Shopping

SHOPPING
18 Maret 2020

Beroperasi Kembali, Ini 6 Tips Belanja Baju Lebaran di Tanah Abang

Penting memilih pakaian yang nyaman!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sempat ditutup karena kerusuhan pada 22 Mei kemarin, kawasan pasar Tanah Abang kini telah dibuka kembali. Hal ini seperti disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Mengutip dari CNN Indonesia, Anies mengatakan, pihaknya akan kembali mengoperasikan pasae Tanah Abang.

"Kita segerakan untuk kegiatan perekonomian bergerak lagi. Tanah Abang mulai besok (Jumat) juga kegiatan lagi. Kita ingin agar jangan ada gangguan di bidang perekonomian," ujar Anies pada Kamis (23/5).

Bila Moms berencana untuk belanja ke Tanah Abang, ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan agar kegiatan berbelanja pun berjalan dengan nyaman dan Moms juga mendapatkan harga murah.

1. Membuat Daftar Belanja

belanja2.jpg

Ini merupakan langkah awal yang terlihat sepele namun penting. Sebelum pergi, buat daftar belanja atau ingat dengan baik barang apa saja yang akan dibeli.

Ini karena pasar Tanah Abang memiliki bloknya cukup luas, sehingga pastikan Moms tahu apa yang akan dibeli agar tidak menghabiskan waktu dan tenaga.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tips Hemat Belanja Bulanan

2. Pahami Area di Pasar Tanah Abang

Selain kawasan per blok yang luas, di pasar Tanah Abang juga terdapat bangunan lain, dengan peruntukannya tersendiri.

Pasar Blok A dan B merupakan blok bagi pedagang eceran, walau kemungkinan juga ada pedagang di sana yang menerima pembelian dalam partai besar.

Bila Moms ingin membeli secara grosir, bisa datang ke Pusat Grosir Metro Tanah Abang yang terletak persis di seberang gedung Blok A dan B.

Sementara di bagian Metro Tanah Abang menjadi pusat berbagai produk, seperti fesyen impor, alas kaki, sampai perlengkapan ibadah.

3. Pilih Waktu yang Pas

ilustrasi belanja

Tahukah Moms, bahwa pedagang di Pasar Tanah Abang sudah mulai beraktivitas sejak dini hari, lho. Moms bisa datang sejak pagi hari.

Apalagi, saat hari masih pagi, banyak pedagang berbaik hati memberikan potongan harga sebagai penglaris pertama.

Hindari datang ke pasar Tanah Abang sekitar jam 15.00 WIB, ini karena beberapa toko sudah bersiap untuk tutup. Apalagi di bulan puasa, akan ramai dengan banyak orang dan pedagang takjil.

Akibatnya, momen belanja pun jadi tidak tenang. Jika tidak ingin terlalu berdesakan saat belanja, jangan datang di akhir pekan. Datanglah di hari biasa, Senin sampai Jumat.

4. Siapkan Uang Tunai

Meskipun Moms mungkin sudah biasa melakukan transaksi tanpa tunai, tetap sediakan uang tunai saat belanja di pasar Tanah Abang ya.

Ini karena tak semua pedagang di Tanah Abang menerima pembayaran dalam bentuk debit atau kartu kredit, sehingga siapkan uang tunai sesuai keperluan.

Waspada juga saat menyimpan uang dan dompet, karena di tempat ramai seperti pasar Tanah Abang rawan akan keberadaan copet.

Baca Juga: 8 Tips Pintar Berbelanja Anti Boros

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

2 pilihbaju

Sama seperti ketika Moms berbelanja ke pasar biasa, lebih baik pakai busana yang nyaman, menyerap keringat, dan tidak membuat gerah.

Meskipun sudah menggunakan AC, namun banyak orang berbelanja di pasar Tanah Abang membuat kondisinya panas. Selain itu, mengenakan pakaian nyaman memudahkan Moms membawa tas belanjaan banyak tanpa ribet.

6. Beli Produk Lama

Jika Moms berniat membeli baju yang sedang tren saat itu, jangan kaget bila akan diberikan harga yang lebih tinggi, atau setidaknya sama dengan yang dijual di online shop.

Untuk mendapatkan barang-barang murah, Moms bisa membeli baju yang sudah bukan trennya lagi. Siapa tahu, justru bisa mendapatkan diskon ekstra dari penjual.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tips Hemat Belanja Bulanan

Nah, itu dia tips berbelanja di pasar Tanah Abang untuk hari raya Lebaran. Berbelanja dengan bijak dan jangan sampai kalap ya, Moms.

Belanja keperluan Lebaran tidak hanya di Tanah Abang kok, Moms. Moms juga bisa menemukan berbagai promo THR 2020 di Orami! Yuk serbu!

Artikel Terkait