07 December 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-11

Otot leher bayi Moms terus berkembang dan jadi lebih kuat

Perkembangan Bayi:

Otot leher bayi Moms terus berkembang dan jadi lebih kuat. Selama minggu kesebelas ini, bayi Moms mungkin bisa mengangkat kepalanya sendiri selama beberapa detik dalam posisi duduk.

Bayi Moms mungkin juga bisa bertumpu pada dada dan perutnya (tengkurap) lebih lama. Bila Moms sudah sering mengajaknya bermain dengan posisi tengkurap (tummy time), terus lakukan untuk mendorong perkembangan yang penting ini.

Moms, Coba Deh:

Perhatikan rambut bayi Moms. Memasuki usia 3 minggu sampai 6 bulan, rambut bayi Moms mungkin akan rontok lalu tumbuh rambut baru yang bisa saja memiliki warna dan tekstur yang berbeda dengan rambutnya ketika lahir. Tidak perlu panik, jaga saja kebersihan rambutnya selalu. Moms juga bisa mulai membelikannya aksesori rambut atau kepala.

Tips Minggu Ini:

Letakkan bayi di punggungnya di depan Moms di lantai. Dengan lembut, pegang tangan dan lengan bawahnya lalu tarik bayi ke posisi duduk. Bayi harus bisa menahan kepalanya stabil beberapa saat.

Saat kepalanya mulai bertambah berat, baringkan kembali bayi dan beri waktu istirahat sebelum Moms mencoba lagi. Lihat, bayi Moms akan menganggap aktivitas ini seru sekali.

Tapi, jangan lupa, Ma, semua bayi berkembang dengan cara dan kecepatan berbeda. Beberapa bayi mungkin dapat mengangkat kepala mereka cukup lama, sementara bayi lain mungkin baru bisa melakukannya untuk waktu yang singkat. Tidak masalah berapa lama bayi Moms bisa melakukannya – yang penting adalah Moms terus memperhatikan dan mendukung kemampuannya.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb