Newborn

NEWBORN
2 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-7

Waktu emas untuk belajar, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Perkembangan Bayi:

Pada usia ini, sel-sel otak bayi sedang berkembang pesat dan mengalami pertumbuhan hingga kurang lebih 5 cm sejak 3 bulan pertamanya. Apa artinya? Waktu emas untuk belajar, Moms!

Rayakan dengan lebih sering mengajak bayi bicara, menyebutkan nama-nama benda dan bernyanyi dalam bahasa yang Moms gunakan sehari-hari (bahasa ibu) – karena ini menandai dimulainya perkembangan bahasanya.

Selain itu, bayi juga sedang tertarik pada hal-hal yang berwarna-warni serta pandai mengawasi dan mengikuti benda bergerak. Tidak heran kalau mainan gantung jadi menarik sekali untuknya.

Moms, Coba Deh:

Pastikan tidak ada orang merokok di manapun di rumah Moms, tanpa pengecualian. Asap rokok sangat berbahaya bagi bayi karena antara lain dapat melemahkan paru-paru bayi, membuat bayi lebih rentan terhadap infeksi telinga, dan melipatgandakan risiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

Jika rumah Moms sudah terkontaminasi asap rokok, coba bersihkan udara dengan membuka beberapa jendela dan pintu dan sering-sering menyedot debu rumah Moms dengan vakum yang dilengkapi filter HEPA. Lap permukaan perabotan dengan kain lembap, dan cuci mainan, selimut, maupun benda lain yang mungkin menempel di mulut bayi.

Tips Minggu Ini:

Bingung harus bicara apa pada bayi yang tampaknya belum mengerti apa-apa? Mulai saja dari menyampaikan padanya apa yang akan atau sedang Moms lakukan. Misalnya, “Moms mau ambil handuk untuk kamu mandi,” atau “Permisi, Moms buka dulu bajunya, ya, karena habis ini kamu akan Moms mandikan. Asyiiik...” Di usia ini bayi Moms sudah dapat mengingat hal-hal rutin yang dialaminya sehari-hari dan menyukai semua rutinitas ini.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait