Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Balita | Apr 2, 2018

Mengenal Eczema, Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Balita

Bagikan


Mengenal Eczema, Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Balita

Penyakit kulit sering menyerang balita, terutama bagi mereka yang banyak bermain di taman atau area di luar ruangan. Salah satu penyakit kulit yang umum diderita oleh balita adalah eczema atau dikenal juga dengan eksim, yaitu jenis penyakit kulit yang membuat kulit merah, gatal, dan menjadi iritasi jika terus digaruk. Apa si kecil pernah mengalami kondisi ini juga, Moms?

Eczema sebenarnya bukan penyakit berat, karena bisa disembuhkan dengan obat sederhana dalam waktu singkat. Ada baiknya Moms membaca informasi tentang eczema berikut, agar tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Itu Eczema?

Mengenal Eczema, Penyakit Kulit Yang Sering Diderita Balita

foto: ajp.co.au

Secara pengertian medis, eczema atau eksim adalah kondisi dimana kulit berubah warna menjadi merah, terasa sangat gatal dan iritasi jika digaruk.  Ada beberapa tipe eczema yang harus diwaspadai,  yaitu atopic dermatitis, contact dermatitis, dyshidrotic eczema dan seborrheic dermatitis. Penyakit eczema yang paling sering diderita balita adalah atopic dermatitis, yang biasanya diderita pada anak yang berusia 6 bulan hingga 5 tahun.

Perlu dicatat ya Moms, eczema bukanlah penyakit yang menular. Seseorang tidak bisa mendapatkan eczema dari orang lain, baik melalui udara ataupun menyentuh kulit secara langsung. Jadi kalau ada teman si kecil terkena eczema, dia masih bisa bermain bersama kok, Moms.

Gejala Eczema

Gejala penyakit eczema sebenarnya bisa dilihat dengan mudah, seperti kulit yang kemerahan dan terasa sangat gatal yang sulit hilang walaupun sudah digaruk. Pada tahap yang sudah parah, warna kulit akan berubah warna menjadi kebiruan dan permukaan kulit menjadi bersisik.

Saat seorang balita menderita penyakit eczema, bagian tubuh seperti tangan, kaki hingga mukanya akan berubah warna, terasa gatal, dan bersisik. Jika terus dibiarkan, rasa gatal yang tidak kunjung sembuh ini dapat mengacaukan jadwal tidur S Kecil.

Mengatasi Eczema Pada Balita

Menurut pakar medis, ada beberapa cara ampuh yang bisa meredakan penyakit eczema. Salah satunya adalah dengan membalurkan moisturizer atau body lotion pada kulit yang terasa gatal dan memerah. Akan lebih baik lagi jika Moms menggunakan krim anti gatal yang mengandung hamamelis extract yang bersifat sebagai anti gatal dan anti bakteri.

Cara kedua yang bisa dipakai adalah menggunakan kompres dingin untuk membalur kulit yang terkena eczema. Air dingin akan membantu menyembuhkan radang pada kulit, sekaligus menahan rasa gatal muncul ke permukaan. Moms juga bisa memandikan Si Kecil dengan air hangat terlebih dahulu, agar pori-pori kulit terbuka dan rasa gatal menjadi berkurang.

Pada intinya, penyakit kulit eczema memang wajar terjadi pada balita dan tidak sulit untuk disembuhkan. Untuk mencegahnya, pastikan buah hati selalu mencuci tangan setelah bermain atau beraktivitas di luar ruangan ya, Moms. Apa buah hati kesayangan Moms pernah mengalami penyakit kulit selain eczema?

(WA) 

Referensi Artikel: WebMD, National Eczema Association

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.