Newborn

NEWBORN
7 Januari 2018

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-41

Si kecil mulai memiliki benda kesayangan yang dibawa ke mana-mana
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Perkembangan Bayi:

Seperti keterikatannya pada Moms yang kini meningkat, bayi juga semakin merasa terikat dengan benda-benda favoritnya. Boneka atau selimut kesayangan yang ingin dibawanya ke mana-mana misalnya. Memegang atau memeluk benda kesayangan membantunya mengatasi rasa cemas atau tidak aman, Moms.

Ia kini tahu, Moms tidak bisa selalu berada di sisinya. Sebagai gantinya, ia ingin memastikan ada hal yang tidak berubah atau tidak pergi. Hal ini juga bisa terjadi bila bayi mengalami perubahan lingkungan. Misalnya bila ia harus mengalami pindah rumah, daycare atau berganti pengasuh.

Tips Minggu Ini:

Bila bayi punya benda favorit yang selalu dibawanya ke mana-mana, akan sangat membantu bila Moms dapat membeli beberapa buah benda yang sama sebagai cadangan. Pastikan betul-betul sama ya, Moms. Meski belum berusia setahun, bayi sudah dapat membedakan benda –terutama yang betul-betul disukainya.

Dengan mempunyai cadangan, Moms punya kesempatan untuk mencuci benda tersebut bila kotor tanpa membuat si kecil merasa kehilangan. Moms juga menghindari risiko kecemasan yang lebih parah bila benda kesayangannya tersebut sampai hilang!

Catatan untuk Moms:

Rambut bayi Moms tipis? Beberapa bayi memang dilahirkan dengan rambut lebat, sementara bayi lain bisa saja lahir dengan rambut sangat tipis. Ada juga bayi-bayi yang memiliki rambut lebat saat lahir, lalu rambut mengalami kerontokan normal pada bulan-bulan pertamanya dan tidak mengalami pertumbuhan rambut yang pesat hingga usia 1 tahun.

Jadi kapan sebenarnya rambut anak akan tumbuh lebat? Tidak ada waktu yang pasti, Moms. Tapi biasanya, rambut anak sudah tumbuh normal di usia dua tahun nanti. Artinya sekarang Moms perlu bersabar dulu. Pastikan saja rambutnya selalu bersih dan tidak kusut.

Narasumber: dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

<AK>

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait