Newborn

NEWBORN
6 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-10

Biarkan bayi mengenali juga wajah-wajah orang-orang terdekat yang bisa ia percaya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Bayi:

Di usia 10 minggu, gerakan motorik bayi Moms sudah mulai terkoordinasi. Perhatikan, gerakannya kini tampak lebih halus dan ia dapat melakukan gerakan melingkar seolah ingin menggapai sesuatu. Agar gerak motoriknya semakin berkembang, berikan bayi ruang yang lebih luas untuk bergerak melakukan peregangan dan menggerakkan lengan dan kakinya, ya, Moms.

Minggu ini ia akan mulai mengenali Moms secara visual. Bayi Moms bahkan akan bisa mengenali Moms dari kerumunan orang! Misalnya saat ia diajak ke acara keluarga dan Moms meninggalkannya meski masih berada di ruangan yang sama. Pada tahap awal ini, tanggapan bayi belum konsisten, namun seiring berjalannya waktu, ketepatannya dalam mengenali Moms akan membaik.

Moms, Coba Deh:

Mulai ajari bayi ‘berpisah’ dengan Moms. Karena sudah bisa mengenali wajah, ia mungkin akan menunjukkan ketidaksenangannya bila Moms pergi atau bila ia digendong oleh orang lain. Ini wajar, tapi selalu ingat bahwa kemampuannya ini adalah tanda ia siap mengembangkan keterampilan sosialnya. Artinya, bayi Moms juga perlu mengenal dan menerima orang lain selain Moms.

Tips Minggu Ini:

Mulai jadikan bayi Moms bagian dari kegiatan keluarga. Bawa bayi ke meja makan saat semua anggota keluarga berkumpul untuk makan malam, atau ajak dia berkunjung ke rumah sepupunya. Biarkan bayi mengenali juga wajah-wajah orang-orang terdekat yang bisa ia percaya.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait