Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN UMUM
11 Januari 2023

10 Manfaat Wortel untuk Mata, Cegah Mata Merah, Minus, hingga Katarak!

Mata sehat bisa diwujudkan dengan rutin mengonsumsi wortel
10 Manfaat Wortel untuk Mata, Cegah Mata Merah, Minus, hingga Katarak!

Sayuran memang punya banyak manfaat untuk tubuh, termasuk wortel. Tinggi kandungan vitamin A, manfaat wortel untuk mata tentu sudah banyak diketahui.

Studi yang dilakukan American Academy of Ophthalmology mengatakan bahwa manfaat wortel untuk mata merah memang cukup banyak.

Selain itu, ada juga manfaat lain wortel untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Simak selengkapnya apa saja manfaat wortel untuk mata dan kesehatan secara umum berikut ini, yuk!

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

Segudang Manfaat Wortel untuk Mata

Manfaat Wortel untuk Mata

Foto: Manfaat Wortel untuk Mata (Pixabay.com)

Wortel mengandung vitamin A, sehingga terkenal akan khasiatnya untuk menjaga kesehatan mata.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan beta-karoten, yaitu karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A,” jelas Taylor Michael Redmond, kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Menurutnya, vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di "sel kerucut" dan protein rodopsin terbentuk di "sel batang" di dekat bagian belakang mata.

Agar lebih jelas, berikut ini informasi lengkap mengenai manfaat wortel untuk kesehatan mata:

1. Menurunkan Risiko Mata Minus

Wortel memiliki manfaat untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh, menurut penjelasan penelitian di The American Journal of Clinical Nutrition.

Kadar air wortel berkisar antara 86-5%, dan porsi yang dapat dikonsumsi terdiri dari 10% karbohidrat.

Wortel mengandung sangat sedikit lemak, sehingga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

Wortel juga kaya akan beta-karoten yang digunakan tubuh untuk memproduksi vitamin A.

Vitamin A membantu mata mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim ke otak, sehingga memungkinkan untuk melihat lebih baik sekalipun dalam cahaya redup.

Dengan mengonsumsi wortel secara rutin dan teratur, risiko mata minus juga bisa berkurang.

Manfaat wortel untuk mata minus memungkinkan Moms tetap bisa melihat sekeliling dengan jelas tanpa bantuan kacamata atau lensa kontak.

2. Mencegah Katarak

Manfaat wortel untuk mata katarak adalah berkat senyawa lutein di dalamnya.

Lutein akan melindungi mata pada malam hari, serta mencegah indra penglihatan dari degenerasi makula serta katarak.

Wortel kaya akan beta-karoten, yaitu pigmen karotenoid yang merupakan prekursor penting dalam vitamin A.

Menurut National Institutes of Health, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Maka dari itu, konsumsi wortel secara rutin dan teratur bisa membuat mata tetap sehat serta terhindar dari risiko katarak dan/atau degenerasi makula.

3. Memperjelas Penglihatan di Malam Hari

Menurut studi dalam Community Eye Health Journal, tidak tercukupinya vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, terutama di malam hari.

Risiko kondisi tersebut bisa dihindari dengan rutin mengonsumsi wortel sebagai hidangan sehari-hari.

Kandungan vitamin dalam wortel dapat memperjelas fungsi indra penglihatan, lho, Moms.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta membantu mencegah degenerasi makula (kehilangan penglihatan) akibat usia.

Manfaat wortel untuk mata yang satu ini jangan sampai dilewatkan, ya, Moms!

4. Mengelola Gejala Rabun Jauh

Tahukah Moms akan manfaat wortel dalam mengelola gejala rabun jauh?

Selain meningkatkan kemampuan penglihatan, kandungan beta-karoten pada wortel juga mampu mengendalikan gejala rabun jauh, lho.

Mengonsumsi wortel secara rutin adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola gejala gangguan penglihatan tersebut.

Moms bisa mengonsumsi wortel mentah setelah dicuci, diolah menjadi jus, atau dicampur dan direbus bersama sup.

5. Mendukung Produksi Kolagen

Wortel juga mengandung vitamin C dan membantu menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C adalah antioksidan, yang juga berkontribusi pada produksi kolagen.

Kolagen adalah komponen kunci jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka serta menjaga kesehatan tubuh.

Mengonsumsi vitamin C saat sedang sakit juga dapat membuat penyembuhan berlangsung lebih cepat.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, Moms tidak hanya akan merasakan manfaat wortel mata, tapi juga untuk tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Benarkah Bisa Pusing Akibat Memakai Kacamata Minus yang Lebih Tinggi?

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Diketahui, manfaat wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin A dan C yang ditemukan dalam wortel berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Selain itu, wortel juga mengandung B6 untuk respons kekebalan tubuh yang lebih optimal.

Nah, kekebalan tubuh yang kuat dapat pula menurunkan risiko penyakit katarak, minus, ataupun mata merah.

7. Menurunkan Risiko Glaukoma

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak bagian belakang mata atau area yang disebut retina.

Umumnya, kondisi ini juga membuat kerusakan pada jaringan mata atau dikenal sebagai glaukoma.

Manfaat wortel untuk mata adalah rendah glikemik (GI), yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Mengontrol kadar gula darah dengan mengonsumsi sayuran wortel dapat mencegah kondisi diabetes, lho.

Dengan demikian, risiko Moms untuk terkena penyakit glaukoma juga bisa diminimalkan.

8. Mencegah Kebutaan

Wortel mengandung beta-karoten, zat yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Beta karoten merupakan nutrisi penting sebagai manfaat untuk mata katarak ataupun mata minus.

Perlu diketahui, kekurangan vitamin A yang ekstrim dapat menyebabkan kebutaan.

Adanya vitamin A dalam wortel ini dapat mencegah pembentukan katarak dan degenerasi makula.

Selain beta-karoten, wortel juga mengandung lutein atau dikenal dengan antioksidan.

Makanan kaya lutein telah ditemukan untuk meningkatkan kepadatan pigmen di makula mata.

Baca Juga: Ketahui Fungsi 12 Saraf Kranial di Otak yang Mengatur Kemampuan Pancaindra Manusia

9. Menurunkan Risiko Peradangan Mata

Wortel umumnya berwarna oranye. Namun, ternyata, ada juga wortel berwarna merah, kuning, hingga putih, lho.

Dari semua warna, wortel ungu paling banyak mengandung senyawa yang disebut anthocyanin.

Antosianin adalah karotenoid, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai antioksidan.

Selain melawan radikal bebas, senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh termasuk mata.

Pada akhirnya, manfaat wortel ini dapat mencegah infeksi atau peradangan yang terjadi di kelopak mata.

10. Mencegah Mata Merah dan Lelah

Manfaat wortel untuk mata, termasuk bisa mencegah mata merah dan mata lelah.

Banyak orang yang mengeluh mata berubah kemerahan dan tampak lelah karena kegiatan berat.

Kelelahan mata adalah kondisi umum yang terjadi saat indra penglihatan digunakan secara intens atau terlalu lama.

Hal ini bisa saja karena mengemudi jarak jauh atau menatap layar komputer dan perangkat digital lainnya.

Oleh karena itu, cegah penyakit mata dengan mengonsumsi wortel dalam jumlah cukup, ya.

Baca Juga: Astigmatisme, Gangguan Penglihatan Akibat Kelainan Bentuk Kornea

Dampak yang Terjadi pada Tubuh Jika Kekurangan Vitamin A

Mata Sehat

Foto: Mata Sehat (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan di malam hari.

Ini merupakan suatu kondisi, di mana seseorang mengalami kesulitan menyesuaikan penglihatan dengan tingkat cahaya yang rendah.

Contohnya, jika Moms pergi ke bioskop dan tidak bisa melihat apa pun yang ada di sana.

Hal ini karena mata yang telah rusak tidak bisa menghasilkan gambar yang jelas lantaran cahaya yang terlalu sedikit.

National Institutes of Health mengatakan, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Nah, menurut Centers for Disease Control and Prevention, kebutaan di malam hari tidak akan terjadi jika Moms mendapatkan cukup vitamin A.

"Vitamin A akan membantu menjaga penglihatan tetap sehat, meski tidak akan meningkatkan ketajaman penglihatan," ungkap Taylor.

Hal ini berarti bahwa mata yang sudah minus tidak dapat diperbaiki hanya dengan mengonsumsi wortel saja.

Namun, Moms bisa mencegah risiko mata minus yang mengakibatkan penggunaan kacamata atau lensa kontak dengan mengonsumsi wortel secara rutin.

Baca Juga: Waspada, Ketahui 5 Tanda-Tanda Awal Mata Katarak

Berapa Banyak Wortel yang Dibutuhkan?

Jus Wortel

Foto: Jus Wortel (Pixabay.com)

Seberapa banyak wortel yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan penglihatan di malam hari masih belum diketahui dengan jelas.

Sebagian besar penelitian melihat pada manfaat beta-karoten atau suplemen vitamin A, bukan wortel secara khusus.

Namun, sebuah penelitian acak tentang manfaat wortel pada tahun 2005 menemukan hal yang menarik.

Penelitian tersebut bilang, konsumsi sekitar 4,5 ons wortel matang selama 6 hari dalam seminggu adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin A dibandingkan cara lainnya.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa mengonsumsi wortel matang secara rutin dan teratur membantu membawa penglihatan wanita ke tingkat normal.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Mata Balita

Mengingat segudang manfaat wortel untuk mata, pastikan Moms mengonsumsi jenis sayuran ini secara rutin dan teratur, ya.

Jangan lupa juga untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat.

Dengan demikian, kesehatan mata dan tubuh Moms akan senantiasa terjaga!

  • https://www.aaojournal.org/article/S0161-6420(15)01276-2/pdf
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3142734/
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-HealthProfessional/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3936686/
  • https://www.cdc.gov/nutritionreport/pdf/4page_%202nd%20nutrition%20report_508_032912.pdf