Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
11 April 2021

17 Manfaat Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit dan Efek Sampingnya

Ada banyak bahan yang bisa dicampur ke pisang lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bagi seorang perempuan, perawatan wajah menjadi sebuah hal yang sangat penting. Saat kulit wajah tidak ada perawatan yang dilakukan, maka wajah akan terlihat kusam.

Banyak produk perawatan wajah yang beredar di pasaran, salah satunya adalah masker. Masker menjadi salah satu cara merawat wajah yang praktis dilakukan.

Di pasaran, banyak sekali jenis masker wajah yang bisa Moms pilih. Tapi, tidak ada salahnya kan kalau Moms bisa membuatnya sendiri di rumah?

Pisang menjadi salah satu bahan masker yang mempunyai banyak khasiat untuk kulit wajah. Apa saja sih manfaat masker pisang?

Baca Juga: 4 Masker Bengkoang di Bawah 30 Ribu untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat Masker Pisang untuk Wajah

masker pisang.jpg

Foto: healthline.com

Saat mempertimbangkan penggunaan topikal untuk pisang, salah satu bahan yang paling terkenal adalah silika, kerabat silikon.

Para peneliti mengklaim bahwa silika dalam pisang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein alami yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan halus.

Pisang mengandung nutrisi baik, beberapa di antaranya dapat membantu kesehatan kulit. Ini termasuk:

  • kalium
  • vitamin B-6
  • vitamin C
  • jejak vitamin A

Dari kandungan ini apa saja yang manfaat masker pisang untuk kulit wajah yang bisa kita dapatkan? Yuk, kita cek Moms.

1. Membantu Mengurangi Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia, kehilangan kolagen di kulit adalah hal yang wajar. Kehilangan kolagen dapat membuat kulit menjadi kurang kencang, dan dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Manfaat masker pisang diduga dapat membantu meningkatkan kolagen melalui silika, sehingga mengurangi munculnya kerutan.

2. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Pisang kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Menerapkan antioksidan pada kulit Moms dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Makanya manfaat masker pisang untuk kulit bisa membuatnya lebih bercahaya jika rutin diaplikasikan. Moms ingin dong memiliki kulit yang bercahaya juga kan?

3. Bisa Mengatasi Jerawat

Meskipun pisang tidak memiliki bahan pembasmi jerawat yang sama seperti minyak pohon teh, benzoyl peroxide, atau asam salisilat, mereka dianggap dapat membantu mengatasi jerawat dengan mengurangi peradangan pada kulit dari vitamin A.

Fenolat dalam pisang juga mengandung antimikroba untuk mengobati lesi jerawat.

Pisang dan kulitnya adalah pengobatan rumahan yang sangat baik untuk mengobati jerawat pada kulit. Moms bisa langsung mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri.

Selain itu, dapatkan manfaat masker pisang dengan tumbuk pisang, madu, dan kunyit untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan melembapkan kulit.

Cuci bersih dengan air dingin dan tepuk-tepuk wajah Moms hingga kering. Ingatlah untuk konsisten melihat hasil.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

4. Sebagai Pelembap Kulit

Manfaat masker pisang bisa melembapkan karena kaya akan potasium dan kelembapan, sehingga bisa membuat kulit kita lembut dan kenyal. Jika kulit Moms terkelupas dan kering, cukup oleskan masker wajah pisang ke wajah Moms.

Siapkan mangkuk kecil, tumbuk pisang matang dengan bagian belakang garpu, dan oleskan ke wajah, hindari area di sekitar mata dan mulut. Bilas dengan air dingin setelah 10 hingga 15 menit dan nikmati kulit Moms yang terasa lembut.

5. Mengontrol Minyak di Wajah

Jika Moms memiliki kulit berminyak dan berminyak, manfaat masker pisang sederhana dengan jus lemon dan madu bisa membantu.

Pisang adalah eksfoliator bagus yang membantu mengelupas kelebihan sebum di permukaan kulit. Bahan ini juga mengandung bahan pelembap, potasium, dan vitamin E dan C, yang semuanya mempromosikan kulit yang cerah bersinar.

Hancurkan pisang matang dengan bagian belakang garpu dan campurkan 1 sendok makan madu mentah dan 1/2 sendok teh jus lemon untuk membuat masker wajah yang menakjubkan. Bilas dengan kain basah atau air dingin.

Baca Juga: 3 Resep Smoothie Berenergi untuk Sarapan, Enak dan Bergizi

6. Efek Anti Penuaan

Manfaat masker pisang juga bisa digunakan untuk mencegah efek penuaan.

Pisang, juga dikenal sebagai botoks alami, mengandung nutrisi penangkal kerutan super yang membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan.

Ditambah dengan bahan dapur penghilang kerutan lainnya, Moms dapat menutrisi, mengelupas, dan melindungi kulit dewasa dengan lembut.

Oleskan lapisan tebal masker wajah pisang anti-penuaan yang kuat berisi satu pisang tumbuk, 1 sendok teh jus jeruk, dan 1 sendok teh yogurt kental.

7. Mencerahkan Bintik Gelap

Baik bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik penuaan, atau hanya bintik hitam yang membuat wajah kita kusam, Moms dapat menguranginya dan meratakan perubahan warna kulit secara umum dengan manfaat masker pisang yang dioleskan pada wajah setidaknya dua kali seminggu.

Menurut jurnal Discovering The Link Between Nutrition and Skin Aging, dikatakan bahwa pisang dapat mengurangi hiperpigmentasi di kulit dengan bantuan vitamin A dan C.

Manfaat masker pisang ini mampu menghilangkan bekas jerawat dan juga bintik matahari.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

8. Mengelupas Sel Kulit

Kelupas sel-sel mati di permukaan kulit dengan lembut menggunakan manfaat masker pisang dan bahan dapur ramah kulit lainnya, seperti minyak kelapa dan oatmeal.

Bahan satu ini memiliki tekstur abrasif yang akan membantu membersihkan sel-sel mati berlebih di permukaan kulit, sedangkan pisang dan santan akan menjaga oatmeal dari pengelupasan kulit yang berlebihan dan melembapkan serta menutrisi kulit.

9. Mengurangi Mata yang Bengkak

Manfaat masker pisang bisa meredakan mata bengkak. Permukaan bagian dalam kulitnya bisa mendinginkan dan mengurangi mata merah yang bengkak dan menghilangkan lingkaran di bawah mata.

  • Letakkan kulit di kelopak mata kita yang lelah dan rileks selama 10 hingga 15 menit.
  • Saat waktunya habis, keluarkan dan basuh mata Moms dengan air dingin.

Mengonsumsinya juga membantu mengurangi mata bengkak, karena buah ini kaya akan kalium dan melawan retensi cairan yang disebabkan oleh natrium.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Cara Penanganan Lutut Bengkak Berikut Ini!

10. Sebagai Sunscreen

Meskipun manfaat masker pisang tidak dapat menggantikan krim tabir surya harian Moms, pisang memang mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan alami kulit kita untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Vitamin A, C, dan E adalah yang paling terkenal.

Jenis Masker Pisang yang Bisa Dibuat di Rumah

masker wajah pisang

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui manfaat masker pisang, aAda beberapa jenis masker pisang yang bisa Moms buat sendiri di rumah. Apa saja? Yuk kita cari tahu!

11. Pisang dan Madu

Buah pisang sangat baik untuk mencerahkan kulit, sedangkan madu bisa menjaga kulit agar tidak kering. Sehingga manfaat masker pisang dicampur madu ini bisa Moms coba.

Untuk membuat masker pisang dan madu, caranya adalah Moms harus mencampurkan pisang yang sudah dihancurkan dengan 1 sdm madu, kemudian oleskan perlahan dan merata pada wajah.

Diamkan selama 15 menit agar manfaa masker pisang dan madu bisa bekerja maksimal pada wajah, lalu bilas menggunakan air hangat agar kotoran yang menyumbat pori-pori bisa keluar.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Kurangi Keriput!

12. Pisang dan Perasan Lemon

Bagi Moms yang mempunyai kulit berminyak, cocok sekali mencoba manfaat masker pisang yang satu ini.

Buah pisang dan perasan lemon sangat membantu proses pembersihan dan pengelupasan kulit.

Hancurkan pisang yang telah matang bersama perasan dari setengah buah lemon.

Kemudian, Moms bisa mengoleskannya pada wajah, diamkan selama 15 menit agar perasan lemon dan kandungan di dalam buah pisang bisa menyerap dan bekerja pada lapisan kulit, lalu bilas.

Baca Juga: 4 DIY Hair Mask Pisang untuk Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

13. Pisang dan Baking Soda

Perpaduan buah pisang dan baking soda adalah sebagai deep cleanser dan oil remover alami.

Moms hanya perlu mencampurkan ½ sdt baking soda dengan buah pisang yang sudah dihancurkan.

Oleskan pada wajah dengan merata, diamkan selama 15 menit agar menyerap, lalu bilas setelahnya. Langsung rasakan manfaat masker pisang ini ya, Moms!

14. Pisang dan Kunyit Bubuk

Manfaat masker pisang yang dicampur dengan kunyit mempunyai manfaat yang baik untuk kulit wajah kita.

Dilengkapi dengan kandungan antibakteri yang dapat membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah.

Untuk membuat masker ini, Moms bisa mencampurkan ½ sdt kunyit bubuk dengan buah pisang yang sudah dihancurkan. Oleskan masker pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Bukan Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

15. Pisang dan Avokad

Buah pisang mempunyai manfaat untuk membersihkan kotoran pada wajah. Sedangkan buah alpukat dapat membantu kulit wajah tetap lembap dan kenyal.

Moms bisa menghancurkan setengah bagian buah alpukat bersama satu buah pisang. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas untuk mendapatkan manfaat masker pisang ini.

16. Pisang dan Yoghurt Tawar

Manfaat masker pisang dan yoghurt tawar bisa membantu mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat pada wajah.

Campurkan ⅓ cangkir yoghurt dengan pisang yang telah dihancurkan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

17. Pisang dan Minyak Kelapa

Manfaat masker pisang yang dikombinasikan dengan minyak kelapa dapat membuat kulit terbebas dari jerawat. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Moms hanya perlu mencampurkan minyak kelapa hangat dan buah pisang yang telah dihancurkan.

Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah, diamkan selama setengah jam, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: Cara Membuat 11 Masker Rambut untuk Menghilangkan Ketombe dari Bahan Alami, Ampuh!

Potensi Efek Samping Masker Pisang

Meskipun manfaat masker pisang cukup banyak, Moms tetap harus waspada terhadap efek sampingnya.

Walaupun jarang terjadi, reaksi alergi terhadap jenis masker wajah pisang mungkin terjadi. Jika Moms mengetahui alergi pisang atau lateks, Moms harus menghindari masker wajah pisang sama sekali.

Alergi serbuk sari juga bisa membuat kita berisiko alergi pisang.

Tanda-tanda reaksi alergi terhadap masker wajah pisang antara lain:

Mungkin juga terjadi reaksi alergi yang parah terhadap pisang. Ini adalah kondisi yang mengancam nyawa yang dikenal sebagai anafilaksis, yang memerlukan bantuan medis darurat. Gejala berupa kesulitan bernapas, wajah bengkak, dan pingsan.

Pisang terkait dengan buah dan sayuran lain di keluarga lateks. Berhati-hatilah dengan pisang jika Moms pernah mengalami reaksi terhadap:

Baca Juga: Ketahui 10+ Manfaat Masker Charcoal untuk Kesehatan Kulit Wajah

Itulah beberapa manfaat masker pisang dan jenisnya yang bisa Moms coba sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait