Fashion & Beauty

10 Mei 2021

Apa Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam?

Tahukan Moms bedanya facial foam dan facial wash? Cek artikel ini untuk tahu jawabannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Membersihkan wajah dengan sabun muka adalah tahap yang sangat penting dalam perawatan kulit. Sabun muka yang tepat akan membersihkan kulit dari kotoran, sisa makeup, dan polusi yang menempel. Namun tahukah Moms perbedaan facial wash dan facial foam untuk membersihkan muka?

Nah, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam. Keduanya tampak serupa namun ternyata beda fungsi, lho.

Mari simak perbedaan facial wash dan facial foam di bawah ini.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

Mungkin Moms masih bingung sebenarnya apa perbedaan facial wash dan facial foam.

Meskipun keduanya mirip, tapi mereka punya kegunaan yang berbeda tergantung jenis kulit. Mari simak penjelasannya!

1. Facial Wash

images-10.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Perbedaan facial wash dan facial foam yang pertama adalah dilihat dari jenis kulit setiap orang.

Jika facial foam disarankan untuk pemilik kulit berminyak, facial wash justru lebih disarankan digunakan untuk Moms yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Facial wash adalah sabun pembersih wajah yang bertujuan untuk memurnikan, melembabkan, dan menenangkan kulit. Teksturnya krem, susu, gel, atau bahkan berair.

Meski fungsinya sama untuk membersihkan wajah, perbedaan facial wash dan facial foam, yakni ia memiliki kandungan yang mampu menjaga kelembapan kulit. Facial wash terdiri dari dua bentuk, yaitu gel dan krim.

“Pada umumnya, facial wash creamy mengandung moisturizer yang efektif membuat tampilan wajah lembut dan lembap. Sedangkan gel facial wash memiliki tekstur gel yang ringan untuk membersihkan wajah,” kata dermatologis Dr Elizabeth L. Tanzi dari Baltimore.

Nah, perbedaan facial wash dan facial foam dari cara memakainya, facial wash adalah pembersih wajah dengan mengusapkan produk ke wajah secara langsung dan aman digunakan setiap hari. Tak membuat kulit kering, justru dapat melembapkan.

Gel facial wash cocok digunakan bagi Moms yang memiliki kulit sensitif cenderung berjerawat. Sementara itu, bagi yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan facial wash yang tidak mengandung detergen.

Perbedaan facial wash dan facial foam lainnya dilihat dari fungsi lain selain untuk mengangkat kotoran dari wajah.

Apabila kulit Moms berjerawat, penggunaan gel facial wash akan membantu mengurangi jerawat. Gunakanlah gel facial wash yang mengandung bahan bahan anti jerawat.

Facial wash adalah produk yang berfungsi mencegah iritasi, menjaga kesegaran dan kelembapan alami wajah. Karena bersifat melembapkan, cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak, Bikin Kulit Bersih!

2. Facial Foam

images-9.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Nah, jika dilihat dari perbedaan facial wash dan facial foam seterusnya, facial foam adalah krim lembut dan berbusa.

Produk ini bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama sebagai sabun pembersih segala kotoran atau sisa makeup yang menempel di wajah. Hanya saja, memang tidak bisa bersih sepenuhnya.

Jika makeup tebal, pembersihannya harus dibantu dengan makeup remover, cleansing oil, atau cleansing balm.

Perbedaan facial wash dan facial foam dari cara pakainya, facial foam harus diusap terlebih dahulu pada telapak tangan atau jika telah dilengkapi foam maker, tinggal tuang pada telapak tangan dan ratakan pada seluruh permukaan wajah.

Beberapa produk facial foam memiliki fungsi tambahan yaitu mengontrol minyak berlebih dan mencerahkan kulit. Selain itu, busa dari facial foam juga efektif dalam mengangkat minyak berlebih pada wajah.

“Penggunaan facial foam cocok bagi Moms dengan kondisi kulit berminyak berlebih dan berjerawat. Karena, facial foam mampu menyerap kelebihan minyak serta sebum secara menyeluruh,” tambah Dr. Elizabeth.

Selain itu, facial foam adalah pembersih wajah yang juga ampuh dalam menarik keluar kotoran atau pun sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit.

Sehingga bagi Moms yang memiliki kulit wajah jerawat dan berminyak, sangat ampuh menggunakan facial foam sebagai rangkaian pembesih wajah sehari-hari.

Baca Juga: Apa Saja Facial yang Aman Dilakukan Ibu Hamil?

Tips Membersihkan Wajah

perbedaan facial wash dan facial foam 4.jpeg

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam, Moms perlu tahu teknik dan cara membersihkan wajah yang benar.

Memang terlihat mudah, namun ternyata ada cara dan langkah-langkah dalam membersihkan wajah dengan efektif, lho.

1. Bersihkan Makeup

Pastikan sebelum membersihkan wajah, hapus seluruh kotoran dan sisa makeup yang menempel pada wajah agar bersih maksimal.

Moms bisa menggunakan micellar water atau cleansing oil untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup. Gunakan kapas lembut dalam membersihkan sisa makeup mulai dari mata hingga bibir secraa menyeluruh.

Dengan wajah yang bersih, produk sabun pencuci wajah, seperti facial wash dan facial foam, akan lebih mudah meresap ke kulit.

2. Bersihkan secara Merata sampai Leher

apa perbedaan facial wash dan facial foam.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tak cukup mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam, Moms juga perlu tahu cara menggunakan produk tersebut. Masih banyak dari kita keliru dalam membersihkan wajah dengan benar.

Gunakan jari-jari untuk membersihkan wajah secara merata ke seluruh permukaan wajah hingga leher agar tidak mengalami iritasi. Menggunakan kuku tidak disarankan karena dapat melukai lapisan kulit wajah. Bersihkan wajah seperti memijat dengan lembut agar rileks.

Mengutip dalam American Academy of Dermatology (AAD), para ahli merekomendasikan mencuci muka sebaiknya dua kali ketika pagi hari dan sebelum tidur.

Penggunaan pembersih wajah yang terlalu sering bisa menyebabkan kulit kering dan rentan iritasi.

3. Keringkan dengan Handuk Lembut

Nah, setelah membersihkan wajah dengan air mengalir, tepuk-tepuk dengan handuk lembut untuk mengeringkan. Disarankan menggunakan handuk dibandingkan tisu wajah dalam mengeringkan.

Kertas tisu wajah seringkali mengandung pewangi, dan dapat mengiritasi kulit. Selain itu, serat-serat halus dalam tisu juga dapat meninggalkan sisa pada wajah.

Dengan mengeringkan wajah, kulit wajah seketika terasa kencang dan kesat. Penggunaan produk skincare berikutnya menjadi lebih efektif karena wajah telah bersih dan kering dari air.

Dilansir dari AAD, ada beberapa tips lainnya untuk membersihkan wajah, yakni:

  • Menggunakan sabun muka yang ringan, lembut, dan tidak mengandung alkohol
  • Basahkan wajah dengan air bersuhu ruangan dan gunakan jari untuk membersihkan wajah. Menggunakan handuk, spons, atau benda lain selain jari akan mengiritasi kulit
  • Hindari scrubbing karena bisa membuat kulit iritasi
  • Bilas dengan air dan tepuk-tepuk dengan handuk lembut untuk mengeringkannya
  • Langsung aplikasikan pelembap setelah mencuci muka
  • Cukup membersihkan wajah dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari. Juga cuci muka setelah berkeringat

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Ini Supaya Kulit Tidak Berjerawat

Nah, sekarang Moms sudah tahu perbedaan facial wash dan facial foam ya.

Saat memilih produk perawatan untuk kulit, perhatikan juga kecocokan kulit setelah produk digunakan ya, Moms.

Jika muncul kemerahan, bentol, dan rasa perih, menandakan adanya iritasi. Langsung hentikan dan segera ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • https://www.aad.org/public/diseases/acne/causes/makeup
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait