Jalan-jalan

25 Juni 2021

8 Masjid Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Masjid Istiqlal masuk dalam daftar lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketahui masjid terindah di dunia berikut ini, barang kali Moms bisa mengunjunginya suatu saat nanti.

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam, karena digunakan sebagai tempat ibadah untuk banyak orang, masjid biasanya dibuat besar dan megah.

Kemegahannya terlihat dari arsitektur dan detail interior masjid yang membuat masjid tersebut terasa nyaman digunakan beribadah.

Selain itu, beberapa bangunan masjid yang megah juga bisa membuatnya dijuluki sebagai masjid terindah.

Baca Juga: Masjid-Masjid Unik Karya Ridwan Kamil di Indonesia

Masjid Terindah di Dunia

Ada cukup banyak masjid terindah yang tersebar di beberapa negara dunia, salah satunya ada di Indonesia, lho. Yuk kita simak!

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

1 masjidil haram

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada yang meragukan Masjidil Haram sebagai masjid terbesar dan tersohor di dunia. Masjid ini merupakan tempat paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia.

Hampir setiap hari, Masjid yang berada di kota Mekah itu dipenuhi oleh jemaah dari seluruh dunia, baik yang menjalankan ibadah umrah, haji, maupun masyarakat sekitar.

Memiliki luas lebih dari 40 ribu hektar, masjid yang mengelilingi Kaabah itu mampu menampung hingga 4 juta jemaah dalam satu waktu.

Selain luas, tampilan masjid ini juga begitu megah sehingga disebut sebagai masjid terindah di dunia. Masjidil Haram memiliki ratusan pintu masuk dan menara yang menjulang tinggi.

Di dalam Masjidil Haram terdapat banyak bangunan bersejarah, seperti Kabah, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, sumur zam-zam, dan yang lainnya.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

2 masjid nabawi

Foto: Orami Photo Stock

Masjid Nabawi berada di urutan kedua masjid terbesar dan tersohor di dunia, hingga tak heran masuk dalam daftar masjid terindah. Masjid yang berlokasi di kota Madinah itu merupakan tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW.

Masjid ini sebelumnya merupakan rumah Nabi Muhammad SAW yang ditinggalinya setelah hijrah dari Mekah ke Madinah.

Bangunan masjid sebetulnya dibangun tanpa atap. Namun, demi kenyamanan para jemaah, ratusan payung hidrolik besar berbentuk cantik ditempatkan di area pelataran Masjid Nabawi.

Payung-payung tersebut akan dibuka saat cuaca sedang panas. Saat musim dingin, payung-payung buatan Jerman tersebut ditutup.

Bukan hanya membuat para jemaah tambah nyaman, payung ini juga mempercantik tampilan Masjid Nabawi dan menjadi spot foto favorit para pengunjungnya.

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Mudik Selatan yang Nyaman untuk Beribadah

3. Masjid Imam Reza, Iran

3 masjid imam reza

Foto: Orami Photo Stock

Masjid terindah ketiga di dunia adalah Masjid Imam Reza di Iran. Jika berkunjung ke Iran, jangan lupa memasukkan masjid ini ke dalam daftar kunjungan wajib.

Masjid seluas 598 ribu meter persegi itu mampu menampung hingga 700 ribu jemaah dalam sekali waktu. Tidak heran ya Moms kalau masjid ini jadi kebanggaan masyarakat Iran. Kubahnya yang berwarna toska dan emas juga jadi daya tarik tersendiri.

Bukan hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, masjid yang dibangun oleh Imam Reza pada abad ke-8 itu juga jadi tempat untuk belajar dan menyebarkan ilmu.

Di dalam kompleks masjid terdapat perpustakaan, museum, taman, tempat seminar, makam, dan Universitas Islam Razavi Ilmu.

4. Masjid Istiqlal, Indonesia

4 istiqlal

Foto: Orami Photo Stock

Kalau yang ini merupakan masjid kebanggaan orang Indonesia, Masjid Istiqlal namanya.

Meskipun terlihat biasa, masjid yang berlokasi di pusat ibu kota Jakarta itu mampu menampung hingga 200 ribu jemaah lho Moms. Tidak heran masjid ini masuk dalam daftar masjid terindah dan terbesar di dunia.

Kendati merupakan tempat ibadah umat Islam, Masjid Istiqlal ini dirancang oleh Frederich Silaban yang beragama Kristen. Ini menunjukan bahwa Masjid Istiqlal adalah simbol keberagaman umat beragama.

Masjid ini juga dibangun berhadap-hadapan dengan Gereja Katedral untuk makin mengukuhkan bahwa Islam di Indonesia adalah agama yang damai dan memiliki toleransi kuat pada pemeluk agama lainnya.

Masjid Istiqlal ini juga jadi salah satu tujuan wisata favorit para turis asing yang berkunjung ke Jakarta lho, Moms.

Baca Juga: Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Mengajak Si Kecil ke Museum

5. Masjid Hassan II, Maroko

5 masjid hassan

Foto: Orami Photo Stock

Masjid Hassan II yang berlokasi di kota Casablanca, Maroko, ini sangat istimewa. Masjid yang mampu menampung 100 ribu jemaah ini juga mendapat julukan Singgasana Tuhan di Atas Air atau Masjid Terapung Terbesar di Dunia karena berada di atas air.

Masjid yang dibangun atas keinginan Raja Hassan II itu berdiri kokoh di atas tanah reklamasi yang dulunya merupakan kawasan kumuh dekat laut.

Setengah luas bangunan masjid berada di atas Samudera Atlantik dan sisanya dibangun di atas tanjung reklamasi. Kawasan kumuh itu disulap jadi kawasan indah dan berkelas.

Michael Pinseau, seorang arsitek asal Prancis, ditunjuk untuk membuat rancangan masjid tersebut.

Dengan desain mewah dan megah, masjid tersebut konon memakan biaya hingga USD 800 juta atau lebih dari Rp 11 triliun. Masjid ini sempat menyandang predikat masjid termahal di dunia.

6. Masjid Sultan Ahmed, Turki

the blue mosque - masjid sultan ahmed istanbul turki.jpg

Foto: nusagates.com

Masjid terindah lainnya yang perlu umat Islam kunjungi, yakni Masjid Sultan Ahmed di Turki. Masjid yang dijuluki sebagai The Blue Mosque atau Masjid Biru ini dibangun di bawah pemerintahan penguasa Ottoman Ahmed I antara tahun 1609 dan 1616 dalam serangkaian kubah dan setengah kubah.

Di samping kubah yang ditata dengan indah dari kubah pusat yang megah, langit-langit masjidnya tampak berkilau dengan 20.000 ubin Iznik (Nicaea kuno) biru buatan tangan yang menampilkan bunga, pohon, dan pola abstrak yang jumlahnya lebih dari lima puluh desain berbeda. Menarik sekali, bukan?

7. Masjid Aqsunqur, Mesir

aqsunqur-mosque-cairo.jpg

Foto: tripadvisor.ca

Masjid Aqsunqur yang juga dikenal sebagai Masjid Biru atau Masjid Ibrahim Agha terletak di Kairo, Mesir, dan merupakan salah satu dari beberapa "masjid biru" di dunia.

Masjid ini dibangun oleh Syams El-Din Aqsunqur, menantu Bahari Mamluk Sultan El-Nasser Mohamed, pada tahun 1346.

Masjid Aqsunqur terletak di Tabbana Quarter di Islamic Cairo, antara Bab Zuweila dan Benteng Saladin (Benteng Kairo). Dijuluki sebagai salah satu masjid terindah karena mencerminkan gaya Ottoman yang unik, lengkap dengan ubin khas Iznik dalam bentuk pohon cemara dan tulip dalam vas.

Selain digunakan untuk beribadah, Masjid Aqsunqur juga berfungsi sebagai kompleks pemakaman, yang berisi makam pendirinya Shams ad-Din Aqsunqur, putra-putranya, seorang sejumlah anak dari sultan Bahri Mamluk an-Nasir Muhammad dan anak dari pemulih utamanya, Ibrahim Agha al-Mustahfizan.

Baca Juga: 13 Arti Mimpi Salat, Bisa Jadi Pertanda Baik!

8. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

Masjid_Omar_Ali_Saifuddien.jpg

Foto: commons.wikimedia.org

Dinobatkan sebagai situs bersejarah dan objek wisata utama di Brunei, tempat ibadah umat muslim ini terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam.

Masjid ini dinamai sesuai dengan nama sosok pemimpin Brunei, yakni Sultan Brunei ke-28 yang juga meminta pembangunannya. Pembangunan masjid Sultan Omar Ali Saifuddin selesai pada tahun 1958.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai simbol Islam Brunei sehingga tampak mendominasi cakrawala kota.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dibangun di atas laguna buatan, di tepi Sungai Brunei, di Kampung Ayer yang sangat terkenal, “desa di dalam air” milik Brunei sendiri.

Bangunan masjid memiliki menara marmer, kubah emas murni, dan halaman besar yang mencakup air mancur. Dengan dikelilingi oleh pepohonan dan taman bunga. Pengunjung dapat mengakses puncak menara dengan lift dan mereka pun dapat menikmati pemandangan kota yang indah.

Bagian dalam masjid hanya digunakan untuk salat dan memiliki jendela kaca patri, lengkungan, semi-kubah, dan kolom marmer. Sangat nyaman digunakan oleh para penganut agama Islam.

Sementara itu, para pengunjung non-Muslim dapat melihat ke dalam hanya dari dalam ambang pintu, di luar waktu salat, dengan syarat mengenakan pakaian sesuai yang telah disediakan, seperti jubah dan jilbab untuk wanita.

Masjid yang terlihat dari hampir semua tempat di Bandar Seri Begawan ini dinobatkan sebagai masjid terindah di dunia, khususnya kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

Itulah masjid terindah di dunia yang bisa jadi salah satu tujuan wisata Moms dan keluarga saat berlibur.

Bukan hanya mendapatkan pemandangan mempesona, Moms juga bisa sekalian beribadah dan belajar sejarah. Menarik bukan?

  • https://theculturetrip.com/middle-east/saudi-arabia/articles/the-worlds-10-most-beautiful-mosques/
  • https://trip101.com/article/10-of-the-most-beautiful-mosques-from-around-the-world
  • https://traveltomorrow.com/10-beautiful-mosques-in-the-world/
  • https://www.fodors.com/news/photos/15-of-the-worlds-most-beautiful-mosques
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait