Fashion & Beauty

28 April 2021

9 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

Jadikan rambut sehat berkilau dengan masker rambut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Menggunakan sampo setiap kali keramas, dan memberikan kondisioner memang akan membuat rambut bersih dan berkilau ya Moms. Tapi kok masih terasa ada yang kurang? Apakah Moms belum menggunakan masker rambut?

Jangan sampai melewatkan masker rambut, Moms. Masker rambut dapat membantu banyak sekali masalah rambut, mulai dari kering, kusam, dan mudah patah.

Bagi Moms yang memiliki rambut berminyak, pilihlah masker rambut dengan cleansing agent alias bahan pembersih untuk menghilangkan penumpukan minyak.

Sedangkan bagi Moms dengan rambut halus, gunakan masker rambut dengan formula ringan. Nah, untuk rambut kering, masker rambut dengan bahan minyak alami bisa menjadi pilihan.

Masker Rambut Lokal

Saat ini produk masker rambut pun sudah semakin banyak, termasuk dari merek dalam negeri. Mari kita simak rekomendasi masker rambut lokal asli Indonesia yang bisa membuat rambut Moms lebih sehat dan terasa lembut!

Baca Juga: 4 DIY Hair Mask Pisang untuk Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

1. Ellips Nutri Color Hair Mask (Rp9.000)

ELLIPS-HAIR-MASK-NUTRI-COLOR-20GR-70340.jpg

Rawat keindahan rambut berwarna dengan masker rambut lokal dan murah dari merk Ellips ini. Varian masker rambut yang satu ini mengandung Triple Care Formulation, formula ini mampu melawan bahan kimia dari pewarna rambut yang berbahan keras.

Dengan kandungan vitamin A,C,E, Pro vit B-5 dan jojoba oil, masker rambut ini mampu menutrisi dan merawat kelembutan rambut serta menjadikannya berkilau.

Dengan rutin menggunakan masker rambut lokal ini, kesehatan rambut akan tetap terjaga, bahkan menghadirkan kembali kilau rambut yang hilang karena pewarnaan.

2. Makarizo Salon Daily Hair Mask (Rp72.000)

Makarizo Salon Daily Hair Mask

Salah satu rekomendasi masker rambut lainnya adalah dari merk Makarizo ini. Dia akan cocok digunakan bagi Moms yang memiliki rambut kering dan mengembang karena smoothing.

Rambut yang melewati proses styling seperti smoothing tentu membutuhkan perawatan khusus. Jika dilakukan dengan rutin, Moms tidak perlu lagi melakukan perawatan ke salon.

Diformulasikan dengan Pro-Vitamin B5 dan kolagen, masker rambut lokal ini dapat melindungi dan menutrisi kutikula rambut.

Hasilnya, rambut akan selalu tampak lebih kuat, elastis dan lembut. Masker rambut ini juga mengandung mentol, sehingga dapat memberikan sensasi dingin saat digunakan.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Creambath di Salon?

3. Rudy Hadisuwarno Hair Mask (Rp50.000)

Rudy hadisuwarno hair mask

Rambut bercabang merupakan masalah umum yang sering ditemui para banyak orang. Jika tidak segera ditangani, selain rambut bercabang bertambah, rambut pastinya akan jadi mudah rontok, patah dan mengurangi kepercayaan diri.

Rekomendasi masker rambut lokal lainnya datang dari penata rambut terkenal, Rudy Hadisuwarno, dengan menghadirkan masker rambut dengan kandungan bunga matahari dan formula Active Revive Complex.

Produk ini dapat mengurangi rambut bercabang, bahkan melindungi rambut dari kekeringan agar rambut tetap sehat, kuat dan berkilau.

4. Natur Hair Mask Ginseng Extract (Rp10.000)

NATUR-HAIR-MASK-GINGSENG-15-ML-73555.jpg

Sebelumnya, produk rambut merk Natur ini terkenal karena produk samponya. Kini, varian lainnya yakni masker rambut juga sangat direkomendasikan karena diklaim mengandung ekstrak Ginseng dan Olive Oil.

Keduanya mampu menutrisi dan merawat kekuatan rambut yang sebelumnya telah rusak, bercabang dan mudah patah.

Selain itu, produk masker rambut lokal ini juga dipercaya dapat menjadikan rambut lebih kuat, halus, lembut, dan mudah diatur.

5. Mustika Ratu Hair Mask Cem-Ceman Akar Wangi (Rp26.000)

masker-rambut-lokal-mustika-ratu.jpg

Mustika Ratu Hair Mask Cem-Ceman Akar Wangi dipercaya memiliki khasiat membantu menghilangkan ketombe dan merawat kekuatan akar rambut. Wanginya yang natural juga menyegarkan.

Selain itu, produk masker rambut lokal ini juga dapat menjadikan rambut tetap sehat dan mudah diatur, merawat rambut hingga tetap sehat, subur, dan mudah diatur.

Baca Juga: Benarkah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) Pada Sampo Menyebabkan Rambut Rontok?

6. Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask (Rp180.000)

sensatia-botanical-masker-rambut-lokal.jpg

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask merupakan perawatan intensif untuk rambut dan kulit kepala, yang terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan nutrisi.

Produk masker rambut lokal ini diklaim mengandung minyak argan yang kaya akan fitonutrien dan vitamin yang dapat mencegah kerusakan dan kerontokan.

Selain itu, tamarin juga sering digunakan sebagai alternatif alami untuk merawat kulit kepala berminyak dan merangsang pertumbuhan rambut.

7. Cultusia Hair Mask (Rp49.000)

Cultusia-hair-mask

Cultusia merupakan merek hair mask dari Indonesia yang terdiri dari beragam varian, seperti Cultusia Hair Mask Chocolate dengan ekstrak coklat memberikan efek menenangkan pada kulit kepala, mengurangi stress. Rambut lebih sehat, indah dan berkilau.

Varian lainnya, yaitu Cultusia Hair Mask Olive Oil yang mengandung Olive Oil membantu merawat kelembutan rambut Rambut pun tetap sehat terawat dan tampak indah berkilau.

Dan yang terakhir, Cultusia juga menyediakan varian Cultusia Hair Mask Fruit yang memberikan kesegaran dengan aroma Blueberry dan ekstrak susu yang menjaga rambut tetap sehat terawat dan tampak indah berkilau.

Baca Juga: 23 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami

8. The Bath Box Mimosa Masque (Rp219.000)

masker rambut lokal-the bath box

The Bath Box Mimosa Masque menjadi produk perawatan rambut merek lokal lainnya yang dapat dicoba.

The Bath Box menawarkan krim perawatan rambut yang kaya akan nutrisi yang berasal dari kombinasi vegetable protein, squalane, olive oil, jojoba oil, dan vitamin E untuk menguatkan rambut, memperbaiki serta mencegah kerusakan rambut akibat hair styling process. Cocok bagi wanita yang cukup aktif mengubah gaya atau warna rambutnya.

9. NR Kur Hydrosilk Hair Mask (Rp8.000)

NR-kur-hair-mask

Produk perawatan rambut terakhir asli Indonesia ialah NR Kur Hydrosilk Hair Mask. Produk ini dapat digunakan untuk perawatan rambut kering dan rusak akibat sinar matahari, proses kimia seperti smoothing, rebonding, curling, penggunaan hair dryer atau alat styling rambut lainnya.

NR Kur Hydrosilk Hair Mask hadir dengan formula dari Argan oil yang mengandung vitamin E dan Omega untuk menjaga kelembaban rambut, memberikan nutrisi untuk mempertahankan kesehatan rambut, sehingga rambut terasa lebih lembut, halus dan tampak berkilau alami serta mudah diatur.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Rambut, Dari yang Ikal Hingga Ketombean

Tips Menggunakan Masker Rambut

Tips Menggunakan Masker Rambut

Foto: Orami Photo Stock

Setelah menentukan pilihan masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut, Moms mungkin perlu mengikuti tips menggunakan masker rambut agar hasilnya maksimal.

Berikut langkah-langkah menggunakan masker rambut setelah menyiapkan masker rambut yang bisa Moms terapkan, dilansir dari Healthline.

  • Lindungi pakaian dengan meletakkan handuk bekas di bahu atau kenakanlah kaus lama saja
  • Jika rambut Moms panjang atau tebal, bagilah rambut menjadi beberapa bagian dengan jepit rambut untuk memudahkan pengaplikasian masker rambut
  • Pengaplikasikan masker rambut bisa dilakukan dengan jari atau menggunakan kuas kecil
  • Jika rambut Moms kering, mulailah aplikasi masker rambut di dekat kulit kepala dan lanjutkan ke ujungnya
  • Jika Moms ingin mengoleskan masker rambut untuk mengatasi ketombe, mulailah dari kulit kepala
  • Jika rambut Moms berminyak, mulailah mengaplikasikan masker rambut di bagian tengah batang dan lanjutkan ke ujungnya
  • Setelah selesai mengoleskan masker, sisir dengan gigi lebar ke seluruh rambut untuk membantu memastikan masker menyebar secara merata
  • Tutupi rambut dengan topi mandi atau bungkus plastik. Kemudian balut kepala dengan handuk. Ini akan membantu melindungi masker rambut agar tidak menetes, tetapi juga membantu menambah panas, yang dapat membantu bahan-bahannya terserap ke dalam rambut.
  • Biarkan masker setidaknya selama 20 hingga 30 menit. Tergantung bahannya, beberapa masker bisa dibiarkan selama berjam-jam atau bahkan semalaman.
  • Bilas bersih dengan air hangat atau dingin. Hindari air panas. Air yang lebih dingin dapat membantu menutup kutikula rambut dan membantu rambut dalam mempertahankan kelembapan
  • Moms mungkin memerlukan dua kali pembilasan atau lebih untuk menghilangkan masker rambut sepenuhnya. Moms dapat mengeringkan rambut dengan handuk kering atau memanaskan rambut dengan hair dryer agar cepat kering.

Selain itu, bagi Moms yang memiliki rambut kering, kusut, atau rusak, bisa menggunakan masker rambut seminggu sekali. Namun, jika rambut Moms cenderung lebih berminyak, cobalah gunakan masker rambut setiap beberapa minggu sekali.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait