Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
22 November 2022

5 Tempat Wisata di Mengwi dan Cara Mengunjunginya, Catat ya Moms!

Mengwi merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Badung yang memiliki banyak tempat wisata
5 Tempat Wisata di Mengwi dan Cara Mengunjunginya, Catat ya Moms!

Wisata Bali selalu menjadi kebangaan Indonesia. Namun, alih-alih mengunjungi destinasi wisata Bali yang sudah terkenal atau ramai, Moms bisa mencoba mengunjungi daerah Mengwi.

Tidak heran jika Pulau Bali selalu populer dan menjadi tujuan wisatawan, baik lokal ataupun asing. Destinasi yang satu ini selalu menyajikan keindahan yang mempesona. 

Termasuk di daerah Mengwi, sebuah kecamatan di Kabupaten Badung yang membentang dari pantai barat daya melalui pusat pulau dan juga mencakup kawasan wisata populer di Bali, seperti Kuta, Seminyak, dan Canggu. 

Desa Mengwi sendiri terletak hampir setengah jalan antara Ubud dan pantai barat daya Bali. Namun, daerah ini memang terletak sedikit lebih dekat ke Ubud.

Jika Moms dan keluarga pergi ke Bali dan ingin merasakan desa tradisional, Mengwi adalah pilihan yang tepat. 

Lantas, bagaimana cara pergi ke Mengwi, apa saja wisata yang ada di daerah desa Mengwi dan apa saja fasilitas akomodasi yang bisa Moms coba gunakan di daerah tersebut? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Wisata Pulau Komodo, Tujuan Wisata yang Sangat Memanjakan Mata

Transportasi ke Mengwi

Transportasi ke Mengwi

Foto: Transportasi ke Mengwi (freepik.com/freepik)

Untuk Moms dan keluarga yang ingin pergi ke Mengwi, Moms bisa menggunakan taksi, mobil rental, motor, atau bus Trans Sarbagita. Pilihan termudahnya dari pintu kedatangan di bandara adalah taksi dan mobil rental.

Namun, karena terminal Mengwi terletak sekitar 28,9 km dari kota atau bandara, maka Moms membutuhkan waktu sekitar 1 jam 25 menit. Ini akan tergantung kemacetan di jalan yang harus Moms dan keluarga hadapi.

Untuk taxi, mereka biasanya memberikan tarip flat yaitu sekitar Rp350.000 per mobil dengan kapasitas penumpang 2-3 orang. Pilihan ini lebih aman dan nyaman untuk perjalanan Moms dan keluarga. 

Sementara untuk mobil rental, Moms bisa memesannya sehari sebelum dan mereka akan standby di bandara. Harganya terkadang relatif lebih murah yaitu berkisar antara Rp275 ribu - Rp1,6 juta.

Namun, jika Moms pergi ke Mengwi dari Gilimanuk, gunakanlah bus mini dengan tujuan terminal Mengwi dengan biaya Rp40.000 - Rp50.000.

Baca Juga: Keunikan Desa Penglipuran, Wisata Desa Adat 'Tersembunyi' di Bali

Wisata Di Desa Mengwi

Di desa Mengwi, Moms bisa menikmati wisata sejarah kebudayaan dan wisata alam yang tentunya juga tidak terlalu ramai seperti di Kuta atau Ubud. Nah, apa saja pilihan wisata di Mengwi?

1. Pura Taman Ayun atau Royal Temple

Wisata Mengwi - Pura Taman Ayun

Foto: Wisata Mengwi - Pura Taman Ayun (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Ketika mengunjungi Mengwi, pastikan Moms mampir ke Pura Taman Ayun. Tempat ini adalah sebuah royal temple atau kuil keluarga kerajaan Mengwi yang megah. 

Karena nilai sejarahnya tersebut, Pemda Bali pernah mengusulkan kepada UNESCO agar pura ini dimasukkan dalam World Heritage List.

Dikutip dari Website Pariwisata Kepulauan Bali, Pura Taman Ayun dibuat dengan konsep taman tradisional Bali yang dikelilingi sungai buatan dengan berbagai jenis tumbuhan langka khas daerah tersebut.

Bentang alam yang ditunjukkannya ditambah dengan keindahan bangunan suci Meru tumpang SOLAS akan memanjakan mata Moms.

Bangunan Suci Meru adalah bangunan beratap ijuk sebagai material sedangkan Meru paling bergengsi berisi 11 tingkatan.

Meru melambangkan stana yang diyakini sebagai tempat suci para Dewa.

Panorama kerajaan taman air yang indah dan udara segar yang begitu memikat, membuat tempat ini layak dikunjungi.

Terlebih, ada banyak atraksi spiritual, seni, dan budaya, yang bisa membuat Moms merasakan sensasi seperti di masa kejayaan kerajaan Mengwi.

Alamat: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351

Harga Tiket Masuk:

WNA:  Rp50.000.

WNI: Rp15.000.

2. The Ogoh-Ogoh Bali Museum

Wisata Bali The Ogoh Ogoh Bali Museum

Foto: Wisata Bali The Ogoh Ogoh Bali Museum (museum.co.id)

Museum Ogoh-Ogoh adalah museum kecil yang indah dan gudang dari makhluk-makhluk yang fantastik. Tempat ini cocok untuk dikunjungi orang dewasa dan anak-anak.

Museum Ogoh-ogoh Mengwi merupakan museum pertama yang khusus melestarikan salah satu tradisi Bali yang paling populer yaitu ogoh-ogoh atau patung setan yang terbuat dari bambu dan bahan lain.

Biasanya, ini Moms liat dalam parade Ngrupuk.

Alamat: JI.Ayodya No.1 Taman Ayun., Desa Mengwi, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351

Harga Tiket Masuk:

WNA: Dewasa Rp25.000, Anak-Anak Rp10.000.

WNI: Dewasa Rp15.000, Anak-Anak Rp5.000.

3.  Puri Anom Tabanan

Wisata Mengwi Puri Anom Tabanan

Foto: Wisata Mengwi Puri Anom Tabanan (www.pdamtirtasukapura.co.id)

Ekspansi kerajaan Majapahit ke Bali bisa Moms lihat dalam Puri Anom Tabanan. Tak heran tempat ini dibangun dengan menggunakan arsitektur 100% murni Jawa. 

Ini bisa dilihat dari pintu masuk atau gapura tempat wisata di Mengwi ini. Pada kerajaan-kerajaan Bali, bagian ujung atas bangunan gapura biasanya berbentuk runcing. Sementara pada Puri Anom Tabanan, bagian ujung gapura berbentuk rata.

Kompleks dalam istana ini terdiri dari beberapa bangunan yang masih mempertahankan arsitektur yang khas.

Ada rumah keluarga Raja Tabanan, tempat pemujaan, tempat menerima tamu atau rakyat pada masanya, dan ruangan atau bangunan lain yang memiliki fungsi masing-masing. 

Bangunan kerajaan tersebut kini dijadikan tempat sembahyang para umat Hindu. Oleh karena itu, tempat ini terbuka untuk umum. Jadi, tidak ada biaya tiket yang dikenakan jika Moms ingin mengunjungi Puri Anom Tabanan.

Alamat: Jl. Gunung Agung No.5, Dajan Peken, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali 82113

4. Museum Subak

Wisata Mengwi Museum Subak

Foto: Wisata Mengwi Museum Subak (museum.co.id)

Tempat wisata lainnya yang bisa Moms kunjungi ketika mampir ke desa Mengwi adalah Museum Subak. Ini cocok untuk Moms dan keluarga yang ingin mengetahui bagaimana pengairan atau irigasi pada ladang pertanian di Bali. 

Moms dan keluarga juga akan diperkenalkan berbagai peralatan tradisional para petani. Misalnya alat-alat untuk membajak, memanen, dan menumbuk padi.

Sejak 2002, subak di Bali diusulkan ke UNESCO untuk menjadi warisan budaya dunia (World Culture Heritage). Usulan tersebut masuk kategori CULTURE LANDSCAPE OF BALI PROVINCE: The Subak System as a Manifestation of Tri Hita Karana.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.5b, Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121

Harga Tiket Masuk:

Dewasa Rp5.000.

Anak-anak Rp3.000.

5. Taman Anyar Village

Wisata Mengwi Taman Anyar Village

Foto: Wisata Mengwi Taman Anyar Village (thebalibuddy.com)

Mirip seperti Museum Subak, Moms dan keluarga bisa mempelajari banyak hal tentang pertanian ketika mengunjungi Taman Anyar Village. Bahkan Moms juga bisa mempelajari kehidupan serta keseharian masyarakat Bali.

Ketika datang, Moms akan disambut dengan tarian barong tradisional dan menerima persembahan bunga. Selain itu, Moms akan diajak mengunjungi kuil keluarga dan mendapatkan gelang suci.

Berbagai aktivitas seperti trekking di sawah, membuat sate, dessert Bali, canang sari, adu ayam, membuat minyak kelapa, dan meracik Kopi Bali, bisa dilakukan di tempat ini. 

Alamat:  F623+V6V, Banjar Umahanyar, Penarungan, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80352

Baca Juga: Wisata Lombok Selain Gili Trawangan? Yuk Intip 10+ Objek Wisata Keren Ini!

Nah itulah beberapa hal terkait tentang Desa Mengwi. Moms bisa memilih moda transportasi yang cocok untuk perjalanan Moms dan mengunjungi 5 tempat favorit di Mengwi tersebut.

Selamat berlibur ya, Moms!

  • http://badungtourism.badungkab.go.id/detail_obyek_wisata/detail/TA2021/
  • https://www.anywhere.com/indonesia/destinations/mengwi
  • https://www.balitripon.com/transportasi-dari-bandara-ngurah-rai-ke-terminal-mengwi/