Fashion & Beauty

27 Mei 2021

9 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit dan Rekomendasinya

Begitu banyak khasiat minyak jojoba untuk kulit, sudah coba?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Minyak jojoba sudah lama terkenal di dalam dunia kecantikan karena khasiatnya yang luar biasa. Sekarang kandungannya telah mudah ditemukan dalam produk perawatan kulit sehari-hari.

Minyak Jojoba

Minyak Jojoba

Foto: Orami Photo Stocks

Minyak jojoba merupakan cairan hasil pembakaran dari biji tanaman jojoba yang merupakan tanaman tahunan yang tumbuh subur di kawasan gurun Amerika Utara.

Minyak menyumbang 50% dari biji jojoba dan diekstraksi dengan metode cold press, sebuah proses yang membantu menjaga nilai gizi minyak yang kaya.

Seperti minyak untuk perawatan kulit lainnya, minyak jojoba mengandung banyak sekali vitamin, antioksidan, dan sifat anti-inflamasi.

Masih perlu alasan mengapa perlu mulai menggunakannya? Berikut adalah manfaat minyak jojoba untuk kecantikan dan beberapa rekomendasinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner untuk Kulit Kering di Bawah 50 Ribu

Manfaat Minyak Jojoba

Manfaat Minyak Jojoba

Foto: Orami Photo Stocks

Nutrisi dan vitamin penting yang terkandung dalam minyak jojoba membuat minyak esensial satu ini sering digunakan sebagai produk perawatan kulit, wajah, dan juga rambut.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Moms menggunakannya secara rutin. Ini dia manfaat minyak jojoba yang harus Moms ketahui.

1. Melembapkan Kulit

Dalam International journal of cosmetic science mengatakan bahwa minyak jojoba merupakan bahan humektan, yaitu suatu zat higroskopis yang digunakan untuk menjaga kelembapan.

Hal ini membuktikan bahwa minyak ini dapat melindungi kulit agar tidak kehilangan kelembapannya, sekaligus dapat membantu mencegah infeksi bakteri, jerawat, dan ketombe.

2. Sebagai Antibakteri

Minyak jojoba mengandung sifat antimikroba dan antijamur. Meskipun tidak membunuh semua spesies bakteri dan jamur, tapi dapat membunuh bakteri dan jamur tertentu yang menyebabkan salmonella, infeksi bakteri E. Coli, dan candida.

3. Memperbaiki Lapisan Kulit

Manfaat minyak jojoba selanjutnya adalah dapat memperbaiki lapisan kulit, karena mengandung antioksidan seperti vitamin A dan E, serta asam lemak omega-6.

Mengutip dari paulaschoice.com, asam lemak omega adalah bahan yang sangat luar biasa untuk kulit.

Mereka berfungsi sebagai bahan penyusun penting dari lapisan permukaan kulit, menciptakan kulit yang lebih halus, lebih merata, tampak lebih muda, dan lebih sehat.

Asam lemak juga bertindak sebagai humektan, artinya berfungsi untuk mempertahankan kelembapan di kulit.

Efek anti-inflamasi dari vitamin E juga dapat menyembuhkan kulit dari eksim dan psoriasis.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

4. Menenangkan Iritasi Kulit

Sama seperti minyak esensial lainnya, minyak jojoba sangat baik untuk menenangkan kulit yang kering dan teriritasi atau mencegahnya muncul sejak awal.

Manfaat anti-peradangannya membantu menenangkan kulit, sekaligus memberikan hidrasi yang dibutuhkan untuk memulihkan dirinya sendiri.

5. Kaya Antioksidan

Minyak jojoba kaya akan vitamin E. Vitamin E memiliki sifat sebagai antioksidan, yang artinya dapat membantu kulit melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan polutan dan racun lainnya setiap hari.

6. Menyembuhkan Jerawat

Manfaat minyak jojoba selanjutnya adalah dapat menyembuhkan jerawat.

Komposisi kimiawinya memungkinkannya meniru sebum kulit. Minyak ini dapat membantu menyeimbangkan kulit dengan tidak memproduksi minyak secara berlebihan di area kulit yang tidak diperlukan.

Minyak ini juga mengandung sifat antimikroba yang dapat menangkal jenis bakteri tertentu, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kulit yang rentan berjerawat.

7. Mencegah Tanda Penuaan

Minyak jojoba secara alami kaya akan vitamin E, antioksidan kuat yang membantu kulit mempertahankan diri dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Minyak jojoba juga kaya akan asam amino, yang merupakan bahan penyusun kolagen, sehingga dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta memperbaiki tekstur, warna, dan elastisitas kulit.

8. Mengontrol Sebum

Dalam penelitian di tahun 2009, minyak jojoba dapat mengatur produksi sebum pada kulit karena kandungannya yang mirip dengan sebum kulit yang diproduksi secara alami.

Minyak yang dioleskan ke kulit dapat memberi efek ketenangan dan kelembapan pada kulit, lalu mengirimkan sinyal ke rambut dan folikel keringat bahwa kulit tidak membutuhkan sebum tambahan untuk hidrasi.

Selain itu minyak ini juga dapat membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat akibat produksi sebum berlebih.

9. Membantu Pembentukan Kolagen

Antioksidan pada minyak jojoba dapat membantu tubuh memproduksi kolagen.

Kolagen adalah protein yang ada di kulit dan persendian, serta bagian tubuh yang terbuat dari tulang rawan.

Penelitian menyebutkan bahwa tingkat pertumbuhan kolagen akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, sehingga menyebabkan munculnya kerutan-kerutan halus yang membuat struktur wajah berubah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak, Bikin Kulit Bersih!

Rekomendasi Minyak Jojoba

Zaman sekarang, penggunaan minyak jojoba sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit adalah hal yang lumrah. Apalagi, sudah banyak produk-produk kecantikan yang menjadikan jojoba sebagai bahan utamanya.

Banyak bukti yang mendukung penggunaan minyak jojoba murni sebagai obat jerawat, kulit kering, dan kondisi kulit lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Jika Moms ingin memulai perawatan kulit dengan menggunakan minyak ini, berikut rekomendasi minyak jojoba terbaik yang bisa Moms pilih.

1. Indoganic

Indoganic Jojoba oil

Foto: nihonmart.id

Produk rekomendasi minyak jojoba yang pertama adalah dari Indoganic.

Indoganic merupakan merek skincare lokal yang menjual ragam skincare, seperti lip balm, clay mask, hingga essential oil.

Untuk minyak jojoba dari Indoganic ini dipatok dengan harga sekitar Rp109.000.

Keunggulan minyak jojoba Indoganic ini sangat mudah diserap dan dapat digunakan sebagai perawatan kulit dan kepala. Minyak jojoba Indoganic sangat cocok untuk jenis kulit berminyak.

2. Eucalie Organics

Eucalie organics Jojoba oil

Foto: tokopedia.com/eucalie

Rekomendasi minyak jojoba yang kedua adalah Eucalie Organic. Produk ini dapat ditemukan di berbagai e-commerce dengan harga Rp129.000.

Keunggulan produk ini adalah mudah meresap dan tidak membuat wajah menjadi berminyak, serta dapat membantu melembapkan kulit, terutama di area yang sering kering seperti bibir.

3. Kleveru

Kleveru Jojoba oil

Foto: beautyhaul.com

Merek Kleveru sudah sangat terkenal di dunia kecantikan karena menjual ragam essential oil yang bermanfaat, dan salah satu produk unggulannya adalah minyak jojoba yang bisa didapatkan dengan harga Rp93.500, cukup terjangkau bukan?

Produk dari Kleveru ini mampu meresap dengan cepat dan cenderung tidak meninggalkan residu minyak pada wajah.

Khasiatnya juga berfungsi untuk menghilangkan komedo whitehead dan blackhead, serta membantu mengontrol minyak berlebih dalam kulit, pori-pori tersumbat, menenangkan wajah yang sedang bruntusan, terbakar matahari, iritasi, mengempeskan jerawat yang sedang meradang, dan sebagai antibakteri alami untuk mencegah breakout karena mengandung iodine.

Baca Juga: Manfaat Lulur dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

4. Utama Spice

Utama Spice Jojoba Oil

Foto: utamaspicebali.com

Rekomendasi minyak jojoba selanjutnya adalah dari Utama Spice yang merupakan merek lokal asal Bali.

Minyak jojoba dari Utama Spice dibanderol dengan harga Rp150.000.

Keunggulan dari produk ini adalah tidak mengandung bahan kimia keras sehingga aman digunakan. Minyak jojoba dari Utama Spice ini juga dapat mengurangi breakout pada wajah dan melembapkan kulit hingga rambut.

5. Organic Supply Co.

Organic Supply Co. Jojoba oil

Foto: organicsupply.co.id

Minyak jojoba dari Organic Supply Co. dibanderol dengan harga Rp100.000. Selain bisa digunakan sebagai pelembap kulit dan rambut, juga dapat digunakan sebagai penghapus riasan.

6. Nusaroma

Nusaroma Jojoba Oil

Foto: nusaroma.com

Nusaroma sudah terkenal dengan produk-produk minyak esensial, salah satunya minyak jojoba yang dibanderol dengan harga Rp97.000.

Minyak jojoba ini sangat cocok untuk Moms atau Dads yang memiliki permasalahan rambut tipis, karena produk ini kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak

Kalau Moms dan Dads memiliki masalah kulit yang tak kunjung teratasi, tidak ada salahnya menambahkan minyak jojoba dalam rangkaian perawatan kulit sehari-hari. Atau Moms dan Dads sudah merasakan manfaatnya? Share pengalaman di kolom komentar, yuk!

  • https://www.prevention.com/beauty/a29829814/jojoba-oil-benefits/
  • https://fleurandbee.com/blogs/news/jojoba-oil-for-skin
  • https://www.byrdie.com/jojoba-oil-for-skin-4783234
  • https://eucalie.com/
  • https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/ingredient-spotlight/how-omega-fatty-acids-help-skin.html
  • https://www.healthline.com/nutrition/collagen
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/jojoba-oil-for-face#sunburns
  • https://reviews.femaledaily.com/search?q=jojoba%20oil&tab=product
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait