Kesehatan

17 Desember 2019

Mengenal Xanthelasma, Pengendapan Kolesterol di Kelopak Mata

Adanya bercak kuning di sekitar mata bisa jadi ciri-ciri xanthelasma.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Seiring bertambahnya usia, kita mungkin melihat xanthelasma berbentuk bercak kekuningan terbentuk di sekitar mata kita.

Bercak-bercak tersebut sebenarnya adalah endapan kolesterol yang bisa menjadi tanda bahwa kesehatan kita berisiko buruk.

Menurut Adam Scheiner MD, ahli bedah laser kelopak mata dan wajah di Tampa, Florida, xanthelasma muncul ketika koneksi antara sel-sel tertentu di dalam kapiler terputus.

Ketika itu terjadi, kolesterol dapat merembes keluar dari darah dan ke area kulit, tempat ia membentuk bercak-bercak di sekitar mata.

Kebanyakan orang dengan xanthelasma memiliki masalah kolesterol atau lipid, yakni sekelompok senyawa organik yang cenderung tidak larut dalam air dan pelarut non polar lainnya, tinggi.

Xanthelasma bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang menakutkan seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit yang menyerang hati.

Baca Juga: Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ini

Apa Penyebab Xanthelasma?

Mengenal Xanthelasma, Pengendapan Kolesterol di Kelopak Mata 01.jpg

Foto: healthline.com

Sekitar setengah dari penderita xanthelasma memiliki kolesterol tinggi.

Dan kita bisa menderita xanthelasma jika kita memiliki kolesterol LDL yang tinggi, obesitas, diabetes, hipotiroidisme, dan penyakit hati seperti sirosis bilier primer.

Tak cuma itu, pola hidup tidak sehat juga mempengaruhi timbulnya xanthelasma. Di antaranya, minum alkohol berlebihan, pola makan tinggi lemak, dan mengonsumsi obat yang dapat meningkatkan kolesterol.

Menurut Harvard Health, penderita xanthelasma biasa terjadi pada orang dewasa paruh baya. Dikutip dari Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, xanthelasma paling umum terjadi pada wanita, yakni 1,1%. Sedangkan, pria hanya 0,3%.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Pada Anak, Ini Penyebab, Jenis dan Dampaknya

Kapan Harus Mengobati Xanthelasma?

Mengenal Xanthelasma, Pengendapan Kolesterol di Kelopak Mata 02.jpg

Foto: healthline.com

Walaupun xanthelasma tak membahayakan mata atau menular, xanthelasma mungkin merupakan tanda peringatan dini bahwa kolesterol sudah mulai menumpuk di pembuluh darah kita.

Seiring waktu, kolesterol dapat membentuk plak di arteri di kelopak mata. Penumpukan ini disebut aterosklerosis, dan dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.

Jika kita melihat adanya plak kekuningan pada kelopak mata, sebaiknya segera pergi ke dokter. Kita bisa menghilangkan xanthelasma dengan cara operasi, penggunaan laser, cryotherapy, dan penggunaan asam trikloroasetat.

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Bahan Dapur Ini Bisa jadi Obat Kolesterol Ampuh

(SA)

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait