabkan oleh infeksi yang didapat di rumah sakit, seperti sepsis.

3. Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

manfaat masker bedak bayi-2

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki tipe kulit wajah yang rentan berjerawat, menggunakan masker bedak bayi dengan campuran minyak zaitun mungkin patut dicoba. Ini adalah manfaat masker bedak bayi selanjutnya.

Selain itu, sabun yang terbuat dari minyak zaitun juga bisa menjadi pendukung untuk mengurangi jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Meskipun minyak zaitun mungkin bermanfaat bagi kulit, namun minyak zaitun kurang disarankan bagi pemilik kulit sensitif, terutama kulit berminyak atau dengan kondisi kulit seperti dermatitis.

Satu studi dari Pediatric Dermatology menemukan bahwa minyak zaitun dapat memperburuk kondisi kulit orang dewasa.

Jika Moms memiliki kulit sensitif, coba lakukan tes alergi sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Caranya, gosokkan sedikit minyak zaitun pada lengan. Jika tidak ada reaksi dalam 24 hingga 48 jam, seharusnya produk tersebut aman digunakan.

Alternatif campuran masker bedak bayi lainnya untuk mengatasi jerawat adalah minyak kelapa. Selama ini sebagian orang menganggap minyak kelapa bisa menyumbat pori-pori kulit.

Padahal, banyak penelitian yang justru menunjukkan bahwa minyak kelapa sebenarnya dapat membantu mengobati jerawat.

Karena minyak kelapa dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, minyak kelapa juga dapat membantu dalam meredakan jerawat.

Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat.

Penelitian Journal of Investigative Dermatology telah menunjukkan bahwa asam laurat yang menyumbang hampir setengah dari asam lemak dalam minyak kelapa, telah terbukti membunuh strain bakteri yang terkait dengan jerawat

Manfaat masker bedak bayi mungkin bisa bekerja untuk jenis jerawat non-inflamasi seperti jerawat merah kecil atau komedo putih.

Talc yang terkandung dalam bedak bayi bersifat komedogenik ringan, sehingga tidak cocok untuk kulit yang sangat rentan berjerawat atau saat jerawat meradang.

Baca Juga: 17 Manfaat dan Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

4. Membantu Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Selama ini bedak bayi sering kali digunakan sebagai salah satu pelengkap makeup wajah dengan tujuan agar wajah tidak mudah berminyak.

Salah satu sifat bedak bayi adalah dapat mengurangi kelembapan dan pertumbuhan bakteri, sehingga manfaat masker bedak bayi dipercaya akan membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak.

Baik atau tidaknya bedak bayi untuk kulit tergantung pada sensitivitas kulit dan masalah kulit yang sedang Moms miliki.

Mungkin masalah kulit berminyak yang berlebihan dapat diatasi dalam jangka pendek dengan menggunakan bedak yang ditaburkan langsung ke wajah.

Namun, berbeda dengan manfaat masker bedak bayi yang dapat memiliki efek lebih untuk menjaga kesehatan kulit, terutama jika dipadukan dengan minyak alami.

5. Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Sengatan Sinar Matahari atau Sunburn

manfaat masker bedak bayi-3

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker bedak bayi lainnya akan makin efektif saat menggunakan masker yang dicampur dengan air mawar. Manfaat terbesar air mawar adalah sifat anti-inflamasi yang kuat.

Senyawa ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit baik internal maupun eksternal, bahkan dapat membantu meredakan iritasi eksim atau rosacea.

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun, sehingga tidak heran jika dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Sifat antibakteri dapat membantu mengurangi jerawat. Sifat anti-inflamasi dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

6. Melindungi Wajah dari Paparan Sinar UV

Manfaat masker bedak bayi yang digunakan dengan campuran minyak zaitun pada kulit ternyata mampu membantu melindungi wajah dan menjaga pertahanan alami kulit lho, Moms.

Efeknya akan lebih bagus lagi jika setelah menggunakan masker, Moms mengoleskan minyak zaitun tipis-tipis langsung pada kulit. Langkah ini akan menghalangi sekitar 20 persen dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya.

Perawatan tersebut bisa efektif karena minyak zaitun memiliki fungsi meningkatkan protein alami kulit yang memblokir sinar matahari.

Minyak zaitun juga mengandung lemak yang disebut squalene, yakni lemak alami yang merupakan pelindung terpenting kulit. Menambahkan minyak zaitun pada masker maupun mengaplikasikannya langsung pada kulit dapat memperkuat pelindung alami ini.

Selain itu, minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat membantu menghentikan kerusakan sel. Menurut International Olive Council, minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E yang seluruhnya baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Ini 12 Manfaat Masker Kunyit, Yuk Coba!

7. Melembapkan Kulit Kering

manfaat masker bedak bayi-4

Foto: Orami Photo Stock

Selain minyak bunga matahari, efek hidrasi juga bida didapatkan dari manfaat masker bedak bayi dan minyak kelapa maupun minyak zaitun.

Selain efeknya pada jerawat dan peradangan, manfaat masker bedak bayi dan minyak kelapa pada kulit juga dapat membantu menjaga kelembapannya.

Satu studi pada pasien dengan kulit kering ringan hingga sedang membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral, sejenis minyak yang terbuat dari minyak bumi yang sering digunakan untuk merawat kulit kering.

Namun jika Moms ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Moms bisa coba manfaat masker bedak bayi dan minyak bunga matahari.

Sebuah studi kecil dilakukan Pediatric Dermatology dengan 19 sukarelawan. yang membandingkan manfaat minyak bunga matahari yang dioleskan secara topikal dengan minyak zaitun, menemukan bahwa minyak bunga matahari lebih efektif dalam meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga integritas lapisan luar kulit.

Asam linoleat minyak bunga matahari dapat membantu memelihara pelindung alami pada kulit, yakni pelapis pada kulit yang memiliki fungsi untuk mempertahankan kelembapannya secara natural.

Asam linoleat juga memiliki efek anti-inflamasi bila digunakan secara topikal, termasuk sebagai bahan campuran dalam masker bedak bayi.

Manfaat masker bedak bayi dan minyak bunga matahari yang dapat Moms dapat adalah membuat kondisi kulit kering kembali lembap.

8. Membantu Regenerasi Kulit Wajah

Manfaat masker bedak bayi yang dicampur dengan air kelopak mawar maupun minyak mawar dapat berfungsi untuk membantu regenerasi sel kulit wajah.

Air mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Satu studi menemukan bahwa antioksidan ini memiliki efek penghambatan peroksidasi lipid potensial dan hal ini memberikan perlindungan sel yang kuat sebagai hasilnya.

Air mawar sering ditemukan pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan di wajah. Salah satu alasannya karena air mawar memiliki efek anti-penuaan.

Selain menenangkan kulit yang terkena iritasi, air mawar dapat mengurangi munculnya keriput saat dioleskan sebagai manfaat masker bedak bayi.

9. Dapat Membantu Melembutkan Kulit Wajah

manfaat masker bedak bayi-5

Foto: Orami Photo Stock

Minyak kelapa terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hidrasi kulit dan hal ini sama efektifnya dengan minyak mineral. Sehingga menggunakan minyak kelapa sebagai campuran masker bedak bayi akan membantu melembutkan kulit wajah secara maksimal.

Menjaga kulit agar tetap terhidrasi dapat membantu mempertahankan fungsinya sebagai penghalang untuk mencegah masuknya bakteri, mempercepat penyembuhan bekas luka, dan menjaga integritas kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

Cara Membuat Masker Bedak Bayi

cara membuat masker bedak bayi

Foto: Orami Photo Stock

Membuat masker bedak bayi sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit. Moms hanya perlu menyiapkan wadah, bedak bayi, dan pelarutnya.

Pelarut di sini bisa disesuaikan dengan ketersediaan dan fungsi yang ingin didapatkan, seperti misalnya menggunakan minyak kelapa, minyak zitun, minyak bunga matahari, maupun air mawar.

Campurkan seluruh bahan hingga membentuk pasta. Sesuaikan takarannya dengan konsistensi yang diinginkan, yakni berupa pasta kental. Oleskan masker ke seluruh abgian wajah dan leher lalu diamkan selama 20 menit.

Selanjutnya bilas wajah menggunakan sabun berformula lembut dan juga air hangat.

Umumnya, bedak bayi tidak memiliki efek yang keras untuk kulit orang dewasa. Namun, hal ini bisa tergantung pada sensitivitas kulit kita.

Jika Moms mengalami ruam, kulit perih, atau luka pada kulit wajah, Moms perlu berhati-hati dalam mengoleskan masker ini agar tidak memperparah luka dan menimbulkan infeksi.

Artikel Terkait