23 Maret 2022

Apakah Aman Untuk Menunda Menstruasi dengan Norethisterone?

Semua yang perlu Moms ketahui tentang norethisterone
Apakah Aman Untuk Menunda Menstruasi dengan Norethisterone?

Menstruasi adalah bagian dari kehidupan yang normal dan sehat, tetapi ada kalanya di waktu tertentu berharap berharap itu tidak datang. Ada banyak cara menunda menstruasi, termasuk minum obat yang disebut norethisterone. Tapi, apakah obat ini aman?

Moms yang memiliki masalah dengan menstruasi atau pernah konsultasi dengan dokter terkait menstruasi, tentu tidak asing dengan obat norethisterone. Biasanya, obat ini diberikan sesuai dengan resep dokter. 

Misalnya pada beberapa orang yang baru menikah dan ingin lebih sering berbulan madu, mereka akan berusaha menunda menstruasinya.

Untuk kondisi ini, salah satu obat yang biasa digunakan adalah norethisterone.

Sebagian wanita juga biasanya mempertimbangkan mengkonsumsinya, jika mengalami menstruasi yang menyakitkan, berat, atau tidak teratur.

Norethisterone sendiri merupakan bentuk sintetis dari hormon progesteron. 

Satu hal yang harus Moms ketahui, norethisterone juga digunakan dalam pil kontrasepsi, terapi hormon menopause, dan untuk pengobatan gangguan ginekologi.

Ingin tahu lebih banyak tentang norethisterone? Berikut ini adalah semua hal tentang obat tersebut, termasuk cara kerjanya dan potensi efek samping yang berhasil dirangkum oleh Orami. 

Baca Juga: Ketahui Obat Amoxsan: Fungsi, Dosis, dan Efek Sampingnya

Fungsi Norethisterone

norethisterone
Foto: norethisterone (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fsmartchemist.co.uk%2Fnews%2Fhow-does-norethisterone-work-to-delay-my-period%2F&psig=AOvVaw0JmUeJTnw673GTdtidcB48&ust=1646833647347000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoTCPDgtsrTtvYCFQAAAAAdAAAAABAr)

Foto: smartchemist.co.uk

Tingkat progesteron secara alami berfluktuasi sepanjang siklus menstruasi bulanan. Saat kadar progesteron meningkat, lapisan rahim berkembang, siap menerima sel telur yang telah dibuahi.

Jika tidak hamil, kadar hormon tersebut turun lagi dan menyebabkan lapisan rahim luruh saat menstruasi.

Ini berkebalikan ketika Moms sedang hamil, dimana kadar progesteron tetap tinggi untuk membantu menjaga lapisan rahim yang sehat untuk kehamilan yang sedang berlangsung.

Norethisterone adalah bentuk sintetis dari hormon progesteron yang mirip dengan hormon tersebut, yang biasanya diproduksi secara alami.

Jika dikonsumsi, maka kadar hormon progesteron ini tidak turun sehingga mencegah terjadinya menstruasi.

Dr Prabha Sivaraman, konsultan ginekolog di klinik My Gynae di Manchester, mengatakan obat ini biasanya digunakan karena alasan yang familiar dan tidak ada efek yang serius.

“Norethisterone adalah sesuatu yang telah kami gunakan selama bertahun-tahun dan berhasil. Umumnya obat ini aman untuk tujuan menunda menstruasi ketika misalnya sedang liburan," katanya seperti dikutip dari Patient

Masih dikutip dari sumber yang sama, seorang pengguna pernah mengungkapkan pengalamannya menggunakan obat ini.

Dia menceritakan bahwa dirinya memiliki menstruasi yang berat dan harus menggunakan obat tersebut saat berlibur.

Baca Juga: Kenali Obat Clozapine, Antipsikotik untuk Mengobati Gejala Skizofrenia

Dosis Norethisterone

Dosis norethisterone
Foto: Dosis norethisterone (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.pharmacyplanet.com%2Fblog%2Fpost%2Fis-it-safe-to-take-norethisterone-tablets-for-period-delay&psig=AOvVaw3u7X81NX-McEyX5dHyN4Bq&ust=1646833950303000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoTCJipnt3UtvYCFQ)

Foto: Pharmacyplanet.com

Norethisterone tersedia sesuai dengan resep dokter. Akan tetapi, jika Moms ingin meminumnya untuk menunda menstruasi, Moms bisa mendapatkannya di apotek pinggir jalan.

1. Untuk Mengobati Menstruasi Berat

Jika mengalami mengalami menstruasi hebat yang terus menerus, dokter mungkin meminta untuk meminum satu tablet Norethisterone 5mg tiga kali sehari selama 10 hari untuk menghentikan perdarahan.

Menstruasi harus berhenti dalam tiga hari pertama, tetapi yang perlu Moms ingat adalah tetap minum obat ini selama 10 hari penuh.

Jika pendarahan menstruasi tidak berhenti, Moms harus menemui dokter. Dua hingga empat hari setelah berhenti meminumnya, seharusnya Moms akan mengalami menstruasi.

Untuk menstruasi yang berat (menorrhagia), dokter mungkin menyarankan mengonsumsi obat ini selama beberapa hari setiap bulan.

Misalnya, 5mg tiga kali sehari dari hari ke 5 hingga 26. Hari pertama merupakan hari pertama menstruasi. Dokter juga mungkin meminta untuk melakukan ini selama tiga hingga enam bulan. 

2. Untuk Menunda Menstruasi

Mulailah mengonsumsi norethisterone tiga hari sebelum menstruasi jatuh tempo. Ambil satu tablet 5mg tiga kali sehari, hingga 14 hari.

Setelah itu, Moms biasanya akan mendapatkan menstruasi dua sampai tiga hari setelah Moms berhenti minum tablet ini.

3. Untuk Mengobati Menstruasi yang Menyakitkan

Ambil satu tablet Norethisterone 5mg tiga kali sehari pada hari ke 5 hingga 24 dari siklus menstruasi bulanan Moms.

Hari pertama adalah hari pertama menstruasi dan dokter biasanya akan meminta untuk mengkonsumsi Norethisterone selama tiga atau empat bulan.

4. Untuk Mengobati Endometriosis

Moms dan ladies biasanya akan diminta untuk mengonsumsi dua tablet 5mg dua kali sehari, setiap hari, selama empat hingga enam bulan, dimulai pada hari kelima siklus menstruasi.

Pendarahan biasanya akan berhenti selama perawatan. Jika Moms justru mendapatkan bercak, dokter dapat meningkatkan dosis Norethisterone yang Moms butuhkan.

5. Untuk Mengobati Kanker

Dosis tinggi norethisterone kadang-kadang digunakan untuk mengobati kanker payudara. Untuk hal ini, Netdoctor menyarankan Moms untuk mengikuti perintah dokter. 

Baca Juga: Bio Nerve, Obat Alami Asal Malaysia yang Diklaim Bermanfaat untuk Tubuh

Efek Samping Norethisterone

norethisterone
Foto: norethisterone (https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.steadyhealth.com%2Fmedical-answers%2Fnorethisterone-tablets-side-effects-of-menstrual-period-delaying-pills&psig=AOvVaw3fbMoKOFlrdqG8pa6Ln2RE&ust=1646834113519000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjhxqFwoT)

Foto: Steadyhealth.com

Obat-obatan dan kemungkinan efek samping dapat mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin terkait dengan tablet Norethisterone 5mg.

Hanya karena ada beberapa efek samping yang dinyatakan di sini, tidak berarti bahwa semua orang yang memakai Norethisterone akan mengalami hal tersebut. Beberapa efek samping yang umum, yaitu:

  • Perubahan pola menstruasi
  • Sakit kepala
  • Merasa sakit

Kemungkinan efek samping Norethisterone lainnya:

  • Migrain
  • Ketidaknyamanan atau nyeri payudara
  • Retensi cairan menyebabkan pembengkakan (edema)
  • Reaksi kulit seperti jerawat, ruam, atau gatal
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Ketidakmampuan untuk tidur (insomnia)
  • Depresi
  • Peningkatan tekanan darah
  • Perubahan gairah seks
  • Pertambahan berat badan
  • Rambut rontok (alopecia)
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan (hirsutisme).

Jika Moms menderita endometriosis, mengonsumsi Norethisterone setiap hari memiliki efek yang sama dan menghentikan jaringan abnormal dari perubahan bulanan.

Menstruasi cenderung berhenti selama perawatan dan setelah berhenti mengonsumsi Norethisterone, bercak jaringan endometrium mungkin menyusut.

  • https://www.netdoctor.co.uk/medicines/a8713/norethisterone/
  • https://patient.info/news-and-features/how-to-delay-period-norethisterone
  • https://www.singhealth.com.sg/patient-care/medicine/noriday

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.