Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Persiapan Penting Sebelum Hamil Agar Kehamilan Sehat dan Lancar

Bagikan


Persiapan Penting Sebelum Hamil Agar Kehamilan Sehat dan Lancar

Kehamilan sebaiknya tidak berjalan begitu saja tanpa persiapan yang dilakukan secara khusus. Jika ingin kehamilan berlangsung sehat dan persalinan juga lancar, sebenarnya Moms wajib melakukan berbagai persiapan sebelum hamil.

Seorang profesor, John R. Sussman, MD, di University of Connecticut School of Medicine mengungkapkan bahwa Moms dan pasangan harus mengetahui riwayat kesehatan masa lalu agar mengetahui risiko yang mungkin terjadi.

Beberapa penyakit yang mungkin mengganggu misalnya tiroid, diabetes, jantung dan lainnya. Tidak hanya penyakit fisik saja, kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Jangan anggap sepele jika sering mengalami depresi atau kecemasan berlebihan. Sebab, ada hubungannya antara depresi saat hamil dengan kesehatan janin.

Baca Juga : Pentingnya Premarital Check Up, Persiapan Kehamilan 2 Bulan Sebelum Menikah

Moms dan pasangan juga sebaiknya melakukan tes kesehatan lengkap untuk mencari tahu masalah bawaan genetik yang mungkin terjadi pada anak di kemudian hari. Sebanyak 1 dari 4 anak akan berisiko mengalami cacat bawaan pada orang tua yang membawa masalah genetik.

Selain melakukan berbagai tes medis sebagai persiapan hamil, Moms juga harus menjaga kehamilan sehat dengan mengonsumsi asam folat. Suplemen dan vitamin asam folat sangat penting sebagai persiapan hamil.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, mengonsusmi 400 mikrogram asam folat satu bulan sebelum hamil dapat mengurangi risiko bayi cacat tabung saraf.

Asam folat juga baik untuk kesehatan Moms sepanjang trimester pertama. Makanan kaya asam folat seperti sayuran hijau dan buah-buahan seperti alpukat dan jeruk juga perlu dikonsumsi.

Baca Juga : Kegemukan Sebelum Hamil? Hati-hati Ini 6 Risiko Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Asupan makanan juga harus dijaga meski Moms belum positif hamil. Pilihan makanan yang sehat harus mulai dilakukan sebagai persiapan sebelum hamil agar kelak memiliki kehamilan sehat.

Ganti makanan instan dan kurang sehat yang ada di kulkas dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk kehamilan sehat. 

Moms perlu mengonsumsi dua porsi buah dan sayuran setiap harinya. Perbanyak protein sehat yang terdapat pada biji-bijian. Serta, konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu dan aneka olahannya.

Hal yang tak kalah penting sebagai persiapan hamil adalah gaya hidup yang sehat. Tidak hanya Moms, pasangan juga perlu hidup yang lebih sehat.

Hindari konsumsi alkohol dan juga hentikan kebiasaan merokok. Faktanya, Moms yang sering mengirup asap rokok dapat menurunkan peluang kehamilan. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menurunkan kualitas sperma yang juga menurunkan risiko kehamilan.

Ternyata ada banyak hal yang bisa Moms lakukan sebagai persiapan kehamilan. Minta dukungan tenaga medis jika Moms mengalami riwayat kesehatan di masa lalu yang cukup berat.

Jika tak ada persiapan, banyak risiko yang akan dialami seperti keguguran di trimester pertama kehamilan. Sebuah studi yang dilakukan oleh March of Dimes mengungkapkan sebanyak 80% keguguran terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Jadi, persiapan kehamilan apa yang sudah Moms lakukan?

(GSA)

Sumber : babycenter.com, fitpregnancy.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.