Newborn

NEWBORN
9 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-14

Mama akan melihat bayi mampu melakukan posisi seperti hendak ‘terbang’
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Bayi:

Seiring otot-ototnya yang terus berkembang, Moms akan melihat bayi mampu melakukan posisi seperti hendak ‘terbang’. Ia mampu tengkurap cukup lama dengan perut sebagai tumpuan sementara, kepala, tangan, dan kakinya diangkat.

Mungkin, ia juga sesekali tampak seperti hendak push up! Seolah bayi Moms akan segera merangkak, ya? Tapi, sabar dulu, ia masih perlu beberapa bulan sampai betul-betul bisa melakukannya.

Moms, Coba Deh:

Saat bermain atau mengajak bayi berinteraksi, perhatikan tanda-tanda overstimulasi seperti bayi tampak bingung atau frustrasi serta ketahuilah kapan harus berhenti. Ingatlah bahwa dia masih bayi dan hanya bisa ‘bermain’ sebentar saja. Begitu juga saat mengajaknya berjalan-jalan ke luar rumah.

Meski bayi Moms mungkin tampak tertarik melihat lampu-lampu, suara-suara, dan aneka keramaian lain saat diajak ke mal, bisa jadi ia sebenarnya kelelahan menerima dan memproses semuanya.

Tips Minggu Ini:

Periksa kembali jadwal imunisasi bayi Moms. Selama 4 bulan pertamanya, bayi Moms seharusnya sudah mendapatkan imunisasi Hepatitis B sebanyak 3x, polio 3x, BCG 1x, DTP 2x, HIB 2x, PCV 2x, dan Rotavirus 2x. Pastikan tidak ada yang terlewat dan segera jadwalkan imunisasi yang belum diperolehnya.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait