Newborn

1 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-5

Betapa cepat kuku jari tangan bayi Mama bertumbuh...
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Bayi:

Tidak seperti pada minggu ke-3, kini, gerakan bayi Moms sudah lebih halus dan terarah. Tidak acak dan tersentak-sentak lagi. Dukung bayi dengan memberinya waktu setiap hari untuk menggunakan tubuhnya.

Moms bisa memberinya latihan kecil dengan perlahan menariknya ke posisi duduk, atau membiarkannya ‘terbang’ dengan membiarkan perutnya bertumpu di lengan bawah Anda. Jangan lupa, selalu topang kepala bayi, ya, Ma.

Hal lain yang akan Moms sadari adalah betapa cepat kuku jari tangan bayi Moms bertumbuh. Guntinglah kukunya setidaknya dua kali seminggu, tapi tidak perlu memakaikan bayi sarung tangan.

Terlalu sering memakaikan sarung tangan membuat bayi tidak bisa menggunakan tangannya untuk meraba, menggenggam, dan berbagai aktivitas lain yang dapat memberi stimulasi sehingga justru akan menghambat perkembangannya.

Moms, Coba Deh:

Rencanakan acara ke luar rumah! Kebanyakan orang Indonesia menunggu sampai bayi berusia 40 hari untuk melakukannya. Bila Moms termasuk di antaranya, berarti sekarang waktu yang tepat untuk merencanakannya.

Boleh juga mulai persiapkan perlengkapan yang Moms butuhkan untuk mengajak bayi jalan-jalan ke luar rumah. Mulai dari stroller, gendongan bayi, sampai apron menyusui, mungkin?

Tip Minggu Ini:

Bagaimana cara menggunting kuku bayi? Kapan harus melakukannya? Apakah kuku bayi juga perlu dikikir? Tenang, Moms, klik di sini untuk membaca lebih lengkap apa-apa saja yang Moms perlu perhatikan bila ingin menggunting kuku bayi.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait