Jalan-jalan

8 November 2021

Wisata Lombok Selain Gili Trawangan? Yuk Intip 10+ Objek Wisata Keren Ini!

Ada banyak tempat menarik di Lombok selain Gili Trawangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wisata Lombok yang paling indah dan paling banyak disambangi turis lokal maupun internasional.

Dibandingkan dengan pantai lain di Gili Trawangan, Moms dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus.

Hal ini dikarenakan Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Meski Gili Trawangan adalah yang paling populer, namun beberapa destinasi wisata Lombok berikut tak kalah indah dan wajib dikunjungi, lho.

Destinasi Wisata Lombok

Berikut beberapa daerah wisata Lombok yang patut dikunjungi saat liburan selain Gili Trawangan.

1. Bukit Selong

bukit selong.jpg

Foto: journeyera

Wisata Lombok pertama yang bisa Moms kunjungi, yakni Bukit Selong atau Bukit Beleq berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Saat berada di atas Bukit Selong, Moms dan keluarga akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dari daerah persawahan yang asri dan indah.

Bukit yang berada pada ketinggian 1800 mdpl ini juga memiliki udara yang segar dan suasana sejuk. Sangat pas untuk Moms yang menyukai wisata alam.

Pemandangan alam Bukit Selong yang ciamik ini pun akan menjadi spot foto yang sangat menarik untuk Moms!

Baca Juga: 15+ Makanan Khas Lombok yang Sulit Dilupakan, Bikin Kangen Liburan!

2. Linkoq Datu, Pantai Penyisok

lingkoq datu lombok

Foto: ayokelombok

Pantai indah yang satu ini masih sangat sepi dan asri, nuansanya memang begitu masih terasa alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Di wilayah wisata Lombok ini juga belum banyak terlihat fasilitas-fasilitas layaknya sebuah obyek wisata. Namun Moms akan menemukan keindahan pasir putih dan bebatuan karang yang membentuk barisan bukit.

Pantai Penyisok berada di Kecamatan Jerowaru yang masih agak tersembunyi. Untuk mencapai tempat ini, Moms harus melewati Aro Inaq yang merupakan jalur yang searah ke Pantai Pink.

3. Gunung Rinjani

shutterstock 1107896189

Foto: shutterstock

Dari pantai kini saatnya Moms menengok destinasi wisata Lombok, Gunung Rinjani. Keindahan gunung rinjani yang begitu luar biasa, membuat para pendaki gunung begitu mencintai gunung yang satu ini.

Tak hanya dari dalam negeri, bahkan wisatawan dan pendaki dari mancanegara juga banyak sekali yang berkunjung ke gunung yang disebut memiliki pemandangan paling indah ini di Indonesia.

Bila suatu saat mengunjungi destinasi wisata di Lombok ini, bersiaplah untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dengan sangat jelas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Glamping Bali yang Seru untuk Liburan!

4. Gili Kondo

gili kondo

Foto: id.lombokindonesia.org

Berikutnya ada Gili Kondo yang merupakan satu dari beberapa pulau kecil yang terdapat di pulau Lombok. Gili Kondo berdampingan dengan Gili Bidara, Gili Lampu, dan Gili Kapal.

Meski kecil, pulau ini tak sulit untuk dijangkau, lho. Tak hanya itu, karena belum banyak disorot, Gili Kondo memang belum begitu populer. Namun demikian, keindahan Gili Kondo tak kalah indah dengan yang lainnya.

Untuk mencapai destinasi wisata Lombok ini, Moms harus melewati jalanan yang tak terlalu lebar dengan pepohonan rindang dan merasakan kesejukan.

5. Budaya Rumah Adat Dusun Sade Lombok

desa sade

Foto: tripadvisor

Sedikit berbeda, kali ini bukan gunung dan pantai melainkan destinasi wisata yang penuh dengan unsur budaya.

Di destinasi wisata Lombok Rumah Adat Dusun Sade Lombok ini, Moms dapat melihat bagaimana tradisi dan budaya masyarakat Lombok, dimana masyarakat disini masih amat menjalankan sejumlah tradisi yang turun temurun.

Penghuni daerah ini sendiri adalah suku Sasak, dengan karakteristik rumah penduduknya yang terbuat dari bambu dengan atap daun alang-alang.

Baca Juga: 5 Hal Menarik di Pulau Semak Daun dan Cara Mengunjunginya

6. Taman Narmada

taman narmada

Foto: dolandolen

Ingin menikmati suasana taman? Datangnya ke destinasi wisata alam Taman Narmada. Dengan luas sekitar 2 hektar, taman ini didirikan oleh raja mataram Lombok.

Rupanya, dulu taman ini merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Terbayang bukan bagaimana indahnya taman yang banyak mengandung unsur kerajaan ini?

Moms dijamin puas berfoto di taman ini.

7. Segara Anak

segara anak lombok.jpg

Foto: aliaef

Wisata Lombok berikutnya yang patut untuk dikunjungi, yakni Segara Anak. Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal di kalangan pendaki Gunung Rinjani.

Pasalnya, ini merupakan tempat bermalam favorit bagi para pendaki. Segara Anak adalah danau yang terbentuk dari kawah letusan gunung dan memiliki air warna biru laut yang sangat indah di atas ketinggian 2.000 mdpl.

Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan Segara Anak sekaligus melihat panorama Gunung Barujari yang sering disebut sebagai “gunung di atas gunung”.

Barujari sendiri ialah anak Gunung Rinjani yang masih aktif hingga saat ini, lho.

Baca Juga: 11 Lokasi Wisata Banyuwangi, Mulai dari Pantai Hingga Taman Nasional

8. Pantai Senggigi

pantai senggigi.jpg

Foto: travelspromo

Wisata Lombok memang identik dengan pantainya. Tak heran jika wilayah di Indonesia yang satu ini merupakan destinasi incaran para wisatawan internasional.

Pantai di Lombok lainnya yang populer sebagai objek wisata ialah Pantai Senggigi. Pantai berpasir putih ini dekat dengan wilayah Mataram. Tepatnya, di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Air laut yang biru dan jernih ini menjadikan pantai Senggigi sebagai lokasi yang ideal untuk snorkeling. Moms pun bisa menikmati pemandangan bawah laut yang sangat indah. Ombak di laut Senggigi juga sering kali dijadikan tempat berselancar.

9. Pantai Pink

pantai pink.jpg

Foto: wisato.id

Pantai Pink termasuk sebagai destinasi wisata Lombok ikonik. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir pantai warna pink yang cantik!

Air laut di pantai Pink ini sangatlah bersih dan jernih, sangat cocok bagi Moms dan keluarga untuk berenang sambil menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau diving.

Tak hanya indah dipandang, pantai Pink juga sangat cantik apabila diabadikan dalam bentuk foto.

Untuk menuju ke pantai Pink, Moms bisa melewati jalur darat atau jalur laut dengan menyewa perahu di Pelabuhan Tanjung Luar.

Baca Juga: Info Lengkap Wisata Kawah Ijen, Mulai dari Harga Tiket Hingga Penginapan

10. Pura Meru

pura meru lombok.jpg

Foto: kebudayaan.kemendikbud.go.id

Wisata Lombok berikutnya yang tak kalah menarik, yaitu Pura Meru. Sebagai informasi, Pura Meru termasuk dalam bangunan pura tertua yang ada di Lombok.

Pura Meru diketahui dibangun pada tahun 1720 oleh Anak Agung Made Karangasem dan menjadi pura terbesar yang ada di wilayah Lombok.

Atapnya berbentuk meru yang bertingkat yang menjulang ke langit. Jika diperhatikan dengan seksama, salah satu meru memiliki 11 tingkat. Sedangkan dua lainnya memiliki 9 tingkat.

Meru tersebut melambangkan Dewa-dewa yang ada dalam ajaran Hindu. Yaitu Brahma (Dewa pencipta), Wisnu (Dewa pemelihara), Siwa (Dewa penghancur).

Pura ini beralamat di Jalan Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram, Kota Mataram.

Pura Meru yang sakral ini bisa Moms jadikan wisata sejarah sekaligus wisata religi.

11. Bukit Pergasingan

bukit pergasigan.jpg

Foto: phinemo

Bukit Pergasingan merupakan wisata Lombok lainnya yang wajib masuk dalam daftar liburan Moms dan keluarga saat berkunjung ke Lombok!

Dari atas bukit ini, Moms bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani tanpa harus mendakinya. Tentu saja, pemandangannya sangat menakjubkan.

Bukit Pergasingan sendiri berada di wilayah Sembalun, Lombok Timur. Untuk mencapai tempat ini, Moms perlu menempuh perjalanan selama 4 jam dari Kota Mataram.

Meski perjalanannya tak singkat, tetapi perjuangan Moms akan terbayar lunas ketika mencapai bukit ini.

Selain dapat bermalam dengan camping, Moms pun bisa berburu sunrise di sini, pasti sangat cantik apabila dijadikan latar foto!

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

12. Gua Bangkang

gua bangkang.PNG

Foto: cahayantb

Selain pantai, bukit, dan gunung, Moms juga bisa mengujungi Gua Bangkang saat mengunjungi Lombok.

Wisata Lombok yang satu ini berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Gua Bangkang bisa menjadi tempat wisata bagi Moms jika ingin menjelajahi tempat di Lombok yang belum banyak dikenal orang.

Karena tak seterkenal wisata lainnya, Gua Bangkang pun belum memiliki petunjuk arah yang jelas untuk mengaksesnya. Namun, Moms bisa bertanya dengan warga setempat untuk menuju ke sana.

Pemandangan Gua Bangkang sangat menarik dan ciamik difoto. Tidak heran jika banyak masyarakat yang datang untuk sekadar berfoto. Misalnya, untuk keperluan prewedding.

Nah, itulah tadi sejumlah destinasi wisata Lombok yang tepat sekali dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga selain Gili Trawangan. Manakah tempat wisata yang paling menarik hati Moms?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait