Rupa-rupa

RUPA-RUPA
11 Januari 2021

Mengenang Sosok Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air SJ182 yang Sempat Minta Maaf Sebelum Berangkat

Keluarga sempat merasa aneh karena sang Kapten meminta maaf
placeholder

Foto: radarcirebon.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Nama Kapten Afwan mencuat bersamaan dengan berita duka jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air bernomor registrasi PK CLC jenis Boeing 737-500 dengan rute Jakarta-Pontianak.

Pesawat tersebut hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki, Sabtu, 9 Januari 2021.

Pihak keluarga pun juga mengungkapkan momen terakhir Kapten Afwan, yang kerap menggunakan peci putih ketika bekerja.

Baca Juga: Eksklusif! Poppy Sovia Buka-bukaan Soal Kesehatan Mentalnya, Idap Bipolar Hingga Akui Ingin Terjun dari Apartemennya

1. Meminta Maaf Sebelum Berangkat

kapten afwan 1.jpg

Foto: radarcirebon.com

Pihak keluarga menyebut ada hal yang tidak biasa dilakukan Kapten Afwan sebelum berangkat bekerja pada Sabtu, 9 Januari 2021 di pagi hari.

Kapten Afwan disebut sempat meminta maaf kepada istri dan anak, serta menggunakan pakaian yang belum disetrika saat pamit bertugas, seperti yang dikutip dari Detik.com.

"Cuma memang kalau yang biasanya kalau mau pergi kerja itu cuma biasa saja, hanya salaman dan lain-lain, kemarin (Sabtu, 9/1/2021) itu beliau minta maaf dulu sama istri dan anak-anak. Nggak tahu apa sebabnya," terang Reza, Keponakan Kapten Afwan di kediaman Kapten Afwan, Minggu, 10 Januari 2021.

Baca Juga: Gisella Anastasia Akui Dirinya di Video Syur, Berharap Tak Ada Dampak Buruk untuk Psikologis Gempi

2. Berangkat dengan Baju yang Belum Disetrika

kapten afwan 3.jpg

Foto: republika.co.id

Reza juga menyebutkan sesuatu yang tidak biasa pada Sabtu lalu, yakni kepergian Kapten Afwan dengan baju lecek yang belum disetrika.

"Terus juga kalau biasanya pakaiannya rapih, kalau kemarin itu pakaiannya lecek (belum disetrika). Ngga tanya kenapa-kenapanya yah, mungkin dikira karena terburu-buru atau apa," tambah Reza.

Reza menyebut, sampai saat ini pihak keluarga belum mendapat informasi valid yang bisa disampaikan dan masih menunggu dari pihak Sriwijaya Air.

Pihak keluarga terus berharap semoga ada kabar baik untuk keluarga dan Kapten Afwan.

3. Dikenal Baik Hati dan Dermawan

kapten afwan 2.jpg

Foto: wartakota.tribunnews.com

Selain dikenal selalu mengingatkan untuk solat dan tercermin dari statusnya yang viral, Kapten Afwan dikenal sebagai sosok yang baik hati dan dermawan apalagi dengan rekan kerjanya.

Beberapa rekan kerja mengatakan bahwa Kapten Afwan tidak segan mengeluarkan uang pribadinya bagi rekan kerjanya yang membutuhkan.

Adapun bagi tetangganya, Kapten Afwan dikenal karena aktif di masjid dan juga kesantunannya. Bukan cuma itu, Kapten Afwan yang sudah menetap 10 tahun di Bogor juga pernah menjadi ketua RT seperti yang dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Jarang Disorot Media, Ini 6 Potret Harmonis Keluarga Ahok dan Puput Nastiti

4. Merupakan Penerbang TNI-AU

kapten afwan 4.jpg

Foto: kompas.com

Sebelum menjadi pilot pesawat komersial, Kapten Afwan merupakan seorang penerbang TNI-AU periode 1987-1998.

Ketika masih aktif di TNI AU, Kapten Afwan diketahui bertugas di Skadron IV Tahun 1987. Kapten Afwan juga terbang di Skadron Udara 31.

Itu dia Moms, fakta mengenai sosok Kapten Afwan yang menjadi pilot untuk Sriwijaya Air SJ182.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait