Home & Living

HOME & LIVING
4 Maret 2021

Mengenal Aglaonema "Si Ratu Daun", Ketahui Ragam Jenis dan Harganya

Tanaman hias ini diminati karena sungguh menawan dan perawatannya mudah, tertarik Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms familiar dengan aglaonema?

Karena banyak menghabiskan waktu di rumah, banyak hobi yang kembali ditekuni masyarakat saat ini. Salah satunya adalah merawat tanaman hias.

Aglaonema adalah salah satu tanaman hias paling populer di dunia karena kecantikan corak daunnya hingga dijuluki Ratu Daun.

Jenis Aglaonema dan Harganya

Aglaonema adalah salah satu tanaman yang populer dipelihara di Indonesia karena daunnya yang berwarna dan bercorak cantik. Tanaman ini juga termasuk cocok dirawat oleh pemula karena tidak terlalu rumit perawatannya.

Di beberapa negara di Asia tempat aglaonema tumbuh, tanaman ini sering dipercaya membawa keberuntungan.

Dalam Jurnal Agroqua, tanaman tropis yang juga dikenal dengan nama Sri Rezeki ini diperkirakan memiliki sekitar 30 macam spesies yang memiliki variasi daun meliputi motif, bentuk, warna, dan ukuran.

Tanaman ini dijual dengan harga yang ditentukan dari jumlah, warna, dan motif daunnya.

Warna daun pada tanaman ini memang menarik, selain hijau, warna yang nampak adalah merah, putih, krem, pink, hingga jingga.

NC State University menambahkan, aglaonema juga memiliki sedikit racun yang tidak terlalu berbahaya untuk manusia, namun dapat membuat hewan, seperti kucing dan anjing, mengalami gejala keracunan seperti kesulitan menelan, sakit di mulut dan di tenggorokan, muntah, mulut berbusa, dan berliur.

Sebaiknya hindari tanaman ini dari jangkauan peliharaan yang memiliki kebiasaan mengunyah benda-benda.

Pada manusia, aglaonema yang tertelan atau terkena getahnya dapat menimbulkan gatal-gatal dan perih di kulit.

Banyaknya jenis dari tanaman ini tidak membuat kerumitan merawatnya bertambah, karena cara merawatnya tidak jauh berbeda. Tanaman ini tidak memerlukan sinar matahari langsung, sehingga dapat ditaruh di tempat teduh maupun di dalam ruangan.

Inilah beberapa jenis aglaonema yang populer di Indonesia dan cocok dijadikan koleksi tanaman hias di rumah.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

1. Aglaonema Silver Queen

Aglaonema Silver Queen

Foto: plowingthroughlife.blogspot.com

Aglaonema Silver Queen adalah salah satu jenis yang paling populer di dunia. Memiliki ciri khas daun yang berwarna hijau tua di bagian luar daun, dengan corak yang mencolok berwarna perak-keputihan diikuti urat dan tulang daun berwarna hijau. Bentuk daunnya tebal, elips atau seperti ujung tombak.

Tanaman ini mampu hidup dalam rumah atau tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung. Ketika hidup di dalam rumah, tanaman ini akan jarang berbunga maupun berbuah.

Harga Aglaonema Silver Queen mulai dari kisaran Rp25.000 hingga mencapai ratusan ribu Rupiah.

2. Aglaonema Silver King

Aglaonema Silver King

Foto: plants.greenhavengarden.ca

Sekilas memang mirip, namun jenis Silver King memiliki sedikit perbedaan dengan Silver Queen.

Perbedaan kedua jenis ini terletak pada warna dan corak daunnya, pada Aglaonema Silver King, memiliki bercak hijau cenderung tidak beraturan, tidak seperti pada Silver Queen yang cenderung membentuk huruf V mengikuti bentuk tulang daun.

Harga tanaman jenis ini juga tidak jauh berbeda dengan Silver Queen, yaitu mulai dari kisaran Rp25.000.

Baca Juga: 9 Tanaman Buah yang Cocok Ditanam Menggunakan Pot

3. Aglaonema Harlequin

Aglaonema Harlequin

Foto: blibli.com/merchant/goldseeds/GOS-60053

Jenis Harlequin adalah salah satu jenis yang merupakan hasil persilangan oleh Greg Hambali, yang berhasil dilelang dengan harga fantastis, Rp660 juta, di tahun 2006.

Saat itu, satu pot Aglaonema Harlequin memiliki 60 helai daun, yang artinya harga per helai daun ini adalah Rp10 juta.

Bentuk daunnya besar oval seperti telur, tidak menggulung, tangkainya pendek. Warna khas Harlequin yang menawan ini yaitu kombinasi warna hijau agak gelap, bercak kuning, dan tulang daunnya berwarna pink.

Jika terkena sinar matahari yang cukup banyak, warnanya semakin kuning dan warna pink akan cenderung pastel. Sehingga idealnya, tanaman ini tidak perlu mendapatkan sinar matahari terlalu lama.

Harga jenis Harlequin saat ini mulai dari Rp350.000.

4. Aglaonema Widuri Merah

Aglaonema Widuri Merah

Foto: tokopedia.com/ratutanaman25

Mencari jenis tanaman dengan warna yang lebih merah? Aglaonema Widuri Merah adalah salah satu yang cocok untuk memenuhi keinginan Moms dan Dads.

Aglaonema Widuri atau Red Peacock memiliki tulang daun utama yang berwarna merah, dasar daun berwarna hijau kekuningan, dengan bercak-bercak warna hijau di permukaan daun.

Bentuk daunnya oval dan sedikit cekung. Dengan warna merah yang cukup banyak di daunnya, tanaman ini juga tidak memerlukan banyak sinar matahari.

Aglaonema Widuri dibanderol dengan harga mulai dari Rp100.000 untuk bibitnya.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Dapur

5. Aglaonema Cutlass

Aglaonema Cutlass.jpg

Foto: missouribotanicalgarden.org

Jenis ini cukup unik ketika disandingkan dengan jenis-jenis lainnya. Pasalnya, daun Aglaonema Cutlass berbentuk tajam dan panjang seperti belati (cutlass).

Seperti jenis lainnya, tanaman ini juga sangat cocok sebagai hiasan di dalam rumah karena tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Aglaonema Cutlass berdaun hijau tua dengan corak putih kehijauan menghiasi bagian tengah daun.

Tanaman ini sempat langka dan sulit dicari di Indonesia karena sebelumnya sepi peminat. Namun, seiring naiknya tren tanaman hias, kini Cutlass mulai tersedia kembali di pasaran.

Harga Aglaonema Cutlass mulai dari Rp100.000.

6. Aglaonema Lipstik

Aglaonema Lipstik Siam Aurora

Foto: nurtureplant.in

Jenis tanaman dengan varian warna merah lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah Aglaonema Lipstik atau dikenal juga dengan Siam Aurora.

Cirinya unik, yaitu daun berwarna hijau yang dihiasi warna merah menyala yang mengelilingi pinggir daun, tulang daun, hingga ke ujung batang.

Karena warna merah yang mengelilingi daun ini, dari situlah muncul nama “Lipstik”. Bentuk daunnya agak panjang dan meruncing. Tanaman jenis ini adalah salah satu yang paling populer, sehingga banyak dibudidayakan.

Harga Aglaonema Lipstik bisa didapatkan mulai dari Rp10.000.

7. Aglaonema Red Cochin

Aglaonema Red Cochin

Foto: Bibitbunga.com

Satu lagi pilihan tanaman yang berdaun merah untuk Moms dan Dads pecinta warna merah. Aglaonema Red Cochin memiliki ciri khas daun yang hampir seluruhnya berwarna merah.

Daun Red Cochin bentuknya cenderung bulat dengan ujung runcing dan batangnya menjuntai panjang. Daun Red Cochin warnanya merah menyala dengan pinggiran berwarna hijau tua, lalu terkadang diikuti bercak hijau tua di permukaannya. Red Cochin juga memiliki ciri tulang daun yang berwarna putih.

Saat masih muda, daun Red Cochin akan berwarna hijau seperti pada umumnya, namun semakin besar bercak-bercak merah akan muncul dari tengah tulang daun hingga akhirnya menutupi hampir seluruh daun.

Harga anakan Red Cochin mulai dari Rp100.000.

Baca Juga: 7 Tanaman Ini Bisa Membawa Keberuntungan, Harus Punya!

8. Aglaonema Pride of Sumatera

Aglaonema Pride of Sumatera

Foto: tokopedia.com/subbar

Seperti namanya, Aglaonema Pride of Sumatera adalah jenis dari Pulau Sumatera. Tanaman ini adalah generasi pertama berwarna merah yang berhasil ditumbuhkan oleh Greg Hambali di tahun 1980-an.

Setelah itu, para pecinta tanaman hias dari luar negeri dan lokal memburu tanaman ini untuk disilangkan dan menciptakan jenis tanaman berdaun merah yang baru.

Ciri khas Pride of Sumatera terletak di tulang daunnya yang berwarna merah terang dengan tangkainya berwarna merah muda.

Bentuk daunnya elips memanjang, warnanya hijau gelap dihiasi bercak merah dan pink di permukaan atasnya, sedangkan permukaan bawahnya berwarna merah.

Harga bibit bonggol Aglaonema Pride of Sumatera mulai dari Rp50.000

9. Aglaonema Emerald Bay

Aglaonema Emerald Bay

Foto: gardengoodsdirect.com

Jika Moms dan Dads mencari jenis yang terjangkau dan lebih suka warna hijau, Aglaonema Emerald Bay bisa menjadi pilihan.

Bentuknya mirip dengan Aglaonema Silver Queen dan Silver King, namun memiliki warna daun hijau tua dengan corak hijau terang keabuan. Daunnya yang cantik sangat cocok menambah kesegaran dalam ruangan rumah maupun kantor.

Harga Emerald Bay mulai dari Rp25.000.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Meningkatkan Mood, Cocok Diletakkan di Sudut Rumah

10. Aglaonema Super White

Aglaonema Super White Widuri Putih

Foto: tokopedia.com/jemput

Jenis aglaonema unik dan langka lainnya adalah Widuri Putih atau Super White.

Uniknya, daun dewasa dari Super White ini didominasi oleh warna putih, namun tulang daun dan pinggiran daunnya tetap hijau.

Daun ini cukup langka dan sulit dicari, sehingga harga jualnya cukup tinggi.

Harga anakan Super White mulai dari Rp220.000 hingga jutaan Rupiah untuk daun yang sudah cukup besar.

Aglaonema yang coraknya begitu menawan dapat membuat mood semakin baik. Moms dan Dads tertarik memulai atau menambah koleksi tanaman hias?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait