K-Wave

15 Desember 2021

Profil Cho Seung Woo, Aktor Korea yang Sukses Sejak Debut

Cho Seung Woo aktor Korea yang jarang main drama
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cho Seung Woo merupakan salah satu aktor musikal paling sukses di Korea Selatan.

Dia telah berpartisipasi dalam banyak produksi musik besar sejak tahun 2000, seperti Hedwig and the Angry Inch, Jekyll & Hyde, dan Werther.

Selain sukses dalam teater musikal, Cho Seung Woo juga masuk dalam daftar aktor papan atas lho Moms. Berbagai judul film box office pernah ia mainkan termasuk Tazza: The High Rollers dan Inside Man.

Nama Cho Seung Woo sudah menjadi pembicaraan karena sudah meraih kesuksesan sejak debut sebagai aktor di layar lebar.

Pria 42 tahun yang masih menjomlo ini juga sering masuk kategori penghargaan bergengsi insan perfilman di Korea lho, Moms.

Baca juga: 15+ Rekomendasi Film dan Drama Choi Woo Shik, Salah Satunya Parasite yang Berhasil Meraih Oscar!

Profil Cho Seung Woo

Cho Seung Woo

Foto: hancinema.com

  • Nama: Jo Seung-woo/Cho Seung Woo
  • Tanggal Lahir: 28 Maret 1980
  • Usia: 40 tahun
  • Tempat Lahir : Korea Selatan
  • Tinggi: 173 cm
  • Berat: 63 kg
  • Zodiak: Aquarius
  • Golongan darah: B
  • Pendidikan: Dankook University jurusan Teater dan Film; Dankook University Graduate School of Culture, Arts and Design
  • Agensi: Good Man Story Entertainment

Baca juga: 9+ Rekomendasi Drama Korea Bertema Musik, Cocok untuk Tontonan Akhir Pekan!

Potret Perjalanan Karier Cho Seung Woo

Cho Seung Woo lahir di keluarga seni. Sang ayah, Cho Kyung Soo adalah penyanyi terkenal dan kakaknya Cho Seo Yeon seorang aktris musikal berbakat di Korea.

Keinginannya untuk menjadi seorang aktor sempat membuatnya mengabaikan pendidikan.

Selama di bangku SMA, ia lebih sering membawa CD dibandingkan buku pelajaran hal itu pun membuatnya sering terkena masalah di sekolahnya.

1. Raih Kesuksesan Sejak Debut

Film pertama Cho Seung Woo

Foto: hancinema.com

Casting pertamanya ia lakukan saat pada tahun 1999 ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Dankook. Saat itu, ia diminta untuk mengikuti audisi film Chunhyang karya Im Kwon Taek.

Cha Seung Woo berhasil lolos dan mengalahkan 1000 aktor untuk memerankan karakter utama Lee Mongryong dalam film tersebut. Bahkan, film tersebut menjadi film Korea pertama yang diputar di Cannes International Film Festival.

2. Sukses Perankan Karakter Autis

Cho Seung Woo dalam film Marathon

Foto: hancinema.com

Popularitas Cho Seung Woo meningkat pada awal 2005 lewat film box office, Marathon. Perannya sebagai seorang seorang pemuda autis yang hanya menemukan kebebasan dalam berlari berhasil menarik perhatian para penonton.

Penampilannya dalam film ini membuat Cho Seung Woo berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi, termasuk Aktor Terbaik di Grand Bell Awards 2005, Aktor Terbaik di Baeksang Art Award dan Aktor Terbaik dalam kategori film asing di Hundred Flowers Awards China.

3. Aktor Musikal Terbaik

Musical Hedwig

Foto: Twitter/koppite_ann

Selain sukses di layar lebar, Cho Seung Woo juga berhasil meraih popularitas sebagai seorang aktor musikal.

Penampilannya dalam drama musikal Hedwig and the Angry Inch dan Jekyll and Hyde berhasil membuatnya menjadi salah satu aktor musikal paling dicari di Korea.

Kesuksesannya membangun karier di teater dan film membuatnya disebut sebagai aktor terbaik dan berbakat di Korea Selatan.

4. Tampil di Film Terlaris Korea Sepanjang Masa

Tazza

Foto: hancinema.com

Karier Cho Seung Woo di layar lebar terus menanjak.

Walaupun filmnya yang berjudul Love Phobia tidak sukses, tetapi ia berhasil mencetak prestasi lewat film adaptasi manhwa, Tazza: The High Rollers. Film yang ia bintangi bersama Kim Hye Soo itu berhasil menjadi film Korea terlaris sepanjang masa.

Baca juga: 13 Rekomendasi Drama Korea Time Travel, Ada Genre Thriller hingga Romantis!

5. Aktor Musikal Termahal

Cho Seung Woo aktor musikal termahal

Foto: wordpress.com

Setelah menyelesaikan wajib militer pada 2010, Cho Seung Woo kembali bermain dalam drama musikal Jekyll and Hyde. Ini bukan kali pertama ia terlibat dalam drama musikal tersebut, sebelumnya pada 2004 ia juga meraih popularitas saat bermain dalam judul ini.

Kehadirannya kembali dalam dunia teater musikal, membuat Cho Seung Woo disebut sebagai aktor musikal dengan bayaran tertinggi sepanjang sejarah Korea.

6. Debut Layar Kaca

Cho Seung Woo debut drama

Foto: hancinema.com

Sukses dengan film dan teater, Cho Seung Woo akhirnya memulai debut layar kaca pada 2012 lewat drama berjudul The King's Doctor.

Drama berlatar sejarah yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang seorang dokter hewan kelas bawah era Joseon yang memiliki spesialosasi dalam dalam perawatan kuda yang naik menjadi dokter kerajaan.

Penampilannya di drama tersebut membuat Cho Seung Woo berhasil merai Grand Prize di MBC Drama Awards.

7. Peran di Stranger

Cho Seung Woo sebagai Hwang Simok

Foto: hancinema.com

Pada tahun 2017, Cho Seung Woo kembali tampil dalam drama tvN berjudul Stranger bersama Bae Doona dan Lee Joon Hyuk.

Dalam drama ini ia berperan sebagai seorang jaksa yang tidak memiliki kemampuan empati.

Drama yang juga tayang di Netflix ini juga berhasil meraih popularitas di kancah internasional lho. Bahkan, drama ini masuk dalam daftar Acara TV Tebaik dari New York Times pada 2017.

Melalui perannya di drama ini, Cho Seung Woo berhasil membawa pulang Best Actor di Baeksang Arts Awards ke-54. Sementara dramanya berhasil meraih Grand Prize di ajang yang sama.

Popularitas Stranger juga berlanjut hingga musim kedua lho Moms. Pada masa penayangannya drama ini berhasil meraih rating yang luar biasa, yaitu rata-rata 7,6 persen dengan rating tertinggi 8,9 persen.

Episode terakhir yang tayang pada tanggal 4 Oktober mendapatkan rating tertinggi sebagai puncaknya, 9,408% secara nasional, menurut survei AGB Nielsen.

8. Masih Single

Cho Seung Woo masih jomlo

Foto: hancinema.com

Sukses berkarier di dunia hiburan, tidak lantas membuat kehidupan percintaan Cho Seung Woo mulus lho, Moms.

Setelah putus dan ditinggal nikah dengan Kang Hye Jung, Cha Seung Woo tidak pernah lagi terlihat dengan wanita nih Moms. Hingga saat ini Cho Seung woo masih belum menemukan pengganti Kang Hye Jung dan menikah.

Dalam sebuah wawancara, ia memang ingin menikah pada usia 20an, tetapi hingga saat ini ia masih betah menyendiri.

Walaupun masih ingin menikah, tetapi dia mengatakan itu tidak lagi menjadi prioritas utamanya dan tetap akan menunggu pasangan yang tepat.

Baca juga: 19+ Rekomendasi Drama Korea Supernatural, dari Mistis hingga Romantis!

Rekomendasi Drama Cho Seung Woo

Cho Seung Woo merupakan aktor yang jarang sekali bermain dalam drama dibandingkan dengan film. Namun, hampir semua drama yang diperankannya selalu meraih rating tinggi dan menjadi favorit semua Moms.

1. Stranger

Stranger

Foto: Orami Photo Stock

Hwang Si-Mok (Cho Seung Woo) merupakan jaksa yang dikenal rasional dan dingin. Ia memiliki masalah dalam menunjukan emosi, karena operasi otak saat masih kecil. Namun, Si-Mok dikenal sebagai jaksa yang bersih dari korupsi.

Suatu hari, sesosok mayat dilempar ke hadapannya. Bersama Letnan Polisi Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) di TKP, ia bekerja sama memberantas korupsi di kejaksaan dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai

2. Stranger 2

Stranger 2

Foto: hancinema.com

Kantor kejaksaan dan polisi berada di pihak yang berlawanan.

Para jaksa, termasuk jaksa elit Woo Tae-Ha (Choi Moo-Sung), menginginkan kekuasaan diskresi atas penyelidikan.

Sementara itu, polisi, termasuk Choi Bit (Jeon Hye-Ji), mencoba untuk mendapatkan otoritas investigasi lengkap yang independen dari kantor kejaksaan.

Di bawah situasi tegang ini, Jaksa Hwang Si-Mok (Cho Seung-Woo) dan Detektif Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) mengejar kebenaran dalam kasus tersembunyi.

3. Sisyphus: The Myth

Sisyphus: The Myth

Foto: hancinema.com

Han Tae-Sul (Cho Seung Woo) seorang insinyur jenius dan salah satu pendiri Quantum and Time Company. Selain pintar, dia juga dikenal tampan dan sering menciptakan inovasi yang luar biasa.

Berkat usahanya, Quantum and Time telah menjadi perusahaan kelas dunia, sehingga Tae Sul dianggap sebagi pahlawan di Korea. Walaupun dia terlihat sukses dalam berbagai hal, ternyata Tae Sul memiliki rahasia.

Sementara itu, Gang Seo-Hae (Park Shin Hye) seorang prajurit elit yang handal dalam hal bela diri. Ia juga dikenal sebagai seorang penembak jitu dan mampu membuat bom. Dia mempelajari keterampilan ini untuk bertahan hidup di dunia yang didominasi oleh gangster dan kelompok militer.

Suatu hari, setelah perjalanan panjang dan berbahaya, dia datang ke Han Tae-Sul untuk menyelamatkannya.

Baca juga: 5+ Drama Korea yang Dibintangi Member NCT, Jangan Kelewatan!

Demikian profil, fakta dan rekomendasi drama Cho Seung Woo. Semoga bisa menjadi referensi saat liburan ya Moms.

  • https://channel-korea.com/jo-seung-woo-profile/
  • https://asianwiki.com/Cho_Seung-Woo
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Cho_Seung-woo
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait