Newborn

NEWBORN
21 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-25

Setelah mengonsumsi makanan padat, warna kotoran bayi akan berbeda
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Bayi:

Bila bayi Moms mulai lancar makan makanan padat, maka ia mungkin akan mengalami pup atau kotoran pertama yang berbeda dibandingkan saat ia hanya mendapat ASI eksklusif atau susu formula.

Bila selama ini bayi minum ASI saja, umumnya kotoran bayi berwarna kuning cerah, baunya agak sedikit asam, dan bentuknya mirip butiran beras karena ASI lebih mudah dicerna dan mudah dikeluarkan.

Sementara kotoran bayi yang minum susu formula umumnya berwarna kuning pucat atau kuning kecokelatan, baunya lebih tajam dan bentuknya lebih padat dibandingkan bayi yang diberi ASI –karena susu sapi lebih sulit dicerna bayi.

Nah, setelah mengonsumsi makanan padat, warna kotoran bayi akan berbeda lagi dan umumnya berwarna cokelat.

Peralihan dari ASI atau susu formula saja ke makanan padat juga dapat menyebabkan bayi sembelit. Tak perlu panik, Moms dapat membaca artikel tentang cara mengatasi sembelit pada bayi di sini.

Tips Minggu Ini :

Bolehkah memberikan bayi makanan atau bubur bayi kemasan? Jawabannya, boleh kok, Ma. Bubur atau puree yang Moms buat sendiri di rumah tentunya lebih baik karena dapat Anda pastikan kebersihan hingga kualitas bahan-bahannya.

Namun bila Moms ingin sesekali memberikan bayi makanan atau bubur bayi kemasan yang lebih praktis pun tidak salah. Pastikan saja Moms memilih makanan kemasan yang hanya mengandung bahan makanan asli, tanpa tambahan bahan lain seperti gula, garam dan penyedap rasa.

Selain komposisi atau kandungan bahan, Moms juga harus selalu mengecek tanggal kadaluarsa makanan kemasan yang hendak dibeli ya, Ma.

Moms, Coba Deh:

Hemat waktu dengan membeli bahan makanan atau perlengkapan makan bayi Moms secara online. Saat ini, sudah banyak sekali kok, pilihannya. Dengan begitu, Moms bisa punya lebih banyak waktu untuk membaca artikel-artikel seputar nutrisi untuk bayi atau mengumpulkan resep-resep MPASI.

Narasumber ahli : dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto : Shutterstock

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait