3-5 tahun

3-5 TAHUN
15 Maret 2020

5 Tips Mengatasi Anak Mabuk saat Naik Mobil, Yuk Coba!

Cara mengatasi anak mabuk saat naik mobil tidak harus dengan menyuruhnya minum obat antimabuk
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bepergian jarak dekat atau jauh naik mobil bisa jadi momen seru bagi keluarga. Agar momen tersebut dapat dinikmati oleh anak, termasuk yang biasanya mabuk di perjalanan, Moms perlu mengetahui cara-cara mengatasi anak mabuk saat naik mobil.

Mabuk saat naik mobil memang lebih banyak terjadi pada anak ketimbang orang dewasa. Dikutip dari situs Today, Dr. Kevin Dahlman, dokter spesialis anak dan direktur medis di Aurora Children’s Health di Whitefish Bay di Wisconsin mengatakan, mabuk saat naik mobil umumnya mulai terjadi pada anak sejak usia 2 tahun.

Mual, pusing, dan muntah bisa terjadi ketika otak anak menerima pesan yang saling bertentangan. “Bagian dalam telinga, yang bertugas mengatur keseimbangan, dan mata, yang melihat gerakan, tidak kompak dengan apa yang anak rasakan,” terang dokter Dahlman.

Menurut Healthy Children, Claire McCarthy, MD, FAAP, dokter spesialis anak di Boston Children's Hospital mengatakan anak mabuk saat naik mobil merupakan masalah yang lazim terjadi.

Para ahli tidak bisa menjelaskan secara pasti mengapa ada orang yang mengalami masalah mabuk saat naik mobil dan ada yang baik-baik saja.

Baca Juga: Mabuk Perjalanan, Ini Penyebab dan Faktor Risikonya

Cara Mengatasi Anak Mabuk saat Naik Mobil

Meski terdapat sejumlah cara untuk mengatasi anak mabuk saat naik mobil, namun, menurut dokter McCarthy tidak ada solusi simpel untuk menyetop masalah tersebut terulang kembali.

Namun, Moms dapat melakukan langkah-langkah yang membantu anak agar tidak mabuk di mobil.

Berikut beberapa tips mengatasi anak mabuk saat naik mobil yang bisa Moms coba:

1. Duduk di Depan

mother_and_son_car-1200x628-facebook.jpg

Foto: Healthline

Entah mengapa, duduk di deretan depan mobil lebih nyaman bagi anak yang suka mabuk dibandingkan di deretan belakang. Semakin ke belakang posisi duduk anak, biasanya ia jadi lebih mudah mabuk.

2. Duduk di Dekat Jendela

cb9ac471a8aa41a38db45d47927c3577.jpg

Foto: Parent 24

Dorong anak agar melihat ke luar jendela alih-alih fokus pada benda yang ia bawa. Menurut para ahli, melihat objek jarak jauh dapat membantu meredam gejala mabuk yang biasanya muncul saat anak terlalu fokus memandangi sesuatu yang dekat, seperti buku, mainan, atau tontonan.

3. Sediakan Camilan

road-trip-with-kids.jpeg

Foto: North Texas Kids

Mengonsumsi makanan ringan sepanjang perjalanan juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah. Sediakan camilan yang sehat, tidak berminyak, dan tidak bergula tinggi yang bisa bikin anak enek.

Sediakan juga minuman yang tidak mengandung soda atau kafein untuk menjaga anak agar tidak dehidrasi.

Baca Juga: Pergi Berlibur? Ini Cara Mencegah Mabuk di Perjalanan

4. Sediakan Permen Jahe

Crystallized-Ginger.jpg

Foto: Heavy Table

Dikutip dari situs Children’s MD, terdapat banyak studi yang menyebut jahe efektif mengatasi masalah mabuk perjalanan, termasuk mengatasi anak mabuk saat naik mobil.

Jahe diyakini dapat memperlambat gerakan dinding otot perut sehingga meredam gejala mabuk. Moms bisa memberikan permen jahe bagi Si Kecil karena rasanya manis sehingga bisa dinikmati anak.

5. Alihkan Perhatian Anak

960x0.jpg

Foto: Forbes

Lakukan kegiatan yang membuat anak “lupa” dengan masalah mabuknya. Moms dan Dads bisa mengajaknya bernyanyi bersama atau bermain tebak-tebakan di mobil.

Dengan begitu, mood Si Kecil jadi lebih positif dan ia tidak cemas lagi memikirkan soal mual atau muntah.

Pada awalnya, masalah anak mabuk memang bisa bikin orang tua repot dan membuat Si Kecil tidak nyaman saat bepergian. Namun, seiring dengan makin besarnya anak, masalah tersebut umumnya akan hilang sendiri.

Baca Juga: Perjalanan Lebih Menyenangkan, Ini 4 Tips Traveling Bareng Anak Ala Traveler Moms

Selamat mencoba tips mengatasi anak mabuk saat naik mobil, Moms!

(AN)

Artikel Terkait