Karier & Keuangan

20 Agustus 2021

6 Nama Olshop yang Bagus dan Aesthetic, Cari Tahu Tips Membuatnya di Sini

Moms bisa sesuaikan dengan produk yang akan dijual
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Karla Farhana

Bagi Moms yang menjalankan bisnis online, tentu harus membuat nama olshop yang bagus dan mudah diingat. Hal ini akan membantu Moms memperkenalkan bisnis dan melakukan promosi.

Namun, mencari nama olshop yang bagus dan unik bukanlah perkara yang mudah. Sebab, Moms harus membuat nama yang berbeda dari olshop lain.

Memilih nama olshop pun harus serius dan dipikir berulang kali agar tidak mengganti lagi di tengah-tengah menjalankan bisnis.

Untuk menghindarkan hal tersebut, artikel ini akan membahas tentang tips mencari dan rekomendasi nama olshop. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Gambar Vagina untuk Mengenal Bentuk Organ Reproduksi Wanita, Sudah Tahu?

Tips Memilih Nama Olshop

Moms, memilih nama olshop yang baik dan unik merupakan salah satu kunci membedakan produk kita dengan kompetitor. Terkadang, ide nama olshop bisa langsung muncul begitu saja.

Namun, memilih nama olshop sebenarnya harus melalui proses pertimbangan yang panjang. Jika Moms lagi bingung, berikut ini tips memilih nama olshop:

1. Bersifat Deskriptif

tips nama olshop.jpg

Foto: searchengineland.com

Salah satu hal penting yang perlu diingat ketika memilih nama olshop adalah memastikan nama tersebut jelas dan bisa menjelaskan produk atau layanan yang Moms tawarkan.

Dengan begitu, Moms tidak perlu lagi menjelaskan produk atau layanan yang dijual dan menghindari kebingungan terhadap pembeli.

Caranya cukup mudah, Moms tinggal mengumpulkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis. Kemudian, pilih salah satu nama toko yang bagus dan paling sesuai dengan bisnis.

Penting diketahui pemilihan nama juga jangan terlalu sederhana dan biasa saja. Misalnya, jika Moms membuka olshop menjual cat dan menamai "Cat Online", nama tersebut tidak akan menarik perhatian konsumen.

Jika Moms menamai "Colorify", itu cukup deksriptif dan lebih modern sehingga tidak membosankan.

2. Mudah Diingat

Nama yang mudah diingat bukan berarti terdiri dari sedikit huruf. Moms bisa menggunakan nama unik, misalnya memelintirkan sedikit ejaan suatu kata, tetapi jangan terlalu sulit hingga nama tersebut benar-benar sulit dibaca.

Moms juga bisa menggunakan kata pengulangan, seperti "BliBli". Nama ini sangat unik dan pastinya mudah diingat.

Baca Juga: 8 Vitamin Kucing yang Bagus, Bantu Tingkatkan Nafsu Makan hingga Melebatkan Bulu

3. Jangan Meniru Pesaing

nama onlineshop.jpg

Foto: onlinebusinessambitions.com

Kesalahan terbesar yang kerap kali dilakukan olshop adalah mencoba meniru nama pesaing.

Misalnya, jika memiliki pesaing dengan nama "shopykart", lalu Moms memilih nama "shopokart" bukanlah hal yang bagus dan menarik.

Padahal, meniru model bisnis melanggar tindakan hukum yang bisa dituntut dan akhirnya merugikan bisnis online yang sedang dijalani. Selain itu, bisnis Moms tidak akan memiliki keunikan dan hanya membingungkan konsumen.

4. Hindari Menggunakan Nama Diri Sendiri

Moms, ada kalanya pemilik toko menggunakan nama mereka sendiri untuk menandai bisnis yang dijalankan. Misalnya, "Bunga Store" atau "Indah Food."

Hal ini memiliki beberapa kesalahan, yaitu pertama nama Moms sendiri tidak menambahkan nilai apapun untuk bisnis dan kedua, akan menimbulkan masalah jika ada merger atau akusisi.

Namun, Moms tetap bisa menggunakan nama ke bisnis online dengan mengubahnya sekreatif mungkin, seperti "Automattic" (dinamai dengan penderi Matt).

5. Pastikan Nama Toko Tersedia sebagai Domain

domain olshop.png

Foto: elegantthemes.com

Jika Moms memang serius menjalankan bisnis online, wajib mengecek apakah domain untuk membuat website toko online tersedia.

Nah, jika domain yang Moms inginkan tersedia, cepat lah membelinya. Hal ini karena kalau domain terlanjur dibeli orang lain, Moms harus mencari nama olshop baru.

Moms bisa tetap memakai nama domain tersebut, tetapi harus membayarkan dengan harga mahal dari ratusan rupiah hingga milyaran rupiah.

Dengan ekstensi domain yang tepat, Moms bisa mempertahankan nama toko online. Di samping itu, Moms dapat sekaligus meningkatkan branding website agar lebih unik dan menarik.

Baca Juga: 11 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah yang Menawan, Cocok untuk Ganti Suasana Rumah!

Rekomendasi Nama Olshop

Nah, setelah mengetahui tips memilih nama olshop, Moms juga perlu intip beberapa rekomendasi untuk dijadikan referensi. Moms bisa memilih sesuai bisnis yang sedang dijalankan ataupun memodifikasinya.

Yuk langsung saja, berikut ini rekomendasi nama olshop yang bagus dan aesthetic:

1. Beautyku

krim.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi nama olshop pertama adalah "Beautyku". Nama ini sangat cocok digunakan untuk Moms yang sedang menjalani bisnis online produk kecantikan.

Saat membaca nama "Beautyku", para konsumen langsung paham produk atau jasa apa yang dijual sehingga tidak ada ambigu.

2. Latopia

Topi.jpg

Foto: pinterest.com

Rekomendasi nama olshop selanjutnya adalah "Latopia". Moms bisa menggunakan nama ini, jika menjual produk topi. Nama ini juga mudah diingat dan terkesan sangat unik.

Jika Moms menggunakan nama yang bagus, banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi bisnis online shop mu.

Baca Juga: 13 Manfaat Sabun Beras, Efektif Jaga Kesehatan Kulit!

3. Tuhfah Style

produk fashion.jpg

Foto: pinterest.com

Setiap orang tua pasti memberikan nama anaknya dengan arti yang baik, begitu juga dengan usaha. Setiap pemilik pasti juga ingin nama olshopnya memiliki arti baik yang akan membawa berkah.

Sebagai muslim, Moms bisa memilih nama Islami yang memiliki arti bagus. Moms dapat mencari di kamus bahasa Arab atau di Google. Namun, pastikan nama yang dipilih sesuai dengan tujuan usaha.

Misalnya, Moms memiliki bisnis bergerak dibidang fashion maka buatlah merek yang ada kata fashion atau style. Moms bisa memberi nama "Tuhfah Style."

Dalam bahasa Arab, Tuhfah memiliki arti yang paling berharga dan memberi keuntungan.

Dengan begitu, Moms memiliki harapan bisnis yang dijalani berkah dan memiliki keuntungan.

4. Ayo Tuku

tas.jpg

Foto: pinterest.com

Nama olshop yang unik pasti akan menarik dan membuat konsumen penasaran. Online shop dengan nama lucu biasanya menjual berbagai jenis barang.

Namun, Moms juga bisa menggunakannya meskipun hanya satu produk dan jasa yang dijual.

Cara membuat nama olshop yang menarik lucu, yaitu menggunakan kata familiar atau bahasa gaul sehari-hari. Moms juga bisa menggunakan bahasa Jawa.

Misalnya "Ayo Tuku". Dalam bahasa Jawa tuku artinya beli. Jadi, jika digabungkan memiliki arti "Ayo beli."

Baca Juga: Cara Mengunci WA agar Tidak Disadap, Aman dan Mudah!

5. Batique

batik

Foto: Orami Photo Stock

Kain batik menjadi salah satu bisnis yang bisa dijual. Hal ini karena batik sangat diminati masyarakat, selain melestarikan kebudayaan, juga motif yang sangat unik.

Jika Moms menjual produk batik, baik itu baju, celana, hingga rok, bisa memilih nama "Batique." Nama olshop ini terkesan unik dan mudah diingat.

6. Markasolahraga

produk olahraga.jpg

Foto: pinterest.com

Rekomendasi nama olshop selanjutnya markasolahraga.

Saat membacanya, tentu Moms sudah bisa menebak produk apa yang dijual dengan nama olshop ini.

Nah, jika Moms menjual produk olahraga, seperti jersey, sepatu, kaos kaki, dan peralatan olahraga lainnya, bisa gunakan nama ini.

Kata "Markas" akan memberikan kesan bahwa produk yang dijual Moms lengkap, sehingga membuat konsumen penasaran dan mengunjungi webisite.

Baca Juga: Yuk Rayakan World Chocolate Day, Simak 11 Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Ini!

Itu dia Moms tips dan rekomendasi nama olshop yang bisa dipilih, semoga membantu ya!

  • https://www.fatbit.com/fab/things-to-consider-before-you-pick-a-name-for-your-online-business/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait