Selebriti

SELEBRITI
26 Maret 2021

Misteri Bambang Pamungkas Digugat Wanita Bernama Amalia Fujiawati, Tuntut Asal-Usul dan Nafkah Anak

Hal ini pun menarik perhatian warganet
placeholder

Foto: instagram.com/bepe20

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Atlet sepak bola Indonesia Bambang Pamungkas sedang dihadapi dengan kasus yang nampaknya cukup rumit.

Pria yang akrab disapa Bepe ini digugat oleh sesosok wanita bernama Amalia Fujiawati atas perkara pengesahan asal-usul anak dan nafkah anak.

Namun, hal ini menjadi sebuah tanda tanya masyarakat, mengingat istri dari Bambang Pamungkas adalah Tribuana Tungga Dewi. Lalu, sebenarnya apa yang terjadi?

Simak penjelasan tentang gugatan Bambang Pamungkas berikut ini, Moms.

Baca Juga: Jessica Iskandar Dikabarkan Dekat dengan Michael Yokinobu, 5 Pria Ini Juga Pernah Dekat Dengannya

1. Sosok Amalia Fujiawati

Mengutip detik.com, belum diketahui siapa sebenarnya sosok Amalia Fujiawati. Namanya muncul di berkas pengadilan Jakarta Timur setelah melayangkan gugatan cerai pada 2017.

Tercatat bahwa Amalia membuat permohonan itsbat nikah di Pengadilan Agama Soreang.

Dalam permohonan itu tercatat Amalia Fujiawati lahir di Bandung pada 13 Juni 1984. Sayang, informasi itu belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Nama Amalia Fujiawati juga kini melayangkan gugatan yang terdaftar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dengan nomor perkara 1233/Pdt.G/2021/PA.JS. Gugatan tersebut dilayangkan sejak 18 Maret 2021.

Taslimah, Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengungkapkan karena ada masalah mengenai asal-usul anak.

Oleh yang bersangkutan, diajukan oleh Amalia Fujiawati sebagai penggugat, melawan Bambang Pamungkas sebagai tergugat.

Taslimah menjelaskan, ada perkara yang perlu diluruskan dari Bambang Pamungkas dan Amalia Fujiawati.

Baca Juga: Penggunaan Strap Mask Sedang Tren, Tahukah Moms Benda Ini Justru Berisiko?

2. Perkara Gugatan Pengesalah Asal-Usul Anak dan Nafkah

Lebih lanjut, Taslimah juga menjelaskan kalau jenis gugatan adalah pengesahan asal-usul anak serta nafkah anak, dan ada dugaan bahwa Sang Anak tak memiliki akta kelahiran.

Ia menegaskan belum dapat menjelaskan lebih lanjut, karena masih dalam proses gugatannya. Lebih lanjut, gugatan yang dilayangkan Amalia Fujiawati kepada Bambang Pamungkas juga dilakukan secara online atau e-court.

Sebagai informasi, secara rinci hak-hak anak disebutkan dalam Pasal 5 sampai dengan Pasal 18 UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 35 Tahun 2014, salah satunya: "Anak berhak mengetahui orang tuanya".

Mengutip Pengadilan Agama Mojokerto, asal usul anak dapat dibuktikan antara lain dengan akta kelahiran. Bagi anak yang lahir dari perkawinan yang sah, untuk mendapatkan akta kelahiran tidaklah sulit.

Namun, bagi anak yang dilahirkan tidak dari perkawinan yang sah, untuk mengetahui asal-usul anak harus melalui putusan Pengadilan, dan tidak semua permohonan asal-usul anak dikabulkan oleh Pengadilan.

Pengadilan hanya mengabulkan permohonan asal-usul anak, jika permohonan tersebut terbukti berdasarkan dan beralasan hukum.

Jika permohonan tidak berdasarkan dan tidak beralasan hukum, maka permohonan tersebut akan ditolak.

Baca Juga: Viral Lansia Meninggal Setelah Divaksin COVID-19 di Makassar, Simak Faktanya!

3. Sidang Perdana pada 31 Maret 2021

Sidang perdana gugatan Amalia Fujiawati terhadap Bambang Pamungkas ini akan digelar pada 31 Maret 2021 dengan agenda sidang perdamaian dari penggugat dan tergugat.

Humas Pengadilan Agama mengungkapkan kalau penggugat dan tergugat wajib datang kecuali misalnya sedang di luar negeri, dan harus memakai kuasa istimewa.

Bambang Pamungkas pensiun dari sepak bola pada tahun lalu setelah malang melintang bersama sejumlah klub Indonesia seperti Persija dan Pelita Bandung Raya.

Ia kemudian meneruskan kariernya sebagai manajer Persija mulai Liga 1 2020. Kabar ini menjadi kabar yang mengejutkan, terlebih Bambang Pamungkas sudah memiliki istri bernama Tribuana Tungga Dewi.

Mantan striker timnas Indonesia ini juga telah dikaruniai 3 orang anak dari pernikahannya dengan Tribuana.

Ketika kabar ini mencuat, Bambang Pamungkas sudah tidak menjabat menjadi manajer Persija Jakarta lagi dan belum ada statement resmi dari legenda sepak bola Indonesia tersebut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait