Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Jun 5, 2018

Pentingnya Memberi Stimulasi Sejak Masih Bayi Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Bagikan


Pentingnya Memberi Stimulasi Self-esteem Pada Anak Sejak Masih Bayi

Anak perlu merasa aman dan nyaman untuk mengembangkan rasa percaya dirinya. Tapi, tahukah Moms dampak pentingnya memberi stimulasi self-esteem pada anak sejak masih bayi?

Misalnya begini, saat Moms menghibur Si Kecil, menanggapi tangisan dan kebutuhannya, berbicara dan bermain dengannya, ia tahu bahwa ia dicintai dan keberadaannya penting bagi Moms.

Baca juga: Anak Sering Minder? Yuk Bantu Bangun Kepercayaan Dirinya

Pelajari stimulasi bayi seperti apa yang bisa Moms lakukan sangatlah berguna untuk membantu mengembangkan percaya diri Si Kecil.

Self-esteem pada bayi mulai terbentuk segera setelah lahir. Ia mulai belajar tentang sekitarnya, tidak hanya apa yang ia lihat di dunia ini, tapi bagaimana dunia bereaksi terhadapnya.

Moms bisa melakukan banyak hal setiap hari untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Bahkan, kebanyakan dari hal-hal tersebut bahkan mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Moms. 

Baca Juga : Viral! Ibu Curhat Akibat Warna Kulit Anaknya Dibandingkan Sampai Jadi Tak Percaya Diri

Self-esteem Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Bayi yang percaya diri bisa bebas mengeksplorasi dan belajar karena mereka tahu bahwa orang yang dicintainya akan selalu ada untuknya.

Saat Si Kecil merangkak pergi memeriksa sesuatu, Moms akan menunggunya dan menjadi “rumah” yang aman jika si kecil membutuhkan Moms. Saat anak melihat Moms merasa senang melihatnya melakukan hal-hal baru, ia menjadi ingin lebih banyak mengeksplorasi.

Memiliki self-esteem yang kuat juga membuat bayi lebih mudah beradaptasi dengan situasi di dalam sebuah kelompok, seperti daycare dan sekolah di kemudian hari. Si Kecil akan senantiasa membawa rasa aman yang telah Moms berikan kemanapun ia pergi, bahkan saat si kecil sedang tidak bersama Moms.

Baca Juga : 7 Rahasia Membesarkan Anak yang Bahagia

Stimulasi Sederhana Untuk Meningkatkan Self-esteem Pada Bayi

Ada banyak hal sederhana yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri buah hati tercinta, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Sering tersenyum pada Si Kecil

Wajah Moms menjadi cermin rasa percaya dirinya. Saat ia melihat wajah bangga yang Moms tunjukkan, si kecil cenderung merasa dirinya yang terhebat.

2. Habiskan lebih banyak waktu bersamanya

Saat Moms memandikannya dengan lembut, menggenggam tangannya, atau mengganti popoknya agar ia lebih nyaman, anak akan merasa dirinya penting. Luangkan waktu untuk berbicara, menyanyi, atau membacakan dongeng untuknya.

Dengan begitu Si Kecil akan merasa bahwa dirinya spesial. Bagi bayi dan anak-anak, waktu dan perhatian Moms adalah bentuk cinta dari Moms. Ia pun akan menginternalisasi perasaan semacam ini dan menyimpulkan bahwa ia berharga.

3. Puji anak sesering mungkin saat berhasil melakukan hal baru

Seperti misalnya berhasil meraih mainnya, duduk dengan tegak untuk pertama kalinya, pertama kali merangkak dan masih banyak lagi.

Apa yang Moms katakan akan menumbuhkan rasa percaya diri anak dan membuatnya merasa nyaman sekaligus percaya bahwa ia bisa melakukannya.

Selain stimulasi sederhana seperti di atas, ada satu hal penting yang perlu Moms ingat jika ingin rasa percaya diri Si Kecil meningkat. Hal tersebut tidak lain adalah penggunaan kata-kata saat Moms berbicara dengannya.

Jangan sampai Moms salah bicara dan membuatnya merasa tidak percaya diri, terutama saat Moms dalam kondisi marah. Alih-alih memarahi atau jengkel pada anak, Moms bisa memberikan dukungan saat ia melakukan kesalahan.

Toh, bayi dan balita atau anak-anak memang masih dalam tahap perkembangan. Jadi, sudah siap membantu Si Kecil meningkatkan rasa percaya dirinya, Moms?

(RGW)

Sumber: psychologytoday.com, parenting.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.