2-3 tahun

25 Oktober 2021

Anak Menelan Pasta Gigi saat Menyikat Gigi, Berbahayakah?

Simak penjelasannya yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Adeline Wahyu

Menurut jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, menyikat gigi anak dianjurkan saat gigi pertama anak erupsi, setidaknya berusia 6 bulan, dan kunjungan gigi pertama harus dilakukan selambat-lambatnya saat usia anak menginjak 1 tahun.

Namun saat anak belajar menyikat gigi, seringkali ketakutan orang tua adalah jika anak menelan pasta gigi. Apalagi karena rasa pasta gigi anak yang manis seringkali membuat Si Kecil penasaran untuk menelannya.

Sebenarnya, apakah aman jika anak menelan pasta gigi? Adakah efek buruk bagi tubuh Si Kecil?

Baca Juga: Ulkus Dekubitus pada Gigi Anak, Apa Itu? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Berbahayakah Anak Menelan Pasta Gigi saat Menyikat Gigi?

shutterstock 107382056

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mengusir kekhawatiran, Moms bisa memilih PUREKIDS Toothpaste untuk Si Kecil.

Produk pasta gigi anak PUREKIDS Toothpaste ini diformulasikan khusus Tanpa detergent SLS (Sodium Lauryl Sulfat) dan formulanya setara dengan makanan (Food Grade) sehingga tidak apa apa jika tidak sengaja tertelan oleh si kecil khususnya anak yang belum bisa berkumur dengan baik.

Tidak hanya itu Moms, PUREKIDS Toothpaste juga tidak mengandung pemanis & pewarna buatan dan sudah dilengkapi dengan xylitol sebagai pemanis alami yang berasal dari Beech Trees di Finlandia yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi dan mencegah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penumpukan bakteri gingivitis.

Si Kecil juga akan semakin rajin menyikat gigi, karena PUREKIDS Toothpaste memiliki rasa buah pisang dan stroberi yang disukai anak karena rasa manisnya pas, tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit.

Semua kandungan dalam pasta gigi anak ini dijamin bisa membantu menjaga kesehatan gigi Si Kecil semakin maksimal. PUREKIDS Toothpaste diproduksi di Industri Farmasi sehingga setiap tahapan produksinya melalui quality control standard farmasi.

Baca Juga: Sakit Gigi pada Anak: Penyebab, Risiko, dan Cara Mengatasinya

Hal yang Harus Diperhatikan ketika Anak Menyikat Gigi

shutterstock 613682219

Foto: Orami Photo Stock

Memang sejak dini Moms harus memberitahu dan mengingatkan ke anak bahwa pasta gigi bukanlah makanan yang ia telan. Namun Moms jangan panik jika Si Kecil menelan pasta gigi saat ia menggosok gigi.

Drg. Nada mengatakan, dibandingkan khawatir dengan pasta gigi yang tertelan oleh anak, ada hal yang lebih penting yang harus diperhatikan saat anak menggosok gigi, yakni kualitas air untuk berkumur.

“Saat ia sikat gigi dan menelan pasta gigi, kan tidak hanya pasta gigi aja yang tertelan, tapi juga air kumur. Yang saya dikhawatirkan adalah jika ia menelan air mentah,” jelas drg. Nada.

Jika Si Kecil menelan air mentah, tentunya akan berbahaya untuk kesehatannya. Anak bisa saja mengalami masalah pencernaan seperti diare.

Baca Juga: Pasta Gigi Anak yang Tepat Bantu Jaga Oral Hygiene Si Kecil saat Pandemi

Oleh karena itu, Moms diingatkan untuk selalu menggunakan air matang untuk berkumur-kumur saat menggosok gigi.

Jadi, Moms jangan khawatir ya jika Si Kecil menelan pasta gigi. Selama yang tertelan hanya sedikit, masih aman kok untuk tubuh anak.

(ADV)

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6400578/
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/toothbrushing-children
Produk Rekomendasi

Tools untuk si Kecil

Baby Name Finder

placeholder

Growth Tracker

placeholder

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait