Kesehatan

KESEHATAN
30 November 2019

3 Langkah Pertolongan Pertama ketika Digigit Anjing Rabies

Segera lakukan langkah-langkah berikut untuk menghindari menyebarnya virus rabies pada tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms pasti sudah pernah mendengar tentang penyakit rabies. Rabies merupakan penyakit yang dapat ditularkan antar hewan atau dari hewan ke manusia. Hewan yang biasanya terserang rabies adalah mamalia, salah satunya anjing.

Sering disebut sebagai penyakit anjing gila karena memang perilaku yang ditunjukkan oleh anjing rabies tidak dapat dikontrol dan menjadi liar akibat virus yang menyerang organ vital mamalia. “Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang langsung menyerang otak dan sumsum tulang belakang mamalia,” jelas Charles E. Rupprecht, VMD, MS, PhD, dokter hewan juga CEO dari LYSSA LLC.

Dikutip dari laman WHO (World Health Organization), virus rabies dapat menular lewat gigitan, cakaran, dan air liur mamalia yang menderita rabies. Di Asia dan Afrika sendiri tercatat lebih dari seribu kematian manusia akibat penyakit rabies.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Anjing

Langkah Pertolongan Pertama ketika Digigit Anjing Rabies

Begitu berbahayanya virus rabies pada manusia sehingga dapat menyebabkan kematian. Lalu apa langkah pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies? Berikut pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies yang perlu Moms tahu.

1. Cuci Luka Dengan Air Mengalir

Pertolongan Pertama Digigit Anjing

Foto: initial.co.uk

Ini merupakan pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies yang perlu dilakukan Moms secepatnya.

Jika gigitan tidak menimbulkan luka, segera cuci area gigitan anjing dengan sabun dan air mengalir selama 10-15 menit. Gunakan kapas atau kain lembut untuk mengusap luka saat dicuci.

Untuk bekas gigitan yang terbuka atau mengeluarkan darah, pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies adalah cuci luka dengan sabun dan air mengalir sambil pelan-pelan menekan area bekas gigitan hingga darah mengalir keluar. Ini bertujuan untuk meminimalisir bakteri masuk ke dalam darah.

Baca Juga: Heboh Anjing Boy William, Segera Lakukan Ini Jika Anak Digigit Anjing

2. Oleskan Salep Anti Bakteri

Pertolongan Pertama Digigit Anjing

Foto: bigcommerce.com

Pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies adalah oleskan salep antibakteri pada luka area gigitan.

Meski luka yang pada area gigitan tidak besar, namun wajib untuk Moms mengoleskan salep antibakteri pada luka setelah mencuci dengan sabun dan air mengalir.

Pastikan luka telah kering sebelum akhirnya dioleskan salep. Tutup luka dengan kasa steril dan obervasi dalam beberapa jam apakah terjadi infeksi pada luka atau tidak.

3. Segera Vaksinasi Rabies

Pertolongan Pertama Digigit Anjing

Foto: health.harvard.edu

Jika terjadi peradangan dan rasa sakit yang tidak tertahankan, konsumsi parasetamol untuk mengurangi rasa sakit.

Jika luka semakin memburuk dan menyebabkan demam, pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies selanjutnya adalah lakukan vaksinasi rabies pada diri Moms paling lambat dua jam setelah digigit.

Lakukan vaksinasi rabies dengan dokter hewan terdekat dari tempat Moms. Ini untuk menghindari virus menyebar dalam tubuh.

Baca Juga: Selain Anjing, 3 Hewan Ini Juga Bisa Menyebarkan Rabies

Itulah pertolongan pertama ketika digigit anjing rabies yang perlu Moms lakukan secepat mungkin setelah diserang anjing rabies. Jangan tunda langkah di atas untuk meminimalisir menyebarnya virus rabies pada tubuh.

(DH)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait