Kesehatan

KESEHATAN
18 November 2020

Penggunaan Minyak Zaitun untuk Payudara, Dapat Mencegah Kanker

Penggunaan minyak zaitun untuk payudara ternyata memilik efek samping untuk kesehatan kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Penggunaan minyak zaitun untuk payudara memberikan efek samping yang sangat manjur dan bermanfaat bagi wanita. Minyak zaitun mengandung bahan berkhasiat untuk kesehatan payudara khususnya bagi wanita.

Antioksidan yang dimiliki minyak zaitun dipercaya ampuh untuk pencegahan kanker. Antioksidan pada minyak zaitun termasuk ke dalam golongan polyphenol.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Role of Oil in Cancer Prevention, minyak zaitun merupakan dari buah tanaman olive yang berasal dari daerah timur Mediterrania. Tanaman ini tumbuh subur di wilayah Asia Barat seperti Turki, Syria dan Libanon.

Untuk di Indonesia sendiri, penggunaan minyak zaitun dimanfaatkan untuk kosmetik, pengobatan, sabun, bahan bakar, dan minyak pijat.

Aroma herbal pada minyak zaitun memberikan efek menenangkan dan memberikan kelembutan untuk kesehatan kulit. Tidak asing kalau banyak wanita Indonesia menggunakan minyak zaitun untuk pijat relaksasi.

Efek samping penggunaan minyak zaitun untuk payudara memiliki aneka khasiat dan tentunya untuk menjaga kesehatan kulit.

Efek Samping Penggunaan Minyak Zaitun untuk Payudara

Minyak zaitun untuk payudara

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun untuk payudara memiliki efek yang bermanfaat ketika digunakan. Kesehatan payudara menjadi prioritas wanita dalam memiliki payudara yang sehat, kencang, dan proporsional.

Selain fungsi utama minyak zaitun membuat kulit menjadi lembab dan halus, minyak alami yang cukup populer ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit.

Pada perawatan rambut, minyak zaitun dapat melebatkan dan merawat rambut kering. Lalu dari kesehatan tubuh, minyak zaitun dapat memberikan kelembutan dan melembabkan kulit sepanjang hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine 2015 bahkan menyebutkan, bahwa risiko terkena kanker payudara akan turun sebanyak 68%, jika wanita melakukan diet Meditarian dan mengonsumsi extra virgin olive oil.

Baca Juga: Banyak Kegunaannya! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Manfaat Minyak Zaitun untuk Payudara

Payudara

Foto: Orami Photo Stock

Minyak zaitun untuk payudara juga bisa digunakan untuk pijat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan payudara. Mari simak segudang manfaat minyak zaitun untuk pijat payudara!

1. Kulit Payudara Lebih Sehat

Efek penggunaan minyak zaitun untuk payudara dapat menyehatkan kulit payudara.

Sebuah riset dalam International Journal of Molecular Sciences, menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin yang dioleskan pada kulit memperlambat timbulnya dan mengurangi terjadinya perkembangan kanker.

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun memberikan nutrisi bagi kesehatan kulit payudara. Moms dapat memijat payudara selama 5 menit sebelum tidur agar kulit payudara lebih sehat, lembab, dan mengkilat.

2. Mengencangkan Kulit Payudara

Tak hanya itu, efek penggunaan minyak zaitun untuk payudara juga dapat mengencangkan kulit payudara. Salah satu faktor penyebab payudara kendur adalah dengan kegiatan menyusui, diet ekstrem, dan aktivitas fisik juga bisa menyebabkan payudara menjadi kendur.

Oleh sebab itu, manfaat minyak zaitun untuk pijat payudara berikutnya adalah mengencangkan, karena minyak zaitun mengandung sumber vitamin A, C, D, dan K.Pijat dengan mengoleskannya setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun, Minyak Paling Sehat untuk Memasak

3. Menangkal Radikal Bebas

Dalam melakukan pencegahan kanker, minyak zaitun untuk payudara dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, tak heran jika salah satu manfaat minyak zaitun adalah menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan.

Moms bisa melakukan pijat payudara selama 15 menit setiap dua minggu sekali, selain itu agar manfaatnya lebih terasa kita juga bisa mengonsumsinya setiap hari, lho.

Antioksidan pada minyak zaitun mampu mengencangkan wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit.

4. Merangsang Pertumbuhan Payudara

Banyak wanita yang memiliki keluhan payudara kecil, tenang saja ya, Moms.

Efek penggunaan minyak zaitun untuk payudara juga dapat merangsang pertumbuhan payudara, lho. Moms dapat melakukan pijat payudara dengan menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan biji adas yang dapat merangsang pertumbuhan payudara.

Cara ini dapat dilakukan rutin di rumah dengan mudah. Sebelum memijat, cukup panaskan biji minyak zaitun dan biji adas hingga warna biji berubah kemerahan.

Setelah itu dinginkan dan mulai memijat gerakan memutar pada bagian payudara lebih kurang selama 10 menit.

Memang cara ini tak berlaku instan ya Moms, tapi proses yang rutin akan membuahkan hasil.

5. Memperlancar ASI

Perjuangan untuk menyusui tidaklah mudah, seringkali beberapa dari kita mengalami kendala ASI yang kurang lancar.

Jika Moms mengalami hal ini, maka lakukan pijat payudara secara rutin menggunakan minyak zaitun. Untuk merasakan manfaat minyak zaitun untuk payudara yang lebih maksimal, Moms bisa mengonsumsinya langsung.

Efek samping penggunaan minyak zaitun juga dapat memberikan manfaat bagi Ibu dan juga Si Kecil.

Terdapat sebuah studi menarik yang dilakukan di Universitas Barcelona, menunjukan bahwa jenis lemak yang terkandung dalam ASI dan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sama yakni lemak berantai tunggal.

Jadi, selain untuk memijat payudara, minyak zaitun terbukti dapat memberikan efek bagi payudara untuk melancarkan peredaran ASI.

Sedikit tips untuk Moms, untuk memperbanyak ASI dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan khasiat yang mengandung nutrisi protein, daun katu dan daun pepaya. Dipercaya ini dapat menambah cairan ASI dan Si Kecil akan terpenuhi nutrisinya.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sehat dan Halus

6. Membuat Puting Kembali Merah

Bagi Moms yang ingin tampil lebih percaya diri di depan Dads, tak ada salahnya untuk memerahkan area puting. Gunakan minyak zaitun untuk payudara untuk merasakan manfaat ini.

Kita bisa mencampurkan minyak zaitun dengan jus bawang dan kunyit, kemudian oleskan pada area puting dan diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan.

Jenis-jenis Minyak Zaitun yang Berkhasiat

minyak zaitun untuk payudara

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk payudara. Lalu, apa saja jenis-jenis minyak zaitun yang berguna?

Pastikan Moms dan Dads memilih minyak zaitun dengan kandungan berkhasiat dan terbaik ya. Dilansir dari Healthline, mulailah dengan memilih minyak zaitun yang berkualitas tinggi.

Cari botol minyak zaitun yang berwarna gelap dan terlindungi dari paparan cahaya atau sinar matahari.

Memilih minyak zaiitun dari hasil panen juga dapat menjadi pilihan terbaik yang bisa Moms coba ya.

Minyak zaitun hadir dalam aneka varian yang manfaatnya tak kalah baik dari setiap jenisnya. Perbedaan ini mengacu pada proses pengolahannya.

Misalkan minyak zaitun virgin dan extra virgin diproses secara organik dengan sistem pengepresan dingin. Sedangkan minyak zaitun herbal atau dikenal dengan refined olive oil telah melewati proses kimiawi.

1. Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil dihasilkan dari proses ekstrak atau pemerasan pertama melalui proses pendinginan. Proses ini buah zaitun tidak mengalami proses pemanasan seperti dicelup kedalam air panas, dan tanpa bahan kimia.

Biasanya, harga minyak extra virgin lebih mahal karena berasal dari buah zaitun dengan kualitas nomor satu. Kandungan vitamin dan mineralnya masih alami dan lengkap sehingga dapat dikonsumsi langsung.

Warna minyak ini biasanya kehijauan, memiliki aroma dan cita rasa yang istimewa, dengan kadar keasaman kurang dari 0.8%.

2. Virgin Olive Oil

Minyak jenis ini dihasilkan melalui proses pendinginan atau cold press.. Tingkat keasamannya lebih tinggi. Minyak zaitun jenis ini dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan salad dressing.

3. Pure Olive Oil

Minyak jenis ini merupakan minyak zaitun hasil penyulingan. Harganya lebih ekonomis dan terjangkau dibandingkan harga extra virgin namun kandungan nutrisinya lebih rendah.

Minyak zaitun jenis virgin ditambahkan untuk menambah dan memperkuat rasa. Minyak jenis ini warnanya kuning keemasan dan dapat digunakan untuk memasak, seperti campuran masakan dan menumis.

4. Extract Dan Refined Olive Oil

Walaupun dihasilkan dari perasan pertama, namun jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia untuk memperbaiki kualitasnya yang kurang bagus.

Zat kimia ditambahkan untuk menetralkan rasanya yang kuat dan kadar keasamannya yang tinggi. Untuk memperkuat rasa minyak, minyak zaitun jenis virgin ditambahkan ke dalamnya.

5. Pomace

Residu minyak zaitun yang tersisa dari proses perasan kedua tidak dibuang begitu saja tapi mampu diproses kembali. Jenis minyak zaitun ini diproses secara kimia dan ditambahkan minyak virgin untuk memperkuat rasanya. Biasa dijadikan bahan baku kosmetik, shampoo, sabun dan lainnya.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Payudara

Pijat Payudara

Foto: Orami Photo Stock

Dalam memiliki payudara yang proporsional pasti menjadi dambaan setiap wanita, ya. Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk payudara, coba terapkan cara memijat payudara dengan benar dan nyaman.

Untuk mengoleskan minyak zaitun ke kulit payudara, mulailah dengan meneteskan beberapa minyak di tangan kemudian mulai menggosok dan memijat lembut dengan kedua tangan. Lakukan gaya memutar searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Ulangi gaya ini untuk pemijatan daerah payudara. Lakukan selama lima hingga sepuluh menit setiap harinya ya.

Moms bisa menambahkan minyak jika dirasa cukup dan memberikan efek lebih menenangkan.

Penggunaan minyak zaitun pada payudara juga dapat diaplikasikan pada ibu hamil. Studi menurut National Library of Medicine menunjukkan 97,3% minyak zaitun tidak memberikan efek samping yang terjadi pada ibu dan bayi baru lahir.

Jadi Moms dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk payudara ini dengan berbagai cara untuk menjaga kesehatan kulit payudara. Minyak zaitun juga dapat dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, lho.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait