Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Anak | Jul 18, 2018

Punya Anak Kesayangan, Apa Dampaknya untuk Si Kecil dan Saudara yang Lain?

Bagikan



Disadari atau tidak, orang tua dengan banyak anak kemungkinan besar memiliki anak kesayangan. Psikolog sekaligus penulis buku The Favorite Child Ellen Weber Libby mengatakan bahwa biasanya orang tua memilih anak kesayangan yang mereka nilai paling baik di antara anak-anak lainnya.

“Anak kesayangan biasanya mereka yang membuat orang tua mereka merasa berhasil mendidik anak,” kata Ellen seperti dikutip dari Psichology Today.

Biasanya, orang tua akan memberikan perhatian lebih, menuruti kemauan, dan tidak bertindak tegas pada anak kesayangan mereka. Di sisi lain, anak yang tidak jadi anak kesayangan akan merasa sedikit tersisih.

Sebenarnya, apa saja sih dampak dari anak kesayangan ini untuk si anak dan saudara-saudranya yang lain?

Efek Positif untuk Si Anak Kesayangan

anak kesayangan

1. Memungkinkan berkembangnya kekuatan personal skills

Menjadi anak favorit memungkinkan Si Kecil punya kesempatan baik untuk mengembangkan skill mereka. Orang tua yang memenuhi semua keinginan termasuk yang berkaitan dengan minat dan bakat mereka bisa jadi keuntungan tersendiri.

2. Tumbuh menjadi anak yang percaya diri

Dengan dukungan orang tua atas segala sesuatu yang dilakukan, Si Anak Favorit akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

3. Fokus dan punya tekad yang kuat

Dia juga akan lebih fokus dan tumbuh dengan tekad yang kuat untuk bisa membanggakan orang tua yang terus mendukung mereka.

4. Berorientasi pada hasil dan biasanya berhasil mencapai tujuan

Dengan fokus dan tekad yang kuat, Si Anak Kesayangan biasanya akan berorientasi pada hasil dan berhasil mencapai tujuan mereka.

Baca Juga : Ini Cara Mengatasi Anak Nakal dan Manja

Efek Negatif untuk Si Anak Kesayangan

anak kesayangan ,dampak buruk anak terlalu dimanja

1. Terbiasa luput dari konsekuensi

Menjadi anak favorit juga membuat Si Kecil dimanja. Mereka jarang sekali dipersalahkan sampai mendapat hukuman. Ini akan berdampak buruk karena Si Kecil jadi tidak paham hal-hal yang sebenarnya salah tapi dibenarkan oleh orang tua.

2. Kecenderungan untuk memutarbalikkan kebenaran

Karena terbiasa tidak pernah disalahkan, mereka akan terus berusaha untuk tidak salah. Meskipun pada kondisi tertentu mereka sebenarnya salah. Mereka akan berupaya memutarbalikkan fakta agar tetap dianggap benar.

3. Kecenderungan memanipulasi orang tua

Karena terbiasa dimanja, mereka juga jadi terbiasa “memanfaatkan” kebaikan orang tua. Salah satunya dengan memanipulasi mereka untuk tujuan tertentu.

4. Tidak belajar dari konsekuensi atas tindakan yang telah mereka lakukan

Tidak pernah mendapatkan hukuman atas kesalahan yang diberbuat membuat Si Anak Kesayangan tidak pernah belajar dari konsekuensi atas tindakan tersebut.

Dampak kepada Saudara yang Lain

dampak anak kesayangan pada saudaranya yang lain, anak kesayangan

1. Lebih punya kebebasan untuk memiliki tujuan dan mimpi

Tanpa perhatian berlebih dari orang tua, anak yang tidak jadi favorit punya kebebasan untuk memiliki tujuan dan mimpi sendiri.

2. Kemampuan untuk merawat diri sendiri sudah tumbuh sejak kecil

Terbiasa menjadi anak yang tidak favorit membuat mereka belajar merawat diri mereka sendiri sejak kecil. Mereka ini akan tumbuh menjadi pribadi mandiri ketika dewasa nanti.

3. Belajar tentang konsekuensi

Terbiasa menerima hukuman atas kesalahan yang diperbuat membuat mereka belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Mereka juga jadi paham tindakan apa saja yang berterima dan tidak.

Nah Moms, itulah dampak yang ditimbulkan dari anak kesayangan. Ada baiknya, tapi di sisi lain ada juga kekurangannya. Bagaimana menurut Moms?

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.