Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Jul 26, 2018

Harus Tahu, Ini 3 Perbedaan Tumor Payudara dan Kanker Payudara

Bagikan


Tumor dan kanker merupakan dua penyakit yang sering disalahartikan sebagai penyakit jinak dan ganas. Sebenarnya tak salah bila menganggap tumor adalah penyakit jinak sedangkan kanker adalah penyakit ganas.

Namun, tahukah Moms bahwa sebenarnya tumor adalah salah satu gejala dari penyakit kanker baik jinak maupun ganas. Mari kita kenali beberapa perbedaan tumor payudara dan kanker payudara:

1. Mengenal Istilah

Tumor

Tumor merupakan pertumbuhan sel yang abnormal dan terjadi secara tidak terkontrol baik kecepatan dan besarnya.

Tumor merupakan benjolan pada tubuh yang tidak pada semestinya. Dari pertumbuhan sel tumor ini, munculah sifat- sifat tertentu yang membedakan tumor penyakit ganas dan jinak.

Kanker

Lain tumor lain pula dengan kanker, kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan mutasi materi genetik sel yang karena terganggunya kontrol regulasi pertumbuhan sel-sel normal.

Sel ini tidak mengenal program kematian sel yang disebut apoptosis yang merupakan mekanisme bunuh diri sel yang sudah tua sehingga tidak memenuhi anggota tubuh. Karena itu sel ini akan semakin banyak dan menjadi benjolan.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Kanker Payudara Menyusui Bayi?

2. Sifat Penyakit

Tumor Jinak

Tumor yang sifatnya jinak yaitu sel tumbuh pada lokasinya, tidak menyebar ke tempat lain, sehingga jika dilakukan operasi dapat memberikan prognosis yang baik.

Tumor ini memiliki beberapa konsistensi padat kenyal, lunak dan kista. Jika pada kenyal lebih condong pada fibroadenoma yang pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormon.

Bila lunak mungkin merupakan sebuah tumor jinak yang berasal dari lemak. Jika kista berarti berupa fibrocystic adenoma yang pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormon.

Kanker Payudara

Kanker payudara biasanya memiliki konsistensi padat keras dan tidak nyeri. Kanker payudara yang ganas memiliki pertumbuhan sel tumor yang bersifat ganas.

Sel tumor ganas tumbuh dan membelah dengan cepat dan dapat menginvasi jaringan sekitar. Karena pertumbuhan ini tumor banyak menyerap nutrisi dasar dari penderita kanker payudara.

Baca Juga: Ada Benjolan di Payudara, Apakah Terkena Kanker Payudara?

3. Perbedaan Sel

Tumor Jinak

Tumor jinak memiliki cara pertumbuhan yang meluas dan tidak menginfiltrasi jaringan payudara yang sehat, tapi mungkin akan mendesak jaringan normal yang lain sehingga tetap ada gejala awal kanker payudara berupa benjolan.

Sel tumor jinak dan sel payudara yang sehat memiliki perbedaan yang jelas. Tumor payudara memerlukan waktu bertahun- tahun untuk cepat membesar karena kecepatan tumbuh yang lambat.

Namun, ada beberapa tipe tumor jinak payudara yang dalam perjalanannya dapat berubah menjadi tumor ganas payudara sehingga pertumbuhan tumor menjadi sangat cepat.

Cara sistem kekebalan tubuh kita untuk melindungi tubuh dari tumor adalah dengan membuat sebuah selubung pada tumor payudara jinak, sehingga tumor jinak tersebut seakan-akan memiliki kapsul.

Kapsul ini dibentuk pertahanan tubuh kita adalah untuk melokalisir tumor agar tidak mudah menyebar dan metastasis ke organ lain dan menimbulkan gejala kanker paru, gejala kanker tulang, gejala kanker hati, gejala kanker otak dan lain- lain.

Kanker Payudara

Kanker payudara memiliki cara pertumbuhan yang infiltratif, yang berarti tidak hanya mendesak sel payudara yang masih sehat, tapi dapat menembus tiap lapisan sel normal hingga masuk ke organ dalam tubuh.

Selain dapat menembus berbagai jaringan, kanker ini dapat tumbuh dengan cepat. Kecepatan tumbuh sel ini tidak mampu dibendung oleh sistem pertahanan kita sehingga tidak ada kapsul yang terbentuk dan jika dilihat tidak ada batas antara sel kanker dan sel normal.

Tidak adanya kapsul ini dapat membuat tumor ganas cepat menyebar dan bermetastasis. Jika kanker payudara sudah mencapai tahap ini makan disebut gejala kanker payudara stadium 4.

Jaringan kanker payudara banyak mengambil nutrisi dari sel lain dan menyebabkan sel tersebut mati dan menimbulkan nekrosis atau jaringan mati.

Bila Moms merasakan ada kejanggalan atau benjolan pada payudara, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan cepat.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.