Kesehatan

7 Agustus 2021

5 Manfaat Wortel untuk Mata, Bisa Cegah Katarak

Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa Moms sudah tahu berbagai manfaat wortel untuk mata?

Studi American Academy of Ophthalmology mengatakan memang manfaat wortel untuk mata cukup banyak, sayuran oranye ini juga baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Wortel untuk Mata

Manfaat Wortel untuk Mata

Foto: pixabay.com

Manfaat wortel untuk mata sudah banyak diketahui orang, di mana kandungan vitamin A di dalamnya dapat menjaga kesehatan mata agar lebih baik.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan beta-karoten-nya, "karotenoid" yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A,” jelas Taylor Michael Redmond, kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Menurutnya vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di "sel kerucut" dan protein rhodopsin terbentuk di "sel batang" di dekat bagian belakang mata.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

Mari simak manfaat wortel untuk mata yang perlu Moms tahu.

1. Mengandung Vitamin A

Wortel adalah sumber vitamin A yang baik. Manfaat wortel untuk mata minus adalah dapat meningkatkan penglihatan yang baik dan penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh, menurut penjelasan The American Journal of Clinical Nutrition.

Kadar air wortel berkisar antara 86–95%, dan porsi yang dapat dimakan terdiri dari sekitar 10% karbohidrat.

Wortel mengandung sangat sedikit lemak dan protein. Sehingga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh.

2. Mencegah Katarak

Manfaat wortel untuk mata katarak yakni senyawa lutein pada wortel dapat mencegah mata katarak.

Lutein akan melindungi mata pada malam hari serta melindungi mata dari degenerasi makula serta katarak.

Wortel kaya akan beta-karoten, pigmen karotenoid yang merupakan prekursor penting dalam vitamin A.

Menurut National Institutes of Health, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Maka dari itu, konsumsi wortel dapat memberikan sedikit pemulihan untuk kesehatan mata.

3. Memperjelas Penglihatan

Kandungan vitamin dalam wortel dapat memperjelas penglihatan seseorang. Manfaat wortel untuk mata ini dapat Moms raih jika rajin makan sayuran sebagai hidangan makanan.

Menurut studi dari Community Eye Health Journal, tidak mendapatkan cukup vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, terutama di malam hari.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta dapat membantu mencegah degenerasi makula (kehilangan penglihatan) sebab faktor usia.

4. Menurunkan Kolestrol

Manfaat wortel untuk mata seterusnya yakni wortel dapat menurunkan kolestrol pada tubuh untuk meningkatkan penglihatan.

Wortel kaya akan beta-karoten, yang digunakan tubuh untuk memproduksi vitamin A.

Wortel baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga untuk meningkatkan penglihatan.

Vitamin A membantu mata mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim ke otak, memungkinkan untuk melihat lebih baik dalam cahaya redup.

Jika Moms mengalami gangguan penglihatan atau masalah mata, segera kunjungi spesialis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

5. Mengandung Vitamin C

Antioksidan lain yang dmiliki wortel adalah vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada produksi kolagen.

Kolagen adalah komponen kunci jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa ahli percaya bahwa manfaat wortel untuk mata dari kandungan vitamin C dapat meningkatkan fungsi sistem penglihatan serta kekebalan tubuh saat sedang stres.

Mengonsumsi vitamin C saat sedang sakit juga dapat membuat tubuh terasa jadi lebih baik. Sehingga tidak hanya sebatas manfaat wortel mata, namun juga untuk tubuh.

Baca Juga: Benarkah Bisa Pusing Akibat Memakai Kacamata Minus yang Lebih Tinggi?

Jika Tubuh Kekurangan Vitamin A

Jika Tubuh Kekurangan Vitamin A

Foto: pixabay.com

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan di malam hari, suatu kondisi di mana orang mengalami kesulitan menyesuaikan penglihatan mereka dengan tingkat cahaya yang rendah.

Seperti jika kita pergi ke bioskop dan kita tidak bisa melihat apa-apa. Karena mata kita tidak bisa memproses sedikit cahaya yang ada di sana.

National Institutes of Health mengatakan bahwa kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Sedangkan menurut Centers for Disease Control and Prevention, kebutaan di malam hari tidak akan terjadi jika kita mendapatkan cukup vitamin A, seperti pada orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat.

"Vitamin A akan membantu menjaga penglihatan kita tetap sehat, namun tidak akan meningkatkan ketajaman penglihatan kita," tambah Taylor.

Hal ini berarti juga bahwa manfaat wortel untuk mata tidak akan mencegah kita dari menggunakan kacamata atau lensa kontak jika memang dibutuhkan.

Baca Juga: Waspada, Ketahui 5 Tanda-Tanda Awal Mata Katarak

Berapa Banyak Wortel yang Dibutuhkan?

Berapa Banyak Wortel yang Dibutuhkan?

Foto: pixabay.com

Banyaknya wortel yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan penglihatan di malam hari masih kurang jelas.

Sebagian besar penelitian sejauh ini melihat pada manfaat beta-karoten atau suplemen vitamin A, bukan wortel secara khusus.

Sebuah penelitian acak tentang manfaat wortel pada tahun 2005, menemukan bahwa konsumsi sekitar 4,5 ons wortel yang dimasak selama enam hari seminggu, menjadi pilihan yang baik dibandingkan makanan dengan kandungan vitamin A lainnya.

Seperti beras, daun bayam, dan hati kambing untuk membantu mengatasi kebutaan di malam hari pada wanita hamil.

Studi ini menemukan bahwa diet teratur wortel yang dimasak selama enam minggu membantu membawa penglihatan wanita ke tingkat normal.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Mata Balita

Itu dia Moms, fakta manfaat wortel untuk mata katarak ataupun penglihatan yang terbatas. Yuk, makan wortel mulai sekarang!

  • https://www.aaojournal.org/article/S0161-6420(15)01276-2/pdf
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3142734/
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-HealthProfessional/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3936686/
  • https://www.cdc.gov/nutritionreport/pdf/4page_%202nd%20nutrition%20report_508_032912.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait