K-Wave

17 Desember 2021

Profil Cho Kyuhyun, Golden Magnae dari Super Junior

Kenalan dengan Cho Kyuhyun yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pecinta musik pop dari Korea Selatan atau KPOP, pasti tidak asing dengan Cho Kyuhyun. Ia adalah vokalis dari grup KPOP legendaris Super Junior.

Selain wajahnya yang tampan, ia juga dikenal dengan bakat yang luar biasa di dunia hiburan. Mulai dari menyanyi, menari, akting, pembawa acara radio, bintang variety show hingga theater musical semua dapat ia jalankan dengan baik.

Jadi jangam heran kalau pemerhati hiburan dan media Korea memberikan julukan golden magnae (sebutan untuk anggota termuda di kelompok atau keluarga dalam bahasa Korea) pada Cho Kyuhyun.

Baca juga: 7 Idol KPop Terkaya, Ada J-Hope BTS dengan Kekayaan Lebih dari Rp300 Miliar!

Profil Cho Kyuhyun

Profil Cho Kyuhyun

Foto: pinterest.com

  • Nama Lengkap: Cho Kyuhyun
  • Nama Panggilan: Kyuhyun, Kyu
  • Julukan: MagnaeKyu, Game Kyu, DramaKyu, Captain Cho, Chubby Cheeks, Prince of Ballad dan lainnya.
  • Tempat Lahir: Hagye-dong, Nowon-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Tanggal Lahir: 3 Februari 1988
  • Tinggi: 180 cm
  • Berat Badan: 68 kg
  • Golongan Darah: A
  • Pendidikan: Kyunghee University, Post Modern Music
  • Keluarga: Cho Young Hwan (Ayah), Kim Hanna (Ibu), Cho Ahra (Kakak Perempuan)
  • Grup: Super Junior, Super Junior K.R.Y., Super Junior M, SM The Ballad

Baca juga: Profil Mark Lee, Idol KPOP yang Tergabung dalam Banyak Grup

Potret Perjalanan Karier Cho Kyuhyun 'Super Junior'

Cho Kyuhyun memulai karier sebagai penyanyi saat duduk di bangku SMA. Tepatnya pada 2005, ia mengikuti Chin Chin Song yang diadakan SM Entertainment dan berhasil meraih posisi ketiga. Kemudian ia bergabung dengan SM Entertainment untuk menjalani pelatihan sebagai idol.

1. Ditentang Ayah

Ditentang sang ayah

Foto: instagram.com/ahrazozo

Keputusan Kyuhyun terjun ke dunia tarik suara, sempat ditentang oleh Sang Ayah. Namun, Kyuhyun tetap teguh dengan pendirian untuk menjadi seorang penyanyi.

Akhirnya, Sang Ayah memberikan syarat yang harus dipenuhi oleh Kyuhyun saat itu. Ia ditantang untuk lulus ujian SAT dan masuk ke universitas terbaik di Korea.

Tantangan tersebut diterima oleh Kyuhyun dan dia berhasil lulus di Kyunghee University salah satu universitas terbaik di Korea Selatan. Ia mengambil jurusan Post Modern Music hingga ke jenjang magister.

2. Trainee Singkat

Cho Kyuhyun sebelum debut

Foto: blogspot.com

Perjalanan karier Cho Kyuhyun menjadi seorang idol KPOP terbilang cukup singkat lho Moms. Pasalnya, ia hanya menjalani pelatihan selama tiga bulan hingga akhirnya debut dengan Super Junior.

Pelatihan Kyuhyun yang singkat sempat menjadi pembicaraa di media Korea nih Moms. Pasalnya, saat itu kebanyakan idol KPOP harus menjalani masa pelatihan lebih dari satu tahun hingga akhirnya debut.

3. Debut dengan Super Junior

Cho Kyuhyun debut dengan Suju

Foto: pinterest

Kyuhyun pertama kali tampil di publik bersama Super Junior pada Mei 2006 saat promosi single mereka berjudul U. Beberapa hari setelahnya, Kyuhyun resmi debut dan tampil di SBS I-Concert bersama Super Junior.

Tak lama setelah debutnya, Kyuhyun bersama dengan anggota Yesung dan Ryeowook membentuk sub-unit pertama Super Junior, Super Junior-K.R.Y.. Ketiganya debut pada tanggal 5 November di program musik mingguan KBS Music Bank.

Baca juga: 19+ Rekomendasi Drama Korea Supernatural, dari Mistis hingga Romantis!

4. Kecelakaan dan Koma

Cho Kyuhyun kecelakaan

Foto: wordpress.com

Pada 2007 Kyuhyun sempat mengalami kecelakaan yang sangat parah.

Mobil yang ia tumpangi bersama member Super Junior, Leeteuk, Eunhyuk, Shindong dan dua managernya terguling setelah mengalami ban pecah dan menabrak pembatas jalan.

Kecelakaan tersebut membuat Kyuhyun mengalami koma selama 4 hari. Saat itu dokter menyebut, kesempatan hidup Kyuhyun hanya 30 persen.

Karena kecelakaan itu, Kyuhyun harus dirawat selama 6 hari di ICU sebelum akhirnya dipindah ke kamar rawat. Ia kemudian menjalani perawatan hingga 78 hari di rumah sakit.

5. King of OST

Cho Kyuhyun King of OST

Foto: pinterest

Kyuhyun juga pantas mendapat julukan King of OST. Pasalnya sejak debut bersama Super Junior, ia telah sukses membawakan OST untuk beberapa drama Korea populer.

Singlenya yang berjudul Listen to You untuk drama Pasta berhasil menduduki posisi pertama setelah dirilis. Kemudian, lagu Hope is a Dream That Doesn't Sleep dari drama Korea Baker King of Kim Tak Goo juga berhasil menjadi yang terbaik sejak perilisannya.

Dalam hal mengisi OST, Cho Kyuhyun memang cukup aktif Moms. Belum lama ini, Cho Kyuhyun juga mengisi OST untuk drama Hospital Playlist berjudul, Confession is Not Flashy.

6. Debut Solo

Cho Kyuhyun at Gwanghwamun

Foto: pinterest

Pada 13 November 2014, Kyuhyun merilis album solo berjudul At Gwanghwamun. Debut menjadikannya anggota Super Junior pertama yang tampil sebagai penyanyi solo.

Single utama dengan judul yang sama dengan albumnya berhasil merajai 9 tangga lagu digital Korea hanya dalam waktu 12 jam setelah album dirilis secara online.

Hingga saat ini, Kyuhyun telah merilis sekitar tiga album solo dan semuanya sukses merajai tangga lagu digital Korea.

Baca juga: Drama Korea Secret Garden: Fakta, Sinopsis, dan Daftar Pemainnya

7. Operasi Pita Suara

Cho Kyuhyun

Foto: pinterest

Pada 2016 Kyuhyun menjalani operasi pita suara. Tindakan tersebut harus dilakukan untuk mengangkat nodul pada pita suaranya.

Setelah operasi tersebut, ia harus istirahat selama beberapa waktu untuk pemulihan.

8. Bintang Variety Show

Cho Kyuhyun new journey to the west

Foto: pinterest

Selain sukses menjadi penyanyi, Kyuhyun juga dikenal sebagai bintang variety show lho Moms. Salah satu acara yang paling terkenal adalah New Journey to the West. Dalam acara tersebut ia tampil bersama Kang Ho Dong, Minho 'Winner', P.O 'Block B, Eun Ji Won, Lee Soo Geun dan Ahn Jae Hyun.

Sebelumnya Kyuhyun juga tampil dalam acara Exciting India bersama Changmin 'TVXQ', Minho 'SHINee', Jonghyun 'CNBLUE', Sunggyu 'Infininite' dan Suho 'EXO'.

Ia juga tampil dalam beberapa acara lain, seperti Salty Tour, We Got Married International Edition, Kang's Kitchen, SJ Returns dan Spring Camping.

9. Aktor Web Drama

Bongsun, A Woman Who Die if Love

Foto: hancinema.com

Pada 2016, Kyuhyun mengawali debutnya sebagai aktor dalam web drama Bongsun, The Woman who Dies If She Loves.

Dalam drama tersebut, ia berperan sebagai ilmuan di bidang teknologi bernama Kim Joo Sung.

Sayangnya, drama ini menjadi yang pertama dan terakhir untuk Kyuhyun. Ia mengaku tidak ingin bermain drama lagi di masa depan.

Cho Kyuhyun mengaku lebih nyaman menjadi aktor musikal di atas panggung dibandingkan berakting dalam drama.

10. Wajib Militer

Wajib militer

Foto: pinterest

Pada 25 Mei 2017, Kyuhyun memulai wajib militernya. Dia menerima pelatihan di Pusat Pelatihan Tentara Nonsan selama empat minggu sebelum memenuhi tugas militernya sebagai pekerja layanan sosial.

Cho Kyuhyun tidak dapat menjalankan tugas sebagai tentara aktif. Hal itu dikarenakan ia pernah kecelakaan yang cukup parah hingga membuatnya koma selama beberapa hari.

Kyuhyun adalah anggota terakhir Super Junior yang memulai wajib militer. Kyuhyun dibebastugaskan pada 7 Mei 2019.

Selesai menjalani wajib militer, Kyuhyun merilis single solo bertajuk, Aewol-ri. Lagu ini menjadi hadiah dari Kyuhyun untuk para penggemarnya yang sudah setia menunggunya selesai menjalankan tugas selama dua tahun.

11. Punya Channel Youtube

Cho Kyuhyun

Foto: pinterest

Setelah selesai menjalani wajib militer, Cho Kyuhyun merilis channel Youtube dengan nama KyuTV Kyuhyun. Ia cukup aktif membagikan konten-konten menarik lho Moms.

Mulai dari cover lagu, mukbang, gaming hingga live bersama dua keponakan kembarnya. Saat ini channel Youtube tersebut telah berhasil mendapat lebih dari 500ribu subscribers.

Baca juga: 5+ Rekomendasi Drama Korea tentang Programmer, Canggih dan Seru untuk Ditonton!

Nah, segini dulu ya Moms profil dan potret Cho Kyuhyun di golden magnae dari Super Junior. Semoga menambah informasi ya.

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Cho_Kyu-hyun
  • https://super-junior.fandom.com/wiki/Kyuhyun
  • https://kprofiles.com/kyuhyun-super-junior-profile-facts/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait