Rupa-rupa

21 April 2021

13 Pilihan Hadiah untuk Guru, Ada Surat Cinta hingga Hadiah Buatan Sendiri!

Tertarik memberikan hadiah untuk guru? Intip idenya di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Guru adalah bagian penting dari kehidupan siapa pun, karena dapat memberikan pengaruh yang luar biasa bagi masa depan seseorang. Saat Moms menemukan seorang guru yang menginspirasi, adalah ide yang bagus untuk mengucapkan terima kasih dengan memberikan hadiah untuk guru.

Berkat pekerjaan hebat yang dilakukannya, guru juga harus merasa bahagia. Sebab guru yang bahagia akan menularkannya kepada murid. Dilansir Frontiers in Psychology, studi ini menunjukkan bahwa bermain dengan guru dikaitkan dengan interaksi bermain guru-anak yang lebih baik, yang meningkatkan keceriaan anak-anak.

Hadiah bersifat simbolis dan menyampaikan makna, dan ini akan menjadi kenangan yang berharga. Hadiah juga bisa berupa alat atau perlengkapan sehari-hari yang bermanfaat karena selalu digunakan. Meski tugasnya mulia, namun hadiah untuk guru adalah apresiasi atas kerja kerasnya selama ini.

Baca Juga: Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Dengan Guru?

Hadiah untuk Guru

Hadiah untuk Guru -1.jpg

Foto: Thestatesman.com

Ada banyak ide hadiah untuk guru yang bertebaran. Moms bisa menyesuaikan dengan kebiasaan, kesukaan hingga sesuatu yang benar-benar diperlukan oleh guru tersebut. Berikut ini beberapar ide hadiah untuk guru yang bisa menginspirasi Moms sebagai kado untuk guru tercinta.

1. Memberi Kartu Hadiah

Kondisi finansial seorang guru kadang-kadang tidak stabil, apalagi guru yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Padahal, banyak di antara mereka rela yang menghabiskan lebih banyak pendapatan pribadi untuk barang-barang yang akan digunakan di ruang kelas mereka setiap tahunnya.

Moms bisa memberikan kartu hadiah semacam voucher untuk membeli kebutuhan pribadi guru. Tidak peduli jumlah dari voucher yang Moms pilih untuk dibelanjakan pada kartu hadiah tersebut, guru benar-benar menghargainya lebih dari yang Moms tahu.

2. Kartu Hadiah untuk ‘Memanjakan Diri’

Pemberian hadiah untuk guru ini dimaksudkan agar dapat guru beristirahat sejenak dari pekerjaan mengajar dan menyisihkan waktunya untuk memanjakan diri dalam ‘me time’. Sebab, waktu pribadi yang menyenangkan akan membuatnya lebih bahagia.

Kartu hadiah yang memanjakan bisa berbentuk voucher di kedai kopi, restoran populer, pusat perbelanjaan, toko buku, salon untuk perawatan diri, toko es krim, toko perlengkapan rumah, atau bahkan tiket bioskop. Kartu hadiah ini bisa diberikan saat kenaikan kelas, misalnya.

3. Memenuhi Ruang Kelas

Selain memberikan kartu hadiah seperti yang disebutkan di atas, Moms juga bisa bertukar ide bersama ibu-ibu yang lain di sekolah untuk ‘mengisi kembali’ ruang kelas dengan barang-barang yang akan digunakan oleh guru dalam proses belajar nanti.

Misalnya Moms bisa berbelanja spidol papan tulis, penghapus kering, pensil, stabilo, catatan tempel, krayon, spidol, gunting, dan pembersih papan tulis putih bisa dicoba. Moms bisa melihat-lihat apa saja barang yang diperlukan di kelas dan memberikannya sebagai hadiah untuk guru.

Baca Juga: 5 Cara agar Anak Bisa Dekat dengan Guru

4. Tote Bag

Hadiah untuk Guru -2.jpg

Foto: Etsy.com

Para guru juga sangat merindukan liburan. Moms bisa mengisi tote bag lucu dengan barang-barang yang diperlukan saat liburan. Semua isi dan tote bag juga bisa disesuaikan dengan warna kesukan guru agar lebih menarik.

Moms bisa mengisi tote bag tersebut misalnya dengan handuk pantai, sandal jepit, tabir surya, majalah, buku, minuman favorit, snack favorit, kacamata hitam, cardigan lucu, dan sebagainya. Ini akan menjadi hadiah untuk guru yang unik tapi menyenangkan.

5. Tiket Bioskop

Sediakan kotak kecil untuk menonton ke bioskop. Jangan salah, mengisi kotak tersebut dengan tiket bioskop, voucher Netflix, pop corn, soda, dan permen juga akan menjadi hadiah untuk guru yang manis dan juga menarik. Ide ini akan disukai oleh guru sebagai salah satu aktivitasnya saat weekend.

Serahkan pada guru agar guru tersebut bisa mulai berdandan untuk pergi keluar bersama pasangannya, atau tinggal di rumah untuk bersantai dan mengisi waktu dengan menonton film atau serial favoritnya. Ide out of the box ini dijamin akan membuat guru bahagia.

6. Dekorasi Rumah

Beragam item dekorasi rumah memang selalu menyenangkan. Ini juga bisa menjadi ide hadiah untuk guru yang menarik, apalagi jika dipersonalisasi dengan menambahkan nama sekolah, kelas, atau nama-nama murid di dalamnya.

Misalnya dengan memberikan pot bunga yang menarik, papan nama atau nomor rumah yang indah, cermin antik yang menawan, meja kerja yang minimalis, selimut sofa yang lembut, dan sebagainya. Ini akan membuat guru selalu ingat kepada murid-muridnya karena dipajang juga di rumah.

7. Surat Cinta

Sungguh tidak ternilai bagi seorang guru ketika seorang siswa duduk untuk menulis sesuatu yang pribadi, dengan tulisan tangan mereka sendiri, mulai dari TK hingga usia sekolah menengah. Banyak yang bahkan menyimpan setumpuk catatan yang menyentuh hati dari siswa sebelumnya.

Pada hari-hari yang sulit, jangan kaget menemukan guru yang duduk di mejanya sepulang sekolah, membaca tumpukan surat cinta dari para muridnya. Ini adalah pengingat yang bagus tentang mengapa guru memilih profesi yang dijalani. Jangan pernah meremehkan kekuatan surat cinta dari murid.

8. Plakat Penghargaan Guru

Seorang guru yang sangat istimewa layak mendapatkan pengakuan yang layak atas dedikasinya dan kerja kerasnya. Moms bisa memberikan plakat penghargaan bagi guru yang dihiasi dengan fotonya dan juga catatan kecil dari anak.

Berbagai bentuk yang dimiliki oleh plakat bisa disesuaikan dengan sesuatu yang disukai oleh guru. Ini akan terukir selamanya sebagai kenang-kenangan indah yang akan di hargai sebagai hadiah oleh guru yang tidak lekang oleh waktu.

Baca Juga: 5 Cara agar Anak Bisa Dekat dengan Guru

9. Mug

Hadiah untuk Guru -3.jpg

Foto: Refra.eu

Cangkir kopi keramik putih yang lebih dari sekedar tanda penghargaan Moms kepada guru favorit anak-anak. Ditambahkan dengan namanya, foto atau catatan kecil dari anak agar menjadi bagian dari kenang-kenangan yang indah dari Si Kecil.

Beri beberapa buah mug agar bisa digunakan di sekolah atau pun di rumah sebagai hadiah untuk guru yang akan bermanfaat karena digunakan sehari-hari. Mug yang indah itu pun akan menjadi pengingat bahwa ada murid yang sangat mengidolakannya.

10. Collage Foto dan Catatan Pribadi

Selama proses belajar mengajar atau try out di luar kelas, biasanya akan ada kenangan foto yang terselip. Membuat collage foto yang disertai catatan pribadi baik berupa album foto atau buku bisa menjadi kenang-kenangan yang indah.

Hadiah untuk guru tesebut tentunya sangat bersejarah karena dipenuhi oleh kegiatan yang telah dilewati bersama. Moms bisa mengumpulkannya bersama ibu-ibu yang lain dan memberikannya di hari guru atau kenaikan kelas.

11. Perlengkapan Dapur

Memberi perlengkapan dapur juga bisa membantu guru dalam menyiapkan sarapan atau makan siangnya di sekolah. Sebab, guru harus berada di sekolah sebelum bahkan setelah anak-anak pulang sekolah. Memiliki efektivitas waktu di dapur tentu akan membantu tugas guru sebagai ibu rumah tangga.

Misalnya, Moms bisa memberikan termos termal tahan panas bagi guru yang suka kopi. Atau pertimbangkan pemanggang roti yang bisa memangkas waktu untuk membuat sarapan sebagai hadiah untuk guru. Atau bahkan memberikan set panci atau teflon lucu anti lengket bisa menjadi pilihan.

12. Hadiah Buatan Sendiri

Banyak guru yang menikmati hadiah yang dibuat oleh siswanya. Sebab, bukan hanya hasil akhirnya yang bisa dijadikan kenangan, tapi guru juga akan menghargai prosesnya sebagai bagian dari kerja kerasnya agar bisa membuat hadiah untuk guru.

Misalnya memberikan rekaman tentang perasaan yang dirasakan anak-anak kepada guru, diedit dengan menarik hingga menjadi tontonan yang enak dipandang dan sekaligus mengharukan. Atau bisa juga merajut syal, membuat taplak meja, dan barang lain yang benar-benar dibuat sendiri.

13. Bucket

Saat ini, bucket menjadi barang yang dicari sebagai hadiah. Jika biasanya bucket diisi dengan rangkaian bunga yang cantik, Moms bisa menggantinya dengan barang lain. Misalnya makanan kesukaan, set perawatan kulit, set make up, dan sebagainya.

Ini akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan, sekaligus sebagai tanda bahwa Moms memperhatikan guru favorit Si Kecil hingga hal-hal yang kecil sekalipun. Ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi guru tersebut sehingga guru merasa bangga dengan pekerjaannya selama ini.

Hadiah untuk guru merupakan tanda penghargaan yang tulus. Tidak peduli seberapa besar atau kecil hadiah tersebut, ini akan menjadi penghargaan besar bagi para guru yang melakukan banyak hal untuk Si Kecil.

  • https://wichitamom.com/children/school-years/teacher-gift-ideas/
  • https://www.memorablegifts.com/blog/top-10-gifts-for-teachers/
  • https://www.wgu.edu/heyteach/article/what-are-best-and-worst-teacher-gifts-give1712.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait